9 Cara Menghemat Tagihan PDAM Rumah, Gampang & Sederhana

Penjelasan cara menghemat air di rumah yang praktis dan mudah untuk dilakukan

Pengetahuan tentang cara menghemat air di rumah bukan hanya sebagai upaya kecintaan terhadap bumi. Di waktu yang sama, Anda juga perlu menerapkannya biar dapat menghemat pengeluaran bulanan karena tagihan PDAM yang berkurang. Dengan begitu, Anda punya dana ekstra untuk kebutuhan penting lainnya. 

Baca juga: Punya Gaji Kecil? Ini Cara Efektif Mengumpulkan Dana Darurat

Ada banyak metode yang bisa Anda praktekkan ketika ingin melakukan penghematan penggunaan air di dalam rumah. Beberapa metode tersebut di antaranya adalah: 

Perbaiki Keran yang Bocor Secepat Mungkin

Cara pertama yang perlu Anda lakukan untuk menghemat air di rumah adalah dengan melakukan pemeriksaan terkait kebocoran pipa dan keran. Apalagi, kalau kebocoran itu terjadi setelah air melewati meteran PDAM. Anda perlu segera memperbaikinya. 

Kebocoran pada instalasi air di rumah, baik yang berukuran kecil maupun besar, dapat berpengaruh pada tagihan PDAM. Apalagi, kebocoran tersebut membuat air bersih dari PDAM terbuang sia-sia. 

Mematikan Keran Air saat Tidak Digunakan

Banyak orang sering lupa kalau ada keran terbuka di rumah dan membiarkan air meluber sehingga terbuang. Bayangkan kalau air dari keran tersebut mengalir selama berjam-jam. Seberapa banyak air yang Anda buang karena kebiasaan lupa tersebut? 

Oleh karenanya, tips penting dalam cara menghemat air di rumah yang harus Anda terapkan adalah membiasakan untuk mematikan keran air. Apalagi, ketika Anda dalam kondisi tidak menggunakannya. Dengan begitu, risiko air terbuang bisa Anda minimalkan. 

Kurangi Waktu Mandi

Mengurangi waktu mandi merupakan salah satu contoh cara menghemat air di rumah

Berlama-lama di kamar mandi ketika cuaca panas memang menyegarkan. Namun, Anda perlu menghindari kebiasaan tersebut kalau ingin menerapkan cara menghemat air di rumah dengan benar. Mandi terlalu lama bisa membuat tagihan PDAM membengkak. Apalagi, kalau Anda memakai kamar mandi dengan air shower

Gunakan Shower daripada Bathtub

Mandi dengan air shower terlalu lama memang bikin boros tagihan PDAM. Meski begitu, Anda perlu tahu kalau penggunaan air shower relatif lebih hemat dibanding penggunaan kamar mandi dengan bathtub

Saat mandi menggunakan shower, Anda bisa mematikan keran saat tak digunakan. Situasinya akan sangat berbeda kalau Anda mandi dengan bathtub. Anda perlu terlebih dahulu mengalirkan air dalam jumlah banyak ke bathtub

Sebagai tambahan, para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak mandi terlalu lama, maksimal 10 menit. Selain dapat membuang-buang waktu, mandi terlalu lama juga berisiko membuat kulit Anda jadi lebih kering. 

Gunakan Shower Head yang Hemat Air

Cara menghemat air di rumah berikutnya adalah dengan memperhatikan pemilihan shower head kamar mandi. Jangan sembarangan dalam menggunakan shower head. Sebagai pertimbangan terbaik, pilih shower head yang disertai dengan fitur hemat air. 

Shower head yang dilengkapi dengan fitur penghemat air memang memiliki harga relatif lebih mahal. Namun, penggunaannya bisa membantu Anda dalam menekan pengeluaran untuk tagihan PDAM dalam jangka panjang. 

Memasang Toilet yang Hemat Air

Memasang serta menggunakan toilet hemat air merupakan salah satu contoh cara menghemat air di rumah

Tips selanjutnya kalau Anda ingin mempraktekkan cara menghemat air di rumah adalah dengan memperhatikan penggunaan toilet. Terkait pemasangan toilet hemat air, ada dua tips yang perlu Anda perhatikan, yaitu: 

  • Gunakan toilet dengan sistem dual flush. Dual flush memungkinkan Anda untuk menyiram air sesuai kebutuhan. Apalagi, beberapa produk tolet modern mempunyai sistem 3:4,5 liter dual flush yang hemat air. Dengan sistem flush ini, Anda tidak perlu mengeluarkan air dalam jumlah banyak untuk setiap penyiraman. 
  • Perbaiki setiap kebocoran di toilet. Instalasi air di toilet harus bebas bocor. Setiap tetes air sangat berharga dan berisiko menambah beban tagihan PDAM bulanan. Jadi, lakukan pemeriksaan rutin dan perbaiki setiap adanya kebocoran di toilet. 

Gunakan Ember saat Mencuci Mobil atau Motor

Mencuci kendaraan bermotor dengan semprotan air memang praktis dan nyaman. Namun, metode ini bukanlah cara menghemat air di rumah yang tepat. Alih-alih hemat, Anda bakal boros dan membuang air dalam jumlah cukup banyak. 

Sebagai gantinya, biasakan untuk mencuci mobil atau sepeda motor dengan ember. Cara seperti ini membuat Anda bisa menggunakan air untuk mencuci secara optimal dan sekaligus menghemat. 

Jangan Mencuci Pakaian yang Sedikit dengan Menggunakan Mesin Cuci

Penggunaan air yang hemat dapat pula Anda terapkan ketika ingin mencuci menggunakan mesin cuci. Banyak orang terbiasa untuk ‘mencicil’ cucian sedikit demi sedikit. Tujuannya, biar tidak menghabiskan waktu karena tumpukan cucian yang terlalu banyak. 

Namun, Anda perlu sadar kalau kebiasaan mencuci pakaian dalam jumlah sedikit dengan mesin cuci sangat boros air. Padahal, Anda bisa melakukan penghematan air dengan memaksimalkan kapasitas penggunaan mesin cuci tersebut. 

Gunakan Air Hujan untuk Menyiram Tanaman atau Membersihkan Halaman

Air hujan adalah termasuk salah satu anugerah besar dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karenanya, Anda perlu memaksimalkan anugerah tersebut secara maksimal. Alih-alih mengalirkannya ke selokan, pertimbangkan untuk menampung air hujan. 

Selanjutnya, air hujan yang berhasil Anda tampung bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Contohnya adalah ketika Anda ingin menyiram tanaman atau membersihkan halaman. 

Itulah 9 tips yang dapat Anda terapkan kalau ingin menghemat tagihan bulanan PDAM. Dengan cara itu, Anda dapat mengatur keuangan dengan lebih baik dan punya dana ekstra yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan mendesak lain. 

Selain info tentang cara menghemat tagihan PDAM, ada informasi tambahan yang perlu Anda tahu. Khususnya, bagi Anda yang saat ini mempunyai usaha sendiri. Info tersebut adalah terkait layanan YUKK Payment Gateway yang bisa bantu usaha Anda lebih berkembang. 

YUKK adalah platform payment gateway terbaik untuk UMKM Indonesia yang membantu dalam menyediakan sistem pembayaran canggih dan modern. Dengan YUKK Payment Gateway, Anda dapat melayani berbagai cara pembayaran cukup dengan satu layanan. Praktis!

Yuk, mulai gunakan YUKK Payment Gateway untuk kemajuan usaha Anda

Baca juga: Bukan Payment Gateway Biasa, Intip 9 Fitur Aplikasi YUKK Ini

Sediakan Pembayaran Paling Hemat untuk Para Pelaku Usaha dengan YUKK Payment Gateway

Sebagai pelaku usaha, Anda akan selalu menimbang untuk menggunakan layanan dengan biaya yang lebih murah untuk menekan biaya operasional dalam berbisnis. Namun, tidak jarang, dengan biaya layanan yang lebih murah, layanan yang diberikan juga tidak sebaik dengan harga yang lebih mahal. YUKK Payment memberikan layanan dengan biaya yang terjangkau, transparan, dan metode yang mudah. Layanan yang diberikan oleh YUKK Payment Gateway sangat lengkap dan dapat mendukung perkembangan bisnis kamu.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
1
angry