11 Metode Pembayaran Online Legal, Nomor 7 Paling Praktis!

Berbagai metode pembayaran online payment di Indonesia

Sejak digitalisasi gencar dilakukan di Indonesia, sebagian konsumen mengubah kebiasaan bertransaksi dari offline menjadi online. Hal ini juga mempengaruhi cara pembayaran belanja yang awalnya mengandalkan kartu fisik, kini lebih memilih platform digital. 

Baca juga: Kepoin Apa Itu Cashless Society, Gaya Hidup Tanpa Uang Tunai

DNS Innovate pernah melakukan riset terhadap 1500 responden pengguna fintech dalam hal pemakaian platform pembayaran. Hasilnya, sebagian besar responden tersebut aktif menggunakan layanan-layanan berbasis teknologi finansial, seperti metode pembayaran online

Nah, bagi Anda yang juga ingin beralih dari pembayaran offline ke online, bisa menggunakan 11 online payment berikut ini. Yuk, tentukan pilihan Anda dengan menyimak ulasan di bawah sampai tuntas.

Metode Transfer Bank

Metode pembayaran dengan transfer bank awalnya dilakukan secara manual dengan kartu ATM. Namun kini, pembayarannya lebih praktis karena dapat dilakukan dari smartphone yang memiliki aplikasi bank terkait.

Sebagai contoh, Anda ingin membeli barang di marketplace A. Setelah checkout, sistem mengarahkan ke halaman pembayaran dengan banyak pilihan metode, salah satunya transfer bank. Jika mengklik pilihan tersebut, sistem akan menampilkan virtual account atau nomor rekening marketplace bank tertentu.

Berikutnya, Anda harus membuka mobile banking atau internet banking dari bank terkait. Kalau sudah login, mulailah transfer dengan menyalin nomor virtual account atau rekening bank penerima. Biasanya, tersedia dua pilihan transfer bank, yakni realtime online dan BI-Fast.

Kedua metode tersebut tersedia dalam waktu 24 jam. Namun, perbedaannya terletak pada biaya transfer dan limit transaksi masing-masing.

Baca juga: Biar Nggak Salah Kirim, Ini Daftar Kode Transfer Bank Indonesia

Metode Virtual Account

Mengenal layanan virtual account

Virtual account (VA) adalah pembayaran otomatis melalui akun virtual yang dibuat secara khusus untuk pelanggan. Jika ingin menggunakan VA pada transaksi bisnis, Anda harus mengurus administrasinya di bank. 

Setelah bank menyetujui, Anda akan mendapatkan satu nomor ID atau VA number untuk setiap transaksi. Nomor itulah yang digunakan oleh tiap pelanggan ketika ingin membayar pembelian lewat transfer bank.

Soal keamanan, VA ditampilkan dalam bentuk nomor unik sehingga tidak mudah diduplikasi. Pasalnya, setiap satu nomor VA hanya bisa digunakan oleh satu orang pelanggan. Selain itu, setelah VA dipakai, Anda dapat mengecek langsung nama pengirimnya.

Sebagai contoh, saat Anda menggunakan YUKK Payment Gateway untuk menerima pembayaran, nantinya platform ini mengeluarkan satu nomor VA. Pelanggan dapat menggunakan VA tersebut ketika membayar tagihan dari berbagai bank.

Metode Cardless Credit

Dahulu, setiap orang yang ingin memiliki kartu kredit harus mengurusnya di bank. Proses pendaftarannya masih dilakukan melalui customer service sehingga harus menghadapi antrian panjang. Ketika ingin menggunakan kartu tersebut, pengguna mesti menggesek di mesin tertentu.

Baca juga: Kartu Kredit Tak Bisa Digunakan? Pahami Penyebab & Solusinya!

Namun kini, pengguna kartu kredit tidak perlu membawa bentuk fisiknya. Anda hanya perlu mendaftarkan diri di platform penyedia belanja dengan cardless credit atau bank terkait. 

Baca juga: Bayar Ini-Itu Makin Mudah, Kamu Wajib Tau Virtual Credit Card!

Metode Direct Debit

Direct debit merupakan cara pembayaran dengan kartu debit yang telah didaftarkan pada marketplace atau online shop sebagai sumber dana. Supaya kartu debit dan platform pembayaran bisa terkait, pastikan sudah mendaftarkan nomor rekening beserta direct debit sesuai instruksi.

Setelah terdaftar, Anda akan memperoleh one time password untuk melakukan penautan akun. Jika proses ini berhasil, direct debit Anda sudah bisa digunakan belanja dengan satu kali klik saja.

Metode e-Wallet

Layanan e-wallet atau dompet digital

e-wallet atau dompet elektronik memiliki fungsi sama seperti dompet secara fisik, yakni menyimpan uang. Bedanya, e-wallet juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi finansial, misalnya belanja di marketplace dan membayar tagihan listrik.

Kerennya, dompet elektronik mempunyai kemampuan untuk mendokumentasikan setiap transaksi, mulai dari arus kas, jumlah penjualan, hingga saldo Anda. Bahkan, pengguna dompet elektronik dapat mengecek detail transaksi. Sementara itu, untuk top up, Anda dapat melakukannya dari mobile banking, transfer antar pengguna e-wallet, dan merchant.

Metode e-Money

Layanan electronic money atau uang elektronik

Sistem e-money menggunakan kartu sebagai media pembayaran. Supaya Anda bisa menggunakan e-money, setorkan sejumlah uang ke bank penerbit. Setoran tersebut dapat dilakukan melalui mobile banking, merchant penyedia top up saldo, atau minimarket tertentu.

Cara menggunakan e-money sangat mudah; Anda hanya perlu menempelkan kartu pada mesin khusus. Namun, hati-hati; sistem keamanan e-money relatif lemah. Pasalnya, setiap transaksinya tidak memerlukan verifikasi khusus. Jadi, kalau kartu Anda hilang, siapa pun dapat menggunakan saldo di dalamnya. 

Metode QRIS

Layanan QRIS

Quick response code Indonesian standard (QRIS) merupakan metode pembayaran dengan QR code yang distandarisasi oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. Tujuan kedua lembaga ini mengeluarkan QRIS adalah untuk mengintegrasikan semua metode pembayaran nontunai di Indonesia.

Adapun yang dimaksud kode QR, yakni barcode dua dimensi berbentuk titik-titik dan spasi putih. Dalam kode QR biasanya terdapat 2089 digit atau 4289 karakter, meliputi tanda baca maupun karakter spesial. Jadi, jika Anda ingin menggunakan kode QR dari QRIS untuk pembayaran, harus memindainya terlebih dahulu.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan QR Code dan Barcode!

Metode Paylater

Paylater merupakan metode pembayaran yang menawarkan pembelian sekarang dengan pembayaran di bulan depan. Anda bisa menemukan paylater di marketplace dan aplikasi financial technology.

Sebenarnya, paylater adalah salah satu inovasi layanan fintech lending untuk memberikan fasilitas pembayaran nontunai dengan metode cicilan. Cara kerjanya mirip kartu kredit, tetapi hanya bisa dilakukan melalui aplikasi terkait. Anda pun harus belanja di aplikasi tersebut supaya dapat memanfaatkan saldo paylater

Baca juga: Mirip-Mirip Sih, Tapi Paylater dan Pinjol Itu Beda Loh!

Metode Payment Link

Layanan payment link

Payment link bisa dinikmati oleh Anda yang menggunakan layanan BCA. Bentuknya berupa link pembayaran e-commerce yang dikirimkan melalui email. Proses ini tergolong aman karena link dibuat tanpa mengubah web merchant. Selain itu, transaksinya dilengkapi OTP dan 3D secure. 

Baca juga: Kenali Apa itu Payment Link untuk Usaha agar Nambah Cuan

Metode Split Payment

Mengenal apa itu split payment

Split payment merupakan pembagian cara bayar dengan menggunakan lebih dari satu sumber dana untuk menyelesaikan satu transaksi.

Sebagai contoh, Anda survei ke beberapa toko komputer, kemudian menemukan satu yang tepat karena menerima metode pembayaran tunai dan nontunai. Pihak toko memberikan penawaran pembayaran komputer seharga 8 juta untuk memakai metode split payment.

Jadi, Anda bisa melunasi separuh pembayaran secara tunai, misalnya sebesar Rp3 juta. Sementara itu, sisanya dicicil dalam jangka waktu sesuai kesepakatan dengan pihak toko.

Metode Cash On Delivery (COD)

Layanan cash on delivery

Seiring meningkatnya minat belanja online, metode COD pun makin diminati oleh konsumen. Dengan metode ini, konsumen bisa membeli barang dari merchant tanpa harus membayar di awal. Pembayaran dilakukan saat barang sampai di tujuan. Biasanya, uang pembayaran diterima langsung oleh kurir yang mengantar barang pesanan Anda.

Baca juga: 7 Tips COD untuk Pembeli, Dijamin Gak Bakal Kena Tipu!

Setelah menerima pembayaran, kurir menyerahkan dana kepada kantor ekspedisi untuk diteruskan kepada online shop atau marketplace terkait. Nantinya, penjual di marketplace menerima dana ketika pembeli mengkonfirmasi sudah menerima barang pesanannya.

Baca juga: Takut Dihipnotis Pembeli? Ini 7 Tips COD untuk Penjual

Itulah pembahasan singkat seputar 11 metode pembayaran online yang mudah diterapkan kapan pun di berbagai tempat. Kini, untuk memudahkan pembayaran online, platform YUKK menghadirkan beragam online payment dan metode pengiriman dana. Untuk mengakses semua fiturnya, Anda dapat mengakses situs YUKK Payment Gateway

Baca juga: Lewat Satu Gateway, YUKK Merchant Bikin Bisnis Jadi Tak Rumit

2
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry