Lewat Satu Gateway, YUKK Merchant Bikin Bisnis Jadi Tak Rumit

Cara menggunakan aplikasi yukk merchant

YUKK Merchant Bikin Bisnis Jadi Tak Rumit

YUKK Payment Gateway merupakan payment gateway yang mulai digunakan oleh banyak pelaku usaha, baik yang berskala besar maupun berskala kecil di Indonesia. YUKK Payment Gateway menyediakan banyak metode penerimaan pembayaran, mulai dari QRIS hingga virtual account. Banyaknya metode penerimaan pembayaran ini tentu saja mempermudah para pelanggan/pembeli melakukan transaksi.

Untuk mempermudah para pengusaha dalam memantau transaksi, diluncurkanlah aplikasi YUKK Merchant. Sebagai bagian dari YUKK Payment Gateway, aplikasi YUKK Merchant membantu para pengusaha/pedagang untuk melihat transaksi secara real-time. Aplikasi ini juga bisa menggantikan mesin POS (point-of-sales). Setelah membaca artikel ini, kamu akan memahami cara menggunakan YUKK Merchant untuk kepentingan bisnismu.

Mengapa Harus Online Merchant?

Sebagai pelaku usaha pada era digital, terjun ke dalam ekosistem digital adalah sebuah keharusan. Sudah saatnya mengubah pola bisnis yang fokus pada offline merchant menjadi online merchant. Hanya dengan cara ini, para pelaku usaha bisa bersaing di pasar global.

Mengapa harus beralih dari offline merchant ke online merchant? Karena dalam ekosistem digital, semua hal bisa dilakukan secara online. Mulai dari pemasaran hingga pembayaran. Pelaku usaha bisa menyediakan berbagai metode pembayaran yang mempermudah pembeli melakukan transaksi.

Dengan memiliki online merchant, pemilik bisnis juga memperoleh keuntungan tambahan seperti berikut:

  • Menyediakan berbagai metode pembayaran: merchant bisa menerima berbagai jenis pembayaran digital, bahkan dengan menggunakan kartu kredit. Kemudahan transaksi akan memberikan nilai lebih bagi pebisnis di mata konsumen.
  • Terhindar dari uang palsu: karena transaksi diselesaikan secara digital, pebisnis pun tidak perlu khawatir akan menerima uang palsu. Uang akan langsung masuk ke dalam rekening.
  • Kemudahan penyusunan laporan finansial: dengan memanfaatkan payment gateway, merchant akan dapat menyusun laporan finansial secara otomatis. Dengan demikian, tidak perlu rumit lagi membuatnya secara manual. Kamu bisa mempelajari cara menggunakan aplikasi YUKK Merchant.
  • Meningkatnya kredibilitas: toko yang memiliki website akan dipandang lebih kredibel daripada yang tidak memilikinya. Tambahan lagi, pembeli tidak harus membawa uang tunai untuk berbelanja di online merchant, sehingga terasa lebih memudahkan.
  • Mengikuti perkembangan zaman: banyak pembeli saat ini yang lebih memilih membeli produk secara online daripada harus datang ke toko. Dengan memiliki online merchant, pebisnis pun bisa merangkul generasi online untuk berkunjung dan berbelanja di tokonya.

Kemudahan Menggunakan YUKK Merchant untuk Para Pelaku Usaha

Sebagai pemilik merchant, akan lebih baik jika kamu bisa menyediakan berbagai macam metode pembayaran untuk pelanggan. Kamu tidak harus memiliki semua platform pembayaran. Cukup dengan memilih payment gateway. Pilihlah payment gateway yang selalu siap memberikan support untuk merchant, mudah diintegrasikan, cepat, aman, dan menguntungkan dari segi biaya. Uraian selanjutnya dari tulisan ini akan memaparkan cara menggunakan aplikasi YUKK Merchant.

Baca juga: Mengenal Merchant, Solusi Belanja Antiribet dan Inovatif

Dengan menggunakan YUKK Payment Gateway, segala metode pembayaran digital dapat diwadahi menggunakan satu akun YUKK saja. Untuk akun merchant, kamu pun bisa menikmati fitur YUKK Merchant berikut ini:

  • Instalasi fasilitas payment gateway legal yang diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Kemudahan transaksi dari berbagai metode pembayaran digital. Mulai dari kartu kredit, transfer bank, virtual account, hingga e-wallet. Termasuk di antaranya adalah QRIS, OVO, DANA, Shopeepay, dan LinkAja.
  • Manajemen keuangan yang lebih sederhana karena hanya melewati satu pintu.
  • Seluruh transaksi terpantau secara real-time.
  • Notifikasi muncul segera setelah proses pembayaran selesai dilakukan.
  • Mudah diintegrasikan pada banyak website dalam sebuah bisnis.

Selain itu, dengan menggunakan payment gateway dalam sistem pembayaran, merchant akan mendapatkan tiga jaminan keamanan sebagai berikut:

  • Track record tagihan pelanggan dapat ditelusuri oleh sistem dengan melakukan verifikasi alamat yang tercantum pada kartu resmi yang didaftarkan.
  • Pelanggan harus melakukan verifikasi tiga digit terakhir dari nomor kartu debit ataupun kredit yang akan digunakan untuk transaksi berlangsung.
  • Pelanggan juga wajib melakukan otorisasi pembayaran dengan memasukkan password.

Cara Menggunakan Aplikasi YUKK Merchant

Agar dapat menggunakan aplikasi YUKK Merchant beserta fitur-fitur di dalamnya, kamu bisa melakukan proses instalasi berikut ini.

1. Instal Aplikasi YUKK Merchant 

Agar bisa menggunakan berbagai manfaat YUKK Merchant, kamu perlu menginstal aplikasi ini terlebih dahulu di gadget. Aplikasi ini bisa ditemukan di PlayStore dengan mengetikkan YUKK Merchant di kolom pencarian. Setelah menemukannya, kamu bisa mulai memulai proses instalasi dengan memilih tombol “Instal. Pastikan kapasitas gawaimu masih cukup untuk pemasangan aplikasi ini, ya!

2. Buka Aplikasi YUKK Merchant

Ketika sudah terinstal dengan sempurna, aplikasi bisa mulai digunakan dengan memilih tombol “Buka. Kamu juga bisa membukanya melalui ikon YUKK Merchant di layar telepon pintarmu. 

3. Login dengan Alamat Email yang Sudah Didaftarkan

Apabila kamu sudah memiliki akun di aplikasi YUKK, masuklah ke YUKK Merchant menggunakan alamat email yang sudah pernah didaftarkan. Jika belum, kamu perlu membuatnya terlebih dahulu melalui website https://yukk.co.id. Melalui tautan tersebut, pilih menu “Daftar Sekarang dan lengkapilah semua data yang diminta. Setelah datamu berhasil diverifikasi dan ditinjau, akunmu pun sudah siap digunakan.

4. Fitur-Fitur YUKK Merchant Siap Digunakan

Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi YUKK Merchant, kamu dapat menggunakan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

5. Melihat Seluruh Transaksi secara Real Time

Seluruh transaksi dapat diperhatikan secara langsung di halaman utama YUKK Merchant. Laporan-laporan tersebut merupakan hasil pantauan secara real time. Artinya, laporan-laporan pada halaman utama YUKK Merchant muncul seiring dengan aktivitas transaksi yang tengah dilakukan. 

6. User Bertransaksi dengan Memindai QRIS

Di antara bentuk laporan yang bisa dilihat secara real time, kamu juga bisa memantau saat pengguna melakukan transaksi menggunakan QRIS

7. Notifikasi atas Transaksi di Halaman Utama YUKK Merchant

Begitu transaksi telah berhasil dilakukan, notifikasi pembayaran akan langsung muncul di halaman utama YUKK Merchant. Kamu pun lebih mudah dalam melakukan konfirmasi atau pengecekan atas pembayaran yang dilakukan.

Setelah memahami cara menggunakan aplikasi YUKK Merchant, kamu bisa mulai mendaftarkan bisnis di aplikasi ini. Berbagai transaksi dalam bisnismu pun akan lebih mudah terpantau dan berbagai risiko penipuan juga dapat dihindari.  

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry