Ingin Cepat Kaya? Tiru Gaya Hidup Frugal Living Orang Terkaya Dunia, Yuk!

Penjelasan mengenai apa itu gaya hidup frugal living

Siapa sih yang tak ingin hidup kaya dan punya banyak uang? Cara terbaik untuk meraih kekayaan tersebut adalah dengan meniru gaya hidup para orang kaya. Salah satunya adalah gaya hidup frugal living yang menjadi kebiasaan dari deretan orang terkaya dunia saat ini. 

Banyak orang menganggap frugal living adalah konsep yang mengedepankan gaya hidup hemat atau irit. Namun, arti sebenarnya dari frugal living jauh lebih dalam dari sekadar hidup hemat. Frugal living merupakan konsep yang menekankan mindfulness atau kesadaran ketika Anda mengeluarkan uang

Orang Kaya Dunia yang Punya Gaya Hidup Frugal Living

Beberapa contoh orang terkaya di dunia yang menerapkan gaya hidup frugal living

Lewat penerapan gaya hidup frugal living secara tepat, Anda dapat mencapai tujuan finansial dengan lebih mudah. Sebagai buktinya, deretan orang terkaya dunia punya kebiasaan frugal living dalam menjalani aktivitas sehari-harinya. Beberapa nama orang terkaya tersebut di antaranya: 

1. Warren Buffet

Buffet yang merupakan salah satu investor paling sukses dunia terkenal dengan gaya hidupnya yang frugal. Beberapa contoh gaya hidup frugal living yang dilakukan Buffet di antaranya adalah jarang berutang, memilih mobil dengan harga yang murah, serta menghindari kebiasaan berinvestasi dengan modal dana pinjaman. 

2. Mark Zuckerberg

Ada pula sosok Zuckerberg yang merupakan pendiri Facebook dan sekaligus CEO Meta. Meski termasuk sebagai salah satu pria terkaya dunia, Zuckerberg kerap terlihat berpenampilan sederhana. Bahkan, Zuckerberg mempunyai penampilan yang ikonik dengan kaos oblong warna abu-abu. 

3. Steve Jobs

Gaya hidup frugal living juga menjadi konsep yang diterapkan oleh mendiang Steve Jobs. Anda bisa melihatnya secara jelas dari gaya berpakaiannya yang begitu sederhana. Semasa hidup, Jobs kerap terlihat mengenakan baju turtleneck yang dikombinasikan dengan celana jeans. 

Tips Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living

Tips menerapkan gaya hidup frugal living

Buat Anda yang ingin meniru kebiasaan para orang terkaya dunia tersebut, ada 7 tips sederhana yang bisa diterapkan, yakni: 

1. Utamakan Membeli Barang Second dan Bahkan Gratisan

Apakah Anda terbiasa membeli barang baru setiap waktu? Mulai sekarang, pertimbangkan untuk beralih dengan mencari barang-barang second atau bekas. Bahkan, kalau perlu cari barang yang bisa Anda dapatkan dengan gratis. 

Dengan membeli barang second, Anda bisa menghemat pengeluaran lebih dari 50%. Tak menutup kemungkinan, Anda dapat pula berburu barang second dengan kondisi yang baik dan masih sangat layak digunakan. 

2. Susun Menu Makan Harian

Kebiasaan yang perlu Anda hindari ketika ingin menerapkan gaya hidup frugal living adalah makan di restoran. Sebagai gantinya, biasakan untuk menyusun rencana makan setiap harinya. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat pengeluaran dalam jumlah yang signifikan. 

Selain itu, kurangi kebiasaan membuang makanan. Kalau ada makanan yang masih tersisa, simpan di lemari es dan hidangkan kembali esok harinya. 

Baca juga: Biar Duit Gak Boncos, Perhatikan 7 Cara Hemat Belanja Bulanan

3. Manfaatkan Promo saat Belanja

Berikutnya, Anda bisa menerapkan kebiasaan belanja yang hemat. Caranya adalah dengan berburu promo, baik dalam bentuk diskon, reward, maupun cashback. Gunakan kesempatan promo tersebut untuk belanja barang-barang kebutuhan bulanan. 

4. Beli Barang untuk Pemakaian Jangka Panjang

Seseorang yang menerapkan gaya hidup frugal living memiliki pertimbangan yang matang sebelum melakukan pembelian barang. Mereka tidak mudah tergoda oleh produk yang tengah viral atau menjadi trend. Sebagai gantinya, mereka mengedepankan pilihan pada barang-barang yang awet dan bisa dipakai dalam jangka panjang. 

Oleh karena itu, orang dengan gaya hidup frugal lebih suka membeli produk dengan kualitas yang bagus. Kalaupun harganya lebih mahal, bukan menjadi sebuah permasalahan. Apalagi, pengeluaran tersebut relatif masih lebih kecil dibandingkan membeli barang yang perlu perbaikan secara berkala. 

5. Kelola Pengeluaran Rutin dengan Baik

Selanjutnya, Anda dapat menerapkan gaya hidup frugal lewat adanya pengelolaan pengeluaran yang baik. Caranya sederhana. Anda bisa melakukan pencatatan untuk setiap jenis pengeluaran. 

Selanjutnya, Anda dapat melakukan penilaian terhadap setiap pengeluaran tersebut. Utamakan pengeluaran yang sifatnya penting dan mendesak. Sementara itu, pengeluaran yang kurang penting, bisa Anda minimalkan dan bahkan hilangkan. 

6. Pertimbangkan Memakai Produk Generik

Tips selanjutnya adalah pemilihan produk generik dibandingkan dengan produk bermerek. Produk generik mempunyai harga yang relatif jauh lebih murah dibanding produk bermerek. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran dengan jumlah yang cukup signifikan.

Hanya saja, jangan cuma memilih produk generik karena harganya yang murah. Namun, pastikan bahwa produk tersebut tidak mempunyai efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. 

7. Hindari Pemakaian Kartu Kredit

Tips terakhir buat Anda yang ingin menerapkan gaya hidup frugal living adalah dengan meminimalkan dan bahkan menghindari pemakaian kartu kredit. Sebagai gantinya, biasakan untuk melakukan berbagai pembelian dengan pembayaran tunai. 

Kebiasaan membayar tunai membuat Anda jadi lebih sadar tentang seberapa besar uang yang dikeluarkan. Selain itu, Anda juga tidak perlu melakukan pembayaran biaya administrasi maupun bunga. 

Baca juga: Jangan Asal Gunting, Ini Cara Tutup Kartu Kredit yang Benar!

Itulah tips penting yang bisa Anda perhatikan dalam penerapan gaya hidup frugal. Awalnya, Anda memang mengalami kesulitan untuk beradaptasi. Namun, lama kelamaan Anda bisa terbiasa dan bisa merasakan manfaatnya secara langsung. 

Kebiasaan frugal living bisa Anda terapkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk ketika menjalankan bisnis. Contohnya adalah penggunaan layanan payment gateway yang canggih dan praktis seperti Yukk Payment Gateway. Yukk Payment Gateway menawarkan solusi praktis dalam menyediakan sistem pembayaran kepada konsumen. Cukup dengan satu layanan, Anda bisa menghadirkan berbagai metode pembayaran, mulai dari QRIS, kartu kredit, e-wallet, hingga virtual account. Lengkap, deh!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry