Biar Hidup Gak Sengsara, Simak 7 Cara Siapkan Dana Pensiun!

Penjelasan macam-macam cara mempersiapkan dana pensiun

Setiap orang harus tahu cara mempersiapkan dana pensiun. Keberadaan dana pensiun bisa menjadi sumber dana ketika Anda sudah tak lagi memiliki penghasilan atau tak mampu bekerja. Berkat adanya dana pensiun yang mencukupi, Anda bisa hidup dengan nyaman saat usia lanjut. 

Ancaman hidup sengsara ketika memasuki usia pensiun bukanlah isapan jempol belaka. Banyak kisah nyata di sekitar masyarakat yang menunjukkan fenomena seperti itu. Mereka yang dulunya hidup berkecukupan saat masih muda, harus rela berkutat dengan kesengsaraan ketika berusia lanjut. Anda tak ingin seperti itu, kan? 

Oleh karena itu, Anda perlu memahami betul pentingnya mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Anda bisa mulai mengumpulkan dana tersebut dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 

Hitunglah Kebutuhan Dana Pensiun

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam upaya mempersiapkan dana pensiun adalah dengan melakukan perhitungan kebutuhan biaya hidup saat pensiun. Anda dapat menghitungnya dengan mempertimbangkan seberapa besar pengeluaran rutin setiap bulannya. Selain itu, hitung pula besar penghasilan yang Anda peroleh saat pensiun. 

Lewat perhitungan tersebut, Anda bisa mendapatkan gambaran jelas mengenai kebutuhan besaran dana pensiun. Selanjutnya, Anda dapat melakukan estimasi seberapa besar dana yang perlu disisihkan dan seberapa lama waktu pengumpulan dana tersebut. 

Buatlah Rencana Prioritas Kebutuhan

Anda sudah memiliki data tentang kebutuhan dana pensiun. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penyusunan rencana keuangan bulanan. Perencanaan keuangan ini perlu Anda lakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar uang yang bisa Anda sisihkan untuk dana pensiun tanpa mengganggu kondisi keuangan. 

Dalam penyusunan rencana keuangan tersebut, jangan lupa pula untuk memperhatikan kebutuhan lain yang tak kalah penting. Sebagai contoh, biaya hidup, dana pendidikan anak, asuransi kesehatan, serta dana darurat. Pastikan Anda mengalokasikan sebagian uang untuk berbagai kebutuhan yang tak kalah pentingnya tersebut. 

Baca juga: Gampang dan Efektif, Ini 7+ Tips Mengelola Keuangan Pribadi

Carilah Sumber Pendapatan Tambahan

Mencari sumber pendapatan tambahan untuk mempersiapkan dana pensiun

Dengan begitu banyaknya kebutuhan, Anda berpikir kalau cara mempersiapkan dana pensiun dengan penghasilan yang ada sekarang sangatlah mustahil. Oleh karena itu, Anda perlu mencari penghasilan ekstra. 

Penghasilan ekstra bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara. Kalau saat ini Anda berstatus sebagai karyawan, bisa mengajukan kerja lembur ekstra kepada perusahaan. Cara alternatif, Anda dapat menjalankan usaha sampingan. 

Ada banyak usaha sampingan yang menjanjikan peluang penghasilan menjanjikan. Sebagai contoh, Anda dapat membuka toko kelontong di rumah. Cara lain, bisa pula memanfaatkan waktu senggang untuk menawarkan jasa freelance sesuai keahlian. 

Lunasi Utang

Dalam tahapan cara mempersiapkan dana pensiun, jumlah pengeluaran rutin bakal bertambah karena harus menyisihkan uang untuk keperluan pensiun. Cara mengatasinya tidak hanya dengan mencari penghasilan tambahan, tetapi juga bisa Anda lakukan dengan memprioritaskan pelunasan utang

Prioritas pelunasan utang bertujuan biar Anda bisa mengurangi pengeluaran akibat pembayaran cicilan. Selain itu, pastikan untuk melakukan pembayaran tagihan utang tepat waktu sebelum jatuh tempo. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan pembayaran beban biaya tambahan berupa denda ataupun bunga. 

Baca juga: Orang Kaya Banyak Hutang, Tapi Malah Tambah Kaya, Kok Bisa?

Sisihkan Uang untuk Berinvestasi

Menyisihkan uang untuk berinvestasi guna mempersiapkan dana pensiun

Hal penting yang tak boleh Anda lewatkan dalam cara mempersiapkan dana pensiun adalah mulai berinvestasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda laksanakan, termasuk di antaranya adalah investasi emas, reksadana, saham, crypto, maupun properti

Sebagai langkah awal, mulai lakukan investasi dengan dana kecil. Selanjutnya, biasakan untuk menginvestasikan kembali keuntungan yang Anda dapatkan sehingga bisa mendapatkan keuntungan berupa efek compounding

Investasi memberikan manfaat yang besar sebagai persiapan tambahan dalam memasuki usia pensiun. Keberadaan aset investasi memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan penghasilan pasif secara rutin. 

Terkait pemilihan aset investasi, utamakan pilihan pada kelas aset dengan tingkat risiko rendah dan menawarkan untung secara jangka panjang. Di waktu yang sama, Anda juga perlu mempertimbangkan ketersediaan dana  investasi yang dimiliki. 

Mulailah Menabung Sedari Dini

Langkah berikutnya dalam upaya persiapan memasuki pensiun adalah dengan menabung sejak dini. Anda perlu bersikap disiplin dengan menyisihkan sebagian uang untuk tabungan. Kalau perlu, Anda bisa pula memilih produk perbankan berupa deposito. 

Penggunaan tabungan deposito untuk mengumpulkan dana pensiun akan memaksa Anda untuk disiplin menabung. Selain itu, deposito juga membuat Anda tidak bisa melakukan penarikan dana sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan. 

Tabungan deposito ini tidak hanya bisa Anda manfaatkan sebagai dana pensiun. Namun, bisa pula dipersiapkan sebagai dana darurat maupun modal untuk usaha. Kalau menggunakannya sebagai modal usaha, pastikan Anda mempunyai bisnis plan yang matang, ya. 

Evaluasi Rencana Pensiun Secara Berkala

Tips terakhir yang bisa Anda terapkan dalam cara mempersiapkan dana pensiun adalah dengan melakukan evaluasi berkala terhadap rencana pensiun. Evaluasi berguna untuk melakukan penilaian terhadap efektivitas rencana pengumpulan dana pensiun yang tengah berjalan. 

Dari hasil evaluasi tersebut, Anda bisa melakukan perbaikan terhadap hal-hal yang dianggap masih memiliki kelemahan. Lakukan evaluasi secara berkala sehingga Anda bisa menjalankan upaya persiapan pensiun dengan matang. 

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara melakukan persiapan dana pensiun sejak dini, kan? Anda bisa memulainya sekarang juga. Dengan begitu, dana pensiun bisa terkumpul lebih cepat dan Anda bisa menjalani masa-masa pensiun dengan tenang. 

Selain hal terkait pengumpulan dana pensiun, ada info tambahan tentang upaya meningkatkan efektivitas bisnis. Caranya, Anda bisa memanfaatkan layanan pembayaran modern dari YUKK

YUKK adalah platform payment gateway terbaik yang secara khusus dirancang sesuai kebutuhan para pelaku UMKM di Indonesia. Dengan YUKK, Anda bisa menerima berbagai jenis pembayaran nontunai cukup dengan satu layanan. Praktis dan ekonomis. 

Baca juga: Daftar Aplikasi Yukk, Bikin Belanja dan Transfer Nggak Ribet Lagi

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry