Minum Kopi Secara Rutin Bisa Memperpanjang Usia, Lho

Minum kopi secara rutin bisa memperpanjang usia
(Foto: eyedro.com)

Tidak ada yang menyangkal bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan detak jantung. Tidak ada yang menyangkal bahwa kopi dapat meningkatkan kadar asam lambung. Juga tidak ada yang menyangkal bahwa kafein dapat memicu insomnia dan menyebabkan osteoporosis.

Sejumlah penelitian memang menunjukkan bahwa minum kopi dalam kadar yang berlebihan bisa memicu semua masalah kesehatan itu. Namun, banyak juga penelitian yang menunjukkan bahwa kopi mempunyai banyak manfaat kesehatan. Jika dikonsumsi dalam batas yang wajar, kopi justru bisa memperpanjang usia. Berikut ini beberapa manfaat kopi bagi kesehatan. Mulai dari memperpanjang usia hingga meningkatkan libido.

Baca juga : Seperti Apa Tradisi Minum Kopi di Berbagai Belahan Dunia?

Mengurangi risiko kanker hati

Minum kopi secara rutin bisa memperpanjang usia
(Foto: google)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setelah meninjau lebih dari  1.000 riset, menyimpulkan bahwa kopi tidak menyebabkan kanker seperti yang diduga orang sebelumnya. Yang terjadi justru sebaliknya. Minum secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker hati hingga 15%. Kesimpulan itu diambil setelah mereka melihat hasil penelitian yang dilakukan sejumlah ahli dari University of Southampton dan University of Edinburg pada pertengahan tahun 2017 lalu. Mengapa demikian? Karena kopi mengandung senyawa yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antikarsinogen.

Mengatasi sirosis

Minum kopi secara rutin bisa memperpanjang usia
Ilustrasi (Foto: google)

Sirosis adalah kondisi terbentuknya jaringan parut di hati. Jaringan parut ini disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa faktor yang bisa disebut, antara lain, virus hepatitis B, virus hepatitis C, dan minuman keras. Karena jaringan parut ini, sirkulasi darah yang melewati hati terganggu. Dengan demikian, kinerja hati terganggu atau bahkan terhenti sama sekali. Apakah sirosis ini bisa diatasi dengan kopi? Belum lama ini, sekelompok ilmuwan melakukan penelitian terhadap lebih dari 430 ribu orang. Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa minum dua cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi sirosis hingga 44%.

Membakar lemak

Minum kopi secara rutin bisa memperpanjang usia
(Foto: telegraph.co.uk)

Banyak orang minum kopi sebelum berolahraga. Mengapa? Jawabannya sangat sederhana. Kopi dapat meningkatkan energi lewat pembakaran lemak. Hasil penelitian yang menunjukkan manfaat kopi dalam membakar lemak itu sudah diterbitkan oleh Nutrition and Metabolism pada tahun 2013 lalu. Bob Arnot, konsultan kesehatan, pun sudah mengungkapkannya dalam bukunya yang berjudul The Coffee Lover’s Diet. Dia mengatakan bahwa kopi bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolism, mengurangi efek buruk makanan berlemak, dan membantu membakar kalori.

Memulihkan nyeri otot

Minum kopi secara rutin bisa memperpanjang usia
(Foto: google)

Orang minum kopi sebelum berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lain juga karena kopi bisa mengurangi nyeri otot secara signifikan. Kesimpulan ini diambil melalui sejumlah penelitian yang dilakukan para ilmuwan. Hasil penelitian ini sudah diterbitkan dalam Journal of Strenght Conditioning and Research. Dalam jurnal yang lain, Nature Medicine, juga diungkapkan bahwa kafein bisa membantu menghilangkan rasa sakit.

Merangsang daya ingat

Minum kopi secara rutin bisa memperpanjang usia
Ilustrasi (Foto: google)

Apa hubungan antara kopi dan daya ingat? Ilmuwan dari Johns Hopkins University, Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, melakukan penelitian pada 2014 lalu untuk menjawab pertanyaan itu. Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa  kafein yang terdapat di dalam kopi dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat informasi dalam jangka panjang.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Minum kopi secara rutin bisa memperpanjang usia
(Foto: google)

Mengapa orang menjadi lebih bersemangat setelah minum kopi? Mengapa orang tidak mudah lelah setelah minum kopi? Banyak orang mengira bahwa hal itu hanya merupakan sugesti. Ada juga yang bilang bahwa orang minum kopi sebelum bekerja tidak lebih dari sekadar sebuah kebiasaan. Namun, ilmu pengetahuan mengatakan hal yang sebaliknya. Pada tahu 2013 lalu, para peneliti dari Inggris melakukan dua penelitian penting tentang pengaruh kopi pada atlet. Hasilnya? Atlet triathlon yang minum kopi sebelum perlombaan berlari 5% lebih cepat daripada yang tidak minum kopi. Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari University of Rhode Island pun menguatkan hal itu. Atlet yang minum kopi sebelum berlatih dapat melakukan repetisi lebih banyak daripada yang tidak minum kopi.

Kaya akan antioksidan

Minum kopi secara rutin bisa memperpanjang usia
(Foto: google)

Para ilmuwan dari University of Scranton, setelah melakukan beberapa penelitian, mengatakan bahwa kopi mengandung senyawa antioksidan. Jumlahnya jauh lebih banyak daripada yang dikandung buah dan sayur.

Antidepresan

Minum kopi secara rutin bisa memperpanjang usia
Ilustrasi (Foto: google)

Jangan heran bahwa orang menjadi lebih ceria atau segar setelah minum kopi. Pasalnya, kopi mengandung senyawa yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Kopi menjadi antidepresan alami. Demikianlah kesimpulan yang diambil para ilmuwan dari Harvard’s School of Public Health setelah melakukan penelitian pada tahun 2013 lalu.

Meningkatkan libido

Minum kopi secara rutin bisa memperpanjang usia
Ilustrasi (Foto: google)

Dari sekian banyak penelitian, para ilmuwan akhirnya tahu juga bahwa ternyata kafein yang terkandung di dalam kopi dapat memicu adrenalin. Semakin tinggi adrenalin, semakin meningkat juga libido. Namun, jangan minum berlebihan. Cukup secangkir saja.

Baca juga : Cuppa Coffee: Kini, Ngopi Menjadi Lebih Berkelas

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry