Perhatikan Hal Ini Saat Mau Bayar Tagihan Kartu Kredit!

Perhatikan hal ini saat mau bayar tagihan kartu kredit

Sebagai pemegang kartu kredit, kewajibanmu setiap bulan adalah membayar tagihan. Tagihan itu harus dibayar karena itu adalah utang. Besarnya tagihan tergantung pada besarnya pemakaianmu dan bunga yang ditetapkan.

Ketika kamu hendak membayar tagihan kartu kredit, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah tanggal jatuh tempo. Tanggal jatuh tempo tercetak pada lembar penagihan. Dan lembar penagihan ini biasanya dikirim bank penerbit kartu kredit minimal 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Biasanya bank penerbit kartu kredit mengingatkan para nasabah agar membayar tagihan beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo. Dengan begitu, nasabah bisa terhindar dari denda keterlambatan. Sehari telat bayar iuran kartu kredit, kamu dikenai bunga berjalan yang cukup besar.

Baca juga: Begini Strategi Jitu Menghindari Denda dan Bunga Kartu Kredit

Lalu bagaimana dengan pembayarannya? Apakah harus penuh? Ataukah bisa minimum? Ataukah dengan cara cicilan tetap? Yang mana yang lebih baik?

Sistem Pembayaran dengan Jumlah Minimum (Minimum Payment)

Pembayaran minimum tagihan kartu kredit
Ilustrasi (Foto: Canva)

Biasanya bank penerbit kartu kredit menawarkan sistem pembayaran dengan jumlah minimum tertentu. Pada umumnya, besarnya jumlah minimum yang ditetapkan adalah 10% dari total tagihan baru yang tercetak pada lembar tagihan. Meskipun diperbolehkan, sistem pembayaran ini sangat tidak disarankan. Mengapa? Karena itu bukanlah jumlah total tagihan yang harus dibayar. Itu berarti bahwa kamu akan dikenakan bunga majemuk atau bunga berbunga oleh bank penerbit kartu kredit dari nilai sisa tagihan yang tidak dibayarkan pada saat jatuh tempo.

Sistem Pembayaran dengan Jumlah Penuh (Full Payment)

Pembayaran penuh tagihan kartu kredit
Ilustrasi (Foto: Canva)

Sistem pembayaran ini sangat disarankan. Kamu membayar seluruh tagihanmu. Lebih baik pembayaran dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo.

Boleh Membayar Tagihan Antara Jumlah Minimum dengan Total Jumlah Tagihan Baru

Boleh membayar tagihan antara jumlah minimum dengan total jumlah tagihan baru
Ilustrasi (Foto: Canva)

Kamu diperbolehkan membayar jumlah berapa pun. Namun, jumlahnya harus di antara jumlah minimum tagihan dengan total tagihan baru. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengurangi jumlah tagihan tertunggak yang akan dikenakan bunga, sehingga ini bisa mengurangi beban tagihan yang harus dibayar pada bulan berikutnya.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Terdapat Kelebihan Bayar Tagihan Kartu Kredit?

Cicilan Tetap (Fixed Installment)

Cicilan tetap pembayaran tagihan kartu kredit
Ilustrasi (Foto: Canva)

Selain ketiga cara di atas, bank penerbit kartu kredit juga menawarkan sistem pembayaran lain dimana kamu dapat mengubah total tagihan yang tercetak menjadi cicilan tetap untuk jangka waktu 3, 6, atau 12 bulan. Ini adalah sebuah alternatif karena bunga yang dikenakan bukanlah bunga majemuk, melainkan bunga tetap (flat). Namun, ada beberapa persayaratan yang harus kamu penuhi agar bisa melakukan pembayaran dengan sistem ini. Kamu bisa menghubungi bank penerbit kartu kredit.

Kamu bisa membayar tagihan kartu kredit melalui aplikasi YUKK Payment Gateway. Selain lebih mudah dan lebih cepat, juga lebih menguntungkan. Selama bulan Oktober ini, YUKK Payment Gateway memberikan cashback 10% (minimal transaksi Rp500.000,-) untuk kamu yang membayar tagihan kartu kredit melalui YUKK. Cashback ini diberikan sekali sehari untuk masing-masing pengguna.

Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point dengan jumlah maksimal mencapai 25.000 poin. Poin-poin itu bisa kamu gunakan lagi untuk melakukan banyak transaksi online lainnya melalui aplikasi YUKK. Mulai dari membayar tagihan bulanan hingga berbelanja barang kebutuhan.

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry