7 Tips COD untuk Pembeli, Dijamin Gak Bakal Kena Tipu!

Penjelasan berbagai tips aman melakukan cod untuk pembeli

Saat melakukan pembelian barang secara online, banyak pembeli memilih metode pembayaran cash on delivery (COD) dengan harapan biar tidak kena tipu. Namun, kenyataannya penipuan tetap terjadi dan bahkan kian marak. Biar Anda tidak menjadi salah satu korbannya, ada tips COD untuk pembeli yang wajib diperhatikan. 

Ada banyak upaya yang bisa Anda terapkan biar tidak menjadi korban penipuan saat bertransaksi secara COD. Upaya tersebut di antaranya adalah: 

Pilih Penjual atau Toko yang Terpercaya

Penipuan bisa terjadi ketika Anda bertransaksi dengan penjual yang salah. Oleh karenanya, Anda perlu berhati-hati dalam memilih tempat melakukan pembelian. Caranya sederhana, Anda harus menentukan pilihan pada toko yang memiliki reputasi bagus dan bisa dipercaya. 

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menilai reputasi sebuah toko, di antaranya adalah: 

  • Cermati ulasan pelanggan terdahulu. Pilih toko yang mempunyai banyak ulasan positif dari para pelanggan. 
  • Perhatikan kualitas layanan. Anda bisa mengetahuinya dengan mengecek rating toko. Pikir ulang ketika ingin belanja di toko dengan rating rendah atau bahkan tak mempunyai rating sama sekali. 
  • Jumlah transaksi. Kalau belanja di marketplace, Anda bisa dengan mudah melihat data terkait jumlah transaksi toko. Pilih toko yang mempunyai angka transaksi tinggi dengan disertai ulasan positif. 

Pastikan Alamat Bertransaksi adalah Tempat yang Aman

Kalau sudah menentukan pilihan pada toko yang terpercaya, tips COD untuk pembeli selanjutnya adalah lokasi transaksi. Anda perlu cermat dan hati-hati dalam memilih tempat melakukan transaksi. Pastikan bahwa lokasi tersebut aman dan situasinya ramai. 

Ingat, ada banyak risiko kejahatan yang bisa mengancam pembeli ketika memilih lokasi COD secara sembarangan. Jenis-jenis ancaman tersebut di antaranya adalah hipnotis, perampasan, dan bahkan perampokan yang disertai kekerasan. 

Ajak Teman atau Kerabat untuk COD

Menjaga keamanan saat COD tidak hanya berkaitan dengan pemilihan tempat pertemuan. Tips COD untuk pembeli yang tak kalah pentingnya biar bisa bertransaksi secara aman adalah memilih untuk tidak datang sendiri. Apalagi, kalau Anda diajak bertransaksi di tempat selain rumah atau lokasi kerja. 

Sebagai solusinya, Anda dapat melakukan COD dengan penjual bersama dengan orang lain. Anda bisa memilih untuk mengajak teman atau kerabat. Keberadaan pendamping saat COD dapat meminimalkan risiko terjadinya tindak kejahatan yang tak diinginkan. 

Pilih Ekspedisi Pengiriman yang Amanah

COD tidak hanya bisa berlangsung dengan adanya pertemuan antara penjual dan pembeli. Kalau Anda bertransaksi secara online, proses berlangsungnya COD akan menyertakan tenaga tambahan, yakni kurir. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan pemilihan kurir saat membeli barang secara COD. 

Apa risikonya kalau Anda memilih jasa pengiriman yang tak amanah saat beli barang COD? Kurir bisa saja membawa lari barang yang dikirim. Namun, kejadian seperti ini sangat jarang terjadi dan tak menimbulkan kerugian secara finansial kepada Anda sebagai pembeli. Sebagai gantinya, Anda bakal rugi secara waktu yang terbuang sia-sia. 

Cek Kesesuaian dan Kelengkapan Produk

Dalam setiap aktivitas pembelian, Anda perlu melakukan pemeriksaan deskripsi produk secara jelas. Perhatikan spesifikasi barang serta kelengkapannya. Tujuannya, biar Anda dapat mengecek kesesuaian antara barang yang dipesan dengan barang yang dikirim oleh penjual. 

Tahapan ini penting Anda lakukan sebelum melakukan pembayaran. Tujuannya adalah untuk benar-benar memastikan kalau paket yang datang merupakan barang yang Anda pesan. Tak menutup kemungkinan kurir salah dalam melakukan pengiriman paket. Kalau sampai itu terjadi, Anda bakal ribet karena perlu mengajukan retur kepada penjual. 

Siapkan Uang yang Pas untuk Membayar

Tips COD untuk pembeli yang selanjutnya adalah terkait proses pembayaran. Usahakan untuk melakukan pembayaran dengan praktis dan mudah. Oleh karena itu, pilih cara pembayaran tunai dengan menggunakan uang pas. Dengan begitu, penjual ataupun kurir tidak perlu membawa uang kecil untuk kembalian. 

Hal ini memang terlihat sepele. Namun, cara pembayaran dengan uang pas membuat proses transaksi jadi lebih praktis dan cepat. Anda pun bisa segera pulang dan melakukan unboxing paket. 

Rekam Video Saat Unboxing Paket

Langkah terakhir dalam setiap aktivitas transaksi COD yang wajib Anda lakukan adalah unboxing. Ingat, unboxing hanya boleh Anda lakukan setelah melakukan pembayaran. Lalu, bagaimana kalau unboxing paket ternyata membuat Anda kecewa. Misalnya, karena paket yang datang ternyata tak sesuai keinginan atau deskripsi. 

Solusinya sederhana. Kalau belanja lewat marketplace, setiap pembeli wajib melakukan unboxing dengan disertai bukti video. Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga ketika pembeli ingin melakukan retur barang karena paket yang datang tak sesuai deskripsi. Berkat adanya rekaman video, Anda punya bukti kuat yang sulit disanggah oleh penjual. 

Nah, itulah tips COD untuk pembeli yang penting untuk Anda terapkan setiap kali melakukan transaksi secara COD. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh manfaat yang maksimal dari fasilitas pembelian COD yang tersedia. 

Bagi penjual, COD memang menjadi solusi yang cukup efektif dalam meningkatkan omzet. Namun, hal yang tak kalah penting adalah menyediakan sarana pembayaran yang mudah dan nyaman bagi para pelanggan. Solusi seperti ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan layanan YUKK Payment Gateway

YUKK adalah layanan payment gateway terbaik untuk UMKM di Indonesia. Dengan YUKK, Anda bisa menyediakan sistem pembayaran yang fleksibel dan praktis. Cukup dengan satu layanan, Anda bisa memproses berbagai metode pembayaran, termasuk di antaranya adalah:

Praktis, kan? Yuk, kembangkan bisnis Anda bersama YUKK Payment Gateway!

Baca juga: Daftar Aplikasi Yukk, Bikin Belanja dan Transfer Nggak Ribet Lagi

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry