Makanan yang Mengandung Zat Besi

(Foto: wellbeing.support)

Zat besi adalah zat gizi mikro yang sangat dibutuhkan tubuh dalam proses pembentukan sel darah merah. Zat ini harus dikonsumsi dalam jumlah yang cukup setiap hari. Berikut makanan yang mengandung zat besi:

  • Hati sapi
    Hati sapi
    (Foto: jitunews.com)

    Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi, konsumsilah hati sapi. Dalam 100 g hati sapi terdapat sekitar 5 mg zat besi. Karena kandungan kolesterolnya yang tinggi, Anda disarankan untuk mengonsumsinya secara bijak. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan ahli gizi Anda.

  • Avokad

    Avokad
    (Foto: pertanianku.com)

    Ada banyak nutrisi yang terkandung di dalam avokad. Salah satunya adalah zat besi. Makanlah avokad secara rutin untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi.

  • Kedelai
    Kedelai
    (Foto: hellosehat.com)

    Kandungan zat besi dalam kedelai cukup tinggi. Dalam 100 mg kacang kedelai terkandung 2 mg zat besi. Selain zat besi, kedelai juga mengandung beberapa mineral penting seperti tembaga.

  • Bayam
    Bayam
    (Foto: mitalom.com)

    Bayam mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dalam 100 mg bayam terdapat 2 mg zat besi. Ada juga nutrisi lain yang terkandung di dalamnya seperti vitamin A, E, protein, kalsium, dan serat.

  • Biji wijen
    biji wijen
    (foto: majalah-holiday.com)

    Kandungan zat besi di dalam biji wijen sangat tinggi. Dalam 100 g biji wijen terdapat sekitar 14 mg zat besi. Nutrisi lain yang terkandung di dalamnya adalah vitamin E, seng, dan fosfor.

  • Tahu

    Tahu
    (Foto: vemale.com)

    Sumber zat besi yang sangat mudah Anda dapatkan dan konsumsi adalah tahu. Tahu adalah salah satu sumber zat nonheme. Dalam 100 mg tahu terkandung 2 mg zat besi.

  • Berbagai jenis ikan

    Ikan
    (Foto: infoikan.com)

    Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi, konsumsilah ikan setiap hari. Berbagai jenis ikan seperti salmon dan tuna mengandung banyak zat besi.

  • Tiram

    Tiram
    (Foto; purpleclover.com)

    Tiram mengandung banyak zat besi. Dalam 80 g tiram terkandung 5,91 mg zat besi. Selain zat besi, tiram juga mengandung kalsium dan afrodisiak alami.

  • Tomat
    Tomat
    (Foto: 26fruits.co.uk)

    Tomat adalah sumber antioksidan alami terbaik. Selain antioksidan, tomat juga mengandung zat besi. Kadarnya cukup tinggi. Dalam satu cangkir tomat terkandung 3,39 zat besi.

  • Biji labu
    Biji Labu
    (Foto: khasiat.co.id)

    Anda ingin memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan zat besi? Konsumsilah biji labu. Dalam 28 g biji labu terdapat 4,2 mg zat besi

Baca juga : Jangan Minum Teh Setelah Makan!

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
1
haha
0
wow
0
sad
0
angry