Biar Gak Mati Kelaparan, Ini Cara Hemat Uang Bulanan Anak Kost!

Tinggal di kost dan jauh dari orang tua memang membuat Anda bisa hidup lebih mandiri. Anda bisa bebas melakukan apa saja tanpa ada larangan ataupun aturan ketat orang tua. Namun, Anda juga perlu tahu strategi cara hemat uang bulanan anak kost. Tak ingin uang habis secara tiba-tiba di tengah bulan, kan? 

Permasalahan keuangan pada anak kost merupakan problem klasik. Problem ini muncul di hampir setiap anak kost, baik mereka yang sudah bekerja ataupun masih menggantungkan hidupnya dari kiriman uang orang tua. Oleh karenanya, Anda perlu menyiapkan strategi yang tepat biar uang yang dimiliki cukup untuk biaya hidup selama satu bulan. 

Ada 7 tips sederhana yang bisa Anda terapkan sebagai solusi cara hemat uang bulanan anak kost, yakni: 

Buatlah Rencana Anggaran Kebutuhan Bulanan

Strategi pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyusun rencana anggaran bulanan. Keberadaan rencana anggaran bulanan sangat penting. Tujuannya adalah untuk mengatur pengeluaran biar Anda tidak terlalu boros sampai-sampai kehabisan uang di akhir bulan. 

Dalam penyusunan rencana anggaran bulanan tersebut, Anda perlu mencermati setiap pengeluaran. Susun daftar pengeluaran rutin setiap bulannya. Selanjutnya, Anda perlu memangkas jenis pengeluaran yang dianggap tidak terlalu penting dan sifatnya hanya untuk senang-senang. Utamakan pengeluaran yang penting-penting saja. 

Hemat Penggunaan Listrik Jika Tidak Digunakan

Sebagai anak kost, Anda perlu memperhatikan penggunaan listrik. Apalagi, kalau kamu menempati rumah kost yang menggunakan sistem pembayaran listrik terpisah dan dilengkapi dengan meteran sendiri. Oleh karena itu, Anda harus membiasakan pemakaian listrik secara hemat biar tidak ada pembengkakan pengeluaran. 

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pemakaian listrik di kost. Untuk sarana penerangan, pertimbangkan untuk memakai lampu LED. Selain itu, biasakan mematikan lampu saat siang hari. Selain itu, matikan peralatan elektronik yang tak digunakan serta memilih AC yang dilengkapi teknologi inverter hemat listrik. 

Baca juga: 9 Tips Menghemat Tagihan PDAM Rumah, Gampang & Sederhana

Biasakan Masak Makanan Sendiri

Salah satu pengeluaran bulanan yang cukup besar untuk anak kost adalah makanan. Hitung seberapa besar uang untuk keperluan membeli makanan di luar setiap harinya. Padahal, kamu bisa melakukan penghematan pengeluaran dengan jumlah yang cukup signifikan dengan memilih untuk memasak makanan sendiri. 

Oleh karena itu, belajar memasak mulai dari sekarang. Tak perlu masak makanan wah yang dibuat dengan bahan-bahan premium. Anda bisa memulainya dengan jenis masakan sederhana yang bisa dibuat dengan mudah. Kalau sudah terbiasa, Anda bisa meracik menu yang lebih kompleks dengan memakai bahan-bahan yang mudah didapatkan. 

Kurangi Jajan atau Nongki

Nongki sore atau malam hari memang enak. Apalagi, kalau Anda melakukannya bersama teman akrab atau sahabat. Namun, Anda harus paham jika kebiasaan seperti ini sangat menguras isi kantong. Apalagi, kalau Anda punya kebiasaan nongki secara rutin di tempat-tempat yang mahal. 

Oleh karena itu, mulai sekarang biasakan untuk mengurangi aktivitas nongki-nongki santai. Ubah kebiasaan tersebut menjadi aktivitas lain yang lebih bermanfaat dan bisa Anda lakukan dengan murah. Sebagai contoh, Anda dapat memilih aktivitas olahraga sore di taman, jalan kaki, dan lain semacamnya. 

Manfaatkan Promo Diskon Belanja

Cara hemat uang bulanan anak kost selanjutnya adalah mengubah kebiasaan belanja. Biasakan untuk memanfaatkan momen promo ketika belanja. Luangkan sedikit waktu untuk mencari tempat belanja yang sering mengadakan promo, baik offline maupun online

Hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika berburu promo adalah memahami harga asli dari setiap barang. Dengan begitu, Anda bisa tahu kalau promo yang tengah berlangsung benar-benar menawarkan harga hemat, bukan sekadar gimmick

Kurangi Pembelian Barang-barang yang Tidak Perlu

Langkah selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk menghemat uang bulanan anak kost adalah dengan mengontrol kebiasaan belanja. Hal yang kerap terjadi, seseorang punya kebiasaan belanja berlebihan sampai-sampai membeli barang yang sejatinya tak mereka butuhkan. 

Kebiasaan belanja secara berlebihan tersebut bisa muncul secara impulsif. Apalagi, kalau Anda mendapatkan penawaran promo atau diskon besar-besaran. Oleh karena itu, hindari kebiasaan belanja yang impulsif. Pertimbangkan kembali kebutuhan Anda sebelum membeli suatu barang.

Sisihkan Uang untuk Menabung

Tips terakhir dalam cara hemat uang bulanan anak kost adalah dengan menyisihkan sebagian uang untuk tabungan. Anda tak perlu menyisihkan uang terlalu banyak. Sebagai contoh, Anda bisa mulai dengan menabung setidaknya Rp50 ribu setiap bulannya. 

Kebiasaan menabung sangat penting bukan hanya untuk mengatur keuangan bulanan. Namun, Anda juga bisa memperoleh manfaatnya sebagai persiapan menghadapi berbagai situasi di masa depan. Contohnya, ketika Anda butuh dana secara mendadak atau menggunakannya untuk pembayaran biaya kuliah. 

Baca juga: Punya Gaji Kecil? Ini Cara Efektif Mengumpulkan Dana Darurat

Itulah tips terkait cara hemat uang bulanan anak kost. Dengan menerapkan tips tersebut, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam pengelolaan keuangan. Apalagi, kemampuan dalam mengelola keuangan bisa memberikan banyak manfaat. Tak hanya untuk kehidupan pribadi, tetapi juga bisa menunjang kelancaran karier Anda di masa mendatang. 

Sebagai informasi tambahan, bagi Anda yang saat ini mempunyai usaha sendiri, ada tips menarik yang tak boleh dilewatkan. Tips tersebut adalah terkait penggunaan layanan payment gateway modern dan praktis dengan memanfaatkan YUKK Payment. YUKK Payment memungkinkan Anda menerima pembayaran dengan mudah. 

YUKK Payment merupakan fasilitas payment gateway terbaik yang dirancang secara khusus untuk UMKM di Indonesia. Dengan YUKK Payment, Anda bisa memproses berbagai jenis pembayaran, seperti kartu kredite-walletvirtual account, maupun QRIS cukup dengan satu layanan. Praktis dan mudah. 

Baca juga: 9 Alasan Pilih Yukk untuk Bisnis, Bayar Mudah Pelanggan Betah

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry