Mengejutkan! Meski Tak Tertular Corona, 3 Anak Ini Punya Antibodi Covid-19

News | 20 November 2020
Kasus Covid-19 di Indonesia
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Menjaga jarak, memakai masker, dan rajin mencuci tangan. Itulah protokol kesehatan yang dianjurkan. Semua orang, tanpa terkecuali, harus melakukan itu untuk memutus penularan virus SARS-CoV-2.

Sudah banyak kasus yang menunjukkan bahwa virus Corona begitu cepat menyebar dalam kerumunan orang. Apalagi ada banyak orang tanpa gejala. Orang-orang seperti inilah yang berpotensi sangat besar untuk

Jika di dalam sebuah keluarga ada seorang anggota keluarga yang positif Covid-19, sangat besar kemungkinan anggota keluarga lain yang ikut terinfeksi. Pasalnya, virus SARS-CoV-2 sangat cepat menyebar. Sudah ada banyak kasus seperti itu. Bahkan ada keluarga yang sebagian besar anggota keluarganya meninggal dunia.

Yang dialami keluarga di Melbourne, Australia, ini berbeda. Bahkan dianggap sebagai kasus yang janggal. Mengapa tidak, tiga orang anak tidak ikut terinfeksi seperti kedua orang tua mereka. Padahal salah satu di antara mereka bahkan tidur bersama orang tua mereka.

Mengejutkan! Meski Tak Tertular Corona, 3 Anak Ini Punya Antibodi Covid-19
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kasus yang janggal itu terjadi dalam keluarga pasangan Tony Maguire dan Leila Sawenko. Keduanya tertular Covid-19 setelah menghadiri sebuah acara pernikahan. Namun, keduanya tidak sadar bahwa keduanya membawa virus yang telah membunuh lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia.

Kembali ke rumah, mereka beraktivitas seperti biasa bersama ketiga anak mereka. Beberapa hari kemudian baru mereka mulai mengalami gejala khas Covid-19 seperti batu, demam, dan sakit kepala.

“Kami mulai merasa seperti mabuk, kepala sangat berkabut, dan sedikit lebih lesu dari biasanya,” kata Laila seperti dikutip dari ABC News.

Mengejutkan! Meski Tak Tertular Corona, 3 Anak Ini Punya Antibodi Covid-19
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Bersama ketiga anak mereka, mereka menjalani tes. Hasilnya mengejutkan. Ketiga anak mereka tidak terinfeksi virus Corona. Padalah salah satu dari antara mereka, yaitu yang perempuan yang berusia 5 tahun, tidur seranjang bersama mereka.

“Sungguh menakjubkan karena mereka menghabiskan 1,5 minggu bersama kami, sementara kami positif COVID-19,” sambung Laila.

Petugas kesehatan diminta untuk melakukan pemeriksaan ulang. Dan kembali pemeriksaan itu menunjukkan hasil yang sama. Ketiga anak mereka tetap negatif meskipun dua anak laki-lakinya mengalami gejala ringan, yaitu pilek.

Para dokter dan ilmuwan di Melbourne’s Royal Children’s Hospital dan The Murdoch Children’s Research Institute (MCRI) heran. Mereka lalu melakukan penelitian. Mereka menganalisis sampel darah, air liur, tinja, urin, hingga mengambil usap hidung dan tenggorokan setiap 2—3 hari.

Mengejutkan! Meski Tak Tertular Corona, 3 Anak Ini Punya Antibodi Covid-19
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Hasil penelitian semakin mengejutkan. Ketiga anak Laila memang tetap negatif. Namun, para peneliti menemukan hal yang lain: antibodi Covid-19 di dalam air liur semua anggota keluarga. Hal ini menunjukkan bahwa mereka pernah terinfeksi Covid-19, sehingga memicu adanya respons kekebalan tubuh yang bisa melawan infeksi Covid-19.

“Si anak bungsu yang tidak menunjukkan adanya gejala sama sekali memiliki respon antibodi terkuat,” kata Melanie Neeland, ahli imunologi dari Murdoch Children’s Research Institute (MCRI), seperti dikutip dari Science Alert.

Mengejutkan! Meski Tak Tertular Corona, 3 Anak Ini Punya Antibodi Covid-19
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Dugaan para peneliti adalah ketiga anak itu sudah terinfeksi Covid-19. Entah bagaimana caranya mereka bisa mengembangkan respon antibodi yang efektif membatasi replikasi virus dalam tubuh, tidak seperti orang tua mereka.

“Fakta bahwa anak-anak ini dapat mematikan virus dan bahkan tanpa menunjukkan hasil tes yang positif menunjukkan bahwa mereka memiliki beberapa tingkat sistem kekebalan yang mampu merespons dan menangani virus secara efektif, tanpa membuat mereka menjadi sangat tidak sehat,” jelas Shidan Tosif, dokter anak dari Melbourne University.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry