Ini 6 Cara Beli Saham Luar Negeri Terpraktis dan Termudah!

Penjelasan cara membeli saham luar negeri yang praktis dan mudah

Menjadi seorang investor saham menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Apalagi, kalau Anda punya saham di perusahaan besar seperti Google, Apple, Microsoft, ataupun Amazon. Namun, tahukah Anda kalau saat ini ada banyak cara beli saham luar negeri yang bisa mewujudkan keinginanmu untuk menjadi investor perusahaan besar dengan mudah. 

Ada banyak metode yang bisa Anda pilih untuk menjadi investor saham di perusahaan luar negeri. Pilihannya antara lain adalah: 

Melalui Broker Saham Internasional

Metode pertama cara membeli saham luar negeri yang dapat Anda pilih adalah dengan memanfaatkan jasa dari berbagai perusahaan broker saham luar negeri. Untuk memulai aktivitas transaksi pembelian saham luar negeri, Anda hanya perlu melakukan pembukaan rekening saham di perusahaan broker tersebut. 

Hanya saja, Anda perlu cermat dalam memilih perusahaan broker saham luar negeri. Pastikan bahwa perusahaan itu memiliki lisensi dan punya reputasi yang bagus. Sebagai referensi, ada beberapa nama broker yang bisa Anda pertimbangkan, di antaranya adalah: 

  • Interactive Brokers
  • Saxo Bank
  • eToro
  • TradeStation 
  • JP Morgan

Melalui ETF (Exchange-Traded Fund)

Membeli saham luar negeri dengan memanfaatkan ETF

Selanjutnya, Anda bisa mencoba cara membeli saham luar negeri dengan memanfaatkan ETF atau Exchange-Traded Fund. ETF mempunyai prinsip yang mirip dengan reksadana dan merupakan kumpulan dari beberapa jenis investasi saham. Namun, berbeda dengan reksadana, Anda dapat menjumpai aktivitas perdagangan ETF di bursa efek. 

Ada 2 cara yang bisa Anda pilih untuk membeli ETF, yaitu: 

  • Lewat dealer partisipan pada pasar primer. Transaksi ETF di pasar primer melibatkan nominal sangat besar. Alasannya, karena transaksi berlangsung menggunakan satuan unit kreasi yang nilainya setara 100 ribu unit penyertaan. 
  • Lewat broker atau sekuritas di pasar sekunder. Pada jalur transaksi ini, proses jual beli ETF dapat berlangsung dengan nominal kecil. Anda bisa membeli ETF dengan satuan lot yang setara 100 unit penyertaan. 

Melalui Reksadana Global

Berikutnya, ada pertimbangan untuk memilih investasi reksadana global. Instrumen investasi ini tak ubahnya seperti reksadana biasa. Hanya saja, aktivitas investasi berbasis pada efek di luar negeri. 

Seperti halnya ketika Anda berinvestasi reksadana biasa, aktivitas investasi reksadana global dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan jasa manajer investasi. Oleh karena itu, pengelolaannya dapat berlangsung secara profesional. 

Cara mendapatkan reksadana global sangat mudah. Anda bisa menggunakan layanan berbagai aplikasi trading atau investasi yang ada di PlayStore ataupun AppStore. 

Melalui ADR (American Depositary Receipt)

Membeli saham luar negeri dengan memanfaatkan ADR

Cara membeli saham luar negeri dapat pula Anda lakukan dengan memiliki ADR atau American Deposito Receipt. Dalam pengertiannya, ADR merupakan sertifikat atau bukti kepemilikan saham di perusahaan tertentu di luar negeri yang penyimpanannya berada di bank di Amerika Serikat. 

ADR hanya dapat dikeluarkan oleh bank di Amerika Serikat untuk saham yang diperdagangkan di bursa efek negara tersebut, termasuk adalah NYSE, American Stock Exchange (AMEX), serta Nasdaq. Kepemilikannya bisa memberikan keuntungan dalam bentuk capital gain maupun dividen berupa uang dolar Amerika. 

Baca juga: 7 Tips Biar Dapat Untung Maksimal dari Investasi Saham

Cara mendapatkan ADR relatif mudah. Anda bisa membelinya dengan memanfaatkan jasa broker atau sekuritas Amerika Serikat. Ketika ingin berinvestasi saham melalui ADR, Anda perlu memahami pembagian jenisnya sebagai berikut: 

  • ADR Tidak Bersponsor

Jenis ADR ini tak mempunyai keterkaitan, partisipasi, ataupun izin dari perusahaan asing. Tak menutup kemungkinan, Anda bisa menemukan ADR tak bersponsor sebuah perusahaan yang diterbitkan oleh beberapa bank berbeda di Amerika Serikat. 

  • ADR Bersponsor

Dalam proses penerbitannya, perusahaan asing mempunyai kendali atas setiap ADR bersponsor. Pihak perusahaan melakukan pembayaran kepada bank dan selanjutnya bank bertugas untuk menangani transaksi yang berlangsung dengan investor. 

Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa ada tingkatan ADR, mulai dari level I, II, hingga III. Semakin tinggi tingkatan ADR, nilainya juga semakin besar dan lebih menjanjikan. Sementara itu, ADR dengan tingkatan yang rendah mempunyai tingkat spekulasi yang tinggi. 

Baca juga: Ini 8 Alasan Kenapa Harga Saham Naik Turun Menurut Pakar

Melalui Aplikasi Trading dan Investasi

Ada pula pilihan cara beli saham luar negeri dengan memanfaatkan aplikasi trading dan investasi. Aplikasi semacam ini bisa Anda temukan dengan gampang dan menyediakan kemudahan untuk melakukan transaksi saham, baik saham dalam negeri maupun luar negeri. Aplikasi-aplikasi tersebut membantu Anda dalam menemukan pilihan saham beserta broker yang dapat digunakan. 

Sebagai referensi, beberapa aplikasi yang menyediakan fasilitas pembelian saham luar negeri di antaranya adalah: 

  • Schwab Mobile
  • Thinkorswim
  • E*Trade
  • TradingView
  • Pluang
  • Investing.com
  • Nanovest

Baca juga: Trading Jadi Solusi Kalau Ingin Kaya dengan Instan, Benarkah?

Melalui Investasi di Pasar Saham Indonesia 

Terakhir, dapat mencoba cara membeli saham luar negeri dengan memanfaatkan layanan Bursa Efek Indonesia (BEI). Hanya saja, metode ini berlaku untuk perusahaan luar negeri yang telah mencatatkan saham perusahaannya di BEI. Oleh karena itu, pilihan saham perusahaan luar negeri yang bisa Anda temukan pun sangat terbatas. 

Baca juga: 8 Strategi Memilih Saham untuk Pemula, Biar Cuan Banyak!

Nah, sekarang Anda sudah tahu berbagai cara beli saham luar negeri yang praktis, kan? Hanya saja, Anda perlu paham kalau investasi saham perusahaan mancanegara mempunyai tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan domestik. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan modal lebih besar. 

Menggunakan API dari YUKK Payment Gateway untuk Bisnis Anda

YUKK Payment API adalah salah satu fitur unggulan dari YUKK Payment Gateway, di mana pengguna dapat menggunakan layanan pembayaran YUKK Payment Gateway dengan tetap mempertahankan sistem yang sudah dibangun pengguna.  Dengan menggunakan YUKK Payment API, Anda dapat mempermudah pembayaran dalam bisnis Anda. YUKK Payment API dapat disambungkan ke dalam sistem pembayaran Anda, sehingga layanan bisnis Anda menjadi lebih mudah digunakan. Beberapa fitur dari YUKK Payment API:

User Wallet: API untuk menampilkan Saldo YUKK Cash, riwayat pembayaran dan isi ulang, serta panduan top up (deposit saldo) milik pengguna. Terdapat juga API untuk melepaskan ikatan akun YUKK dari aplikasi Anda (API Wallet Disconnect).

Payment – YUKK: API yang diminta oleh mitra untuk memulai pembayaran pengguna menggunakan dompet YUKK untuk beberapa layanan: push-to-pay, pengguna dapat membayar dari aplikasi YUKK.

Payment – QRIS: API untuk membaca string QRIS yang dipindai oleh kamera, sehingga pengguna dapat menyelesaikan pembayaran QRIS melalui webview yang tertanam pada aplikasi.

Sebagai tambahan, ada informasi menarik bagi Anda yang memulai usaha sendiri. Pemanfaatan teknologi menjadi aspek penting dalam menunjang kelancaran usaha. Apalagi, saat ini zamannya sistem pembayaran online yang praktis dan modern. Solusi terbaiknya bisa Anda dapatkan dari YUKK Payment Gateway. 

YUKK menyediakan layanan payment gateway terbaik untuk para pelaku UMKM di Indonesia. Dengan YUKK Payment Gateway, Anda dapat melayani berbagai metode pembayaran digital dengan mudah. Yuk, mulai manfaatkan YUKK Payment Gateway untuk kemajuan usaha Anda!

Baca juga: Lewat Satu Gateway, YUKK Merchant Bikin Bisnis Jadi Tak Rumit

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry