Kelola UMKM yang Efektif & Efisien, Pelajari Manajemen Bisnis Ya!

Manajemen bisnis

Sebagai pelaku UMKM, Anda tentu bermimpi untuk bisa mengembangkan usaha jadi lebih besar. Untuk bisa mewujudkannya, Anda tidak cuma butuh modal tambahan. Namun, Anda juga perlu meng-upgrade diri sendiri dan memahami manajemen bisnis dengan benar.

Dalam pengertiannya, manajemen bisnis adalah rangkaian proses dalam aktivitas bisnis yang mempunyai tujuan dalam mengoptimalkan hasil yang didapatkan. Rangkaian proses tersebut bermula dari upaya perencanaan, pengerjaan, sampai tahap pengawasan.

Lewat adanya business management yang baik, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan lancar. Peluang meraih kesuksesan dari bisnis yang Anda jalankan pun mengalami peningkatan dan membantu Anda mencapai target bisnis. 

Fungsi Manajemen Bisnis

Dalam pengelolaan usaha, business management mempunyai beberapa fungsi, di antaranya adalah:

1. Perencanaan

Pertama, business management memiliki peran dalam perencanaan. Tujuannya, biar aktivitas bisnis dapat berjalan teratur. Perencanaan pun perlu Anda lakukan dalam berbagai aspek, termasuk di antaranya adalah rencana produksi maupun rencana pemasaran.

Baca juga: Ini 8 Rahasia Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM, Mau Tau?

2. Pengelompokan

Selanjutnya, ada pula peran business management berupa organizing atau pengelompokan. Pengelompokan dalam aktivitas bisnis bertujuan untuk memperoleh manfaat penggunaan tenaga kerja secara optimal dan sesuai rencana.  

Dalam praktiknya, Anda bisa membagi tim sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Contohnya adalah tim produksi, tim pemasaran, tim administrasi, dan lain sebagainya. Berkat adanya pembagian tim tersebut, proses evaluasi berjalan lebih mudah. 

3. Pengelolaan Sumber Daya

Ada pula fungsi staffing atau pengelolaan sumber daya yang Anda miliki, seperti mesin, bahan baku, kendaraan, dan semacamnya. Tanpa adanya pengelolaan secara tepat, penggunaan sumber daya bisa berlebihan dan menimbulkan pembengkakan modal.

4. Directing

Selanjutnya, manajemen bisnis mempunyai peran dalam mengarahkan atau directing. Tanpa adanya kemampuan business management yang baik, Anda bakal mengalami kesulitan dalam mengatur atau mengarahkan kerja para karyawan. Dengan begitu, performa kerja bisa optimal dan kesalahan dapat diminimalkan.

5. Pengawasan

Terakhir adalah fungsi pengawasan atau controlling. Lewat adanya pengawasan, Anda bisa melakukan penilaian terhadap kinerja dari sistem yang ada. Selanjutnya, pengawasan bisa Anda manfaatkan sebagai bahan evaluasi.

Komponen dalam Manajemen Bisnis

Komponen manajemen bisnis

Berkaitan dengan business management perusahaan, Anda bakal menjumpai adanya beberapa komponen penting di dalamnya, antara lain adalah:

1. Manajemen Strategis

Pertama adalah manajemen strategis yang memiliki peran dalam menciptakan strategi bisnis yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa menerapkan cara yang inovatif untuk bisa memenangkan persaingan bisnis. 

Baca juga: 7 Tantangan Utama Pelaku UMKM dalam Mengembangkan Usaha di Era Digital

Manajemen strategis dapat berpengaruh secara langsung pada kelangsungan bisnis Anda. Penerapannya pun hanya dilakukan terbatas pada pejabat tinggi perusahaan, terutama pada direktur atau C-level. 

2. Manajemen Pemasaran

Selanjutnya, ada komponen yang berkaitan dengan manajemen pemasaran. Adanya manajemen pemasaran membantu Anda dalam melakukan aktivitas pemasaran produk yang tertata. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan berbagai manfaat, termasuk di antaranya adalah: 

  • Meningkatkan jangkauan pemasaran bisnis
  • Memberikan nilai produk di mata pelanggan
  • Mendorong peningkatan omzet
  • Meningkatkan citra perusahaan

Baca juga: Biar Langgeng, Ini Tips Rahasia Bangun Merek Bisnis yang Kuat

3. Manajemen Keuangan

Berikutnya adalah manajemen keuangan yang tidak kalah pentingnya bagi para pelaku bisnis. Anda memerlukannya untuk melakukan berbagai tugas berkaitan dengan keuangan, termasuk di antaranya adalah budgeting, forecasting, analisis keuangan, manajemen arus kas, manajemen risiko, serta pelaporan.

Baca juga: Tips Ampuh & Efektif Mengelola Stres Akibat Masalah Keuangan

4. Manajemen SDM

Elemen tak kalah penting dalam manajemen bisnis adalah manajemen SDM atau human resource. Proses di dalamnya mencakup aktivitas perekrutan dan training karyawan. Selain itu, Anda perlu pula melakukan manajemen agar karyawan bisa menunjukkan performa yang optimal setiap saat.

Baca juga: Bikin Betah! Ini Tips Ciptakan Lingkungan Kerja yang Produktif

5. Manajemen Operasional

Terakhir, ada manajemen operasional yang berkaitan erat dengan aktivitas bisnis harian yang Anda laksanakan. Lingkupnya cukup luas. Tidak cuma bermanfaat dalam memastikan aktivitas bisnis berjalan lancar. Namun, Anda juga perlu memperhatikan tingkat keamanan lokasi kerja sehingga para karyawan bisa bekerja dengan aman dan nyaman.

Tips Implementasi Manajemen Bisnis

Tips implementasi manajemen bisnis

Di sini, Anda sudah bisa memperoleh gambaran lebih luas tentang apa itu manajemen bisnis serta hal-hal yang terkait di dalamnya. Lalu, bagaimana cara Anda agar bisa mengimplementasikannya pada UMKM? 

Secara umum, ada 4 tahapan yang perlu Anda laksanakan, yakni: 

1. Penyusunan Rencana

Langkah paling awal yang menjadi kunci dalam keberhasilan implementasi business management adalah planning atau penyusunan rencana. Planning merupakan tahapan ketika Anda menentukan target bisnis dan menjabarkannya dalam beberapa action yang perlu dilakukan untuk mencapainya. 

Perencanaan dapat berguna sebagai pemandu dalam menjalankan operasional bisnis secara efektif. Selanjutnya, Anda perlu membagikan perencanaan tersebut dengan para karyawan untuk memastikan kalau setiap komponen di dalam perusahaan punya target dan tujuan yang sama. 

2. Ukur Kinerja dengan Standar yang JelasĀ 

Selanjutnya, Anda perlu memiliki tolok ukur yang berguna untuk menilai tingkat keberhasilan dari action yang telah dilakukan. Caranya, Anda bisa menggunakan Key Performance Indicator atau KPI. Pemanfaatannya bisa membantu Anda dalam menilai tingkat keberhasilan dari sebuah proses, produk, maupun layanan. 

Ada berbagai jenis parameter KPI yang bisa Anda manfaatkan dalam bisnis, termasuk di antaranya adalah: 

  • Efisiensi produksi
  • Customer complaint index
  • Profitability
  • Customer retention rate
  • Churn rate
  • Turnover rate
  • Market share

3. Pelatihan Profesional

Tahapan selanjutnya adalah pelatihan profesional. Pelatihan menjadi bagian dari upaya Anda untuk meng-upgrade kemampuan. Pelatihan tidak cuma dibutuhkan bagi pemilik usaha ataupun pegawai yang mempunyai tanggung jawab terkait manajerial, tetapi juga karyawan biasa. 

Pelatihan profesional termasuk bagian dari investasi. Dengan adanya pelatihan tersebut, Anda bisa meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dari para karyawan sehingga sesuai dengan kebutuhan terkini. 

Baca juga: Entrepreneur Wajib Tahu! Ini 8 Tips Bikin Tim Kerja yang Solid

4. Dukungan Teknologi yang Tepat

Terakhir, Anda jangan sampai melupakan pemanfaatan teknologi. Saat ini, Anda bisa menggunakan berbagai jenis tool yang memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas manajemen bisnis. 

Bahkan, beberapa jenis tool dapat membantu Anda dalam melakukan aktivitas pemasaran secara lebih efektif dan mampu menjangkau pasar lebih luas. Dengan begitu, bisnis Anda bisa berjalan lancar dan berpeluang menjadi lebih besar.

Berkaitan dengan kebutuhan teknologi dalam manajemen bisnis, Anda bisa mendapatkan salah satunya dengan menggunakan layanan dari YUKK Payment Gateway. YUKK Payment Gateway bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis secara lebih praktis. 

YUKK Payment Gateway menyediakan solusi pembayaran digital yang canggih dan modern. Hanya dengan satu layanan, Anda sudah bisa menghadirkan beberapa metode cara pembayaran sekaligus kepada para pelanggan, mulai dari QRIS, virtual account, e-wallet, hingga kartu kredit

Dengan adanya pilihan cara pembayaran yang variatif tersebut, konsumen mempunyai kemudahan dan keleluasaan saat bertransaksi. Mereka pun bisa melakukan pembayaran dari mana saja dan kapan saja. Hal ini pun memberi peluang bagi Anda untuk bisa melayani konsumen dari mana saja tanpa ada batasan jarak maupun waktu. 

Ingin merasakan manfaatnya? Yuk, segera gunakan YUKK Payment Gateway untuk kelancaran usaha Anda! Biar bisa naik kelas dan menjadi usaha besar. 

Baca juga: Daftar Aplikasi Yukk, Bikin Belanja dan Transfer Nggak Ribet Lagi

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry