Ketahui Apa Itu Bell’s Palsy yang Sempat Viral Melalui TikTok

Ketahui Apa Itu Bell's Palsy yang Sempat Viral Melalui TikTok
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Beberapa waktu lalu, sebuah video viral melalui Tiktok. Dalam video itu, seorang perempuan asal Tangerang Selatan, Banten, mengaku mengalami kelumpuan di sebagian wajahnya. Dia sulit menutup matanya. Senyumannya pun tidak simetris.

“Mata sebelah susah nutup, bibir kanan enggak bisa naik, senyum enggak bisa simetris,” kata pemilik akun TikTok @juliyuliaa itu.

Ketahui Apa Itu Bell's Palsy yang Sempat Viral Melalui TikTok
(Foto: Istimewa)

Setelah menjalani pemeriksaan diketahui bahwa perempuan itu mengidap bell’s palsy. Itu adalah sebuah kondisi ketika otot-toto pada salah satu sisi wajah melemah secara tiba-tiba. Dalam banyak kasus, kelemahan otot-otot ini bersifat sementara dan akan pulih dalam beberapa waktu.

Apa penyebab masalah ini, seperti dikutip dari laman Mayo Clinic, belum diketahui secara pasti. Para ahli menduga bahwa kondisi ini disebabkan oleh pembengkakan dan peradangan pada saraf yang mengontrol otot-otot di salah satu sisi wajah. Gejalanya muncul secara tiba-tiba. Berikut beberapa gejalanya:

  • Tiba-tiba lumpuh total di salah satu sisi wajah;
  • Sulit berekspresi seperti tersenyum;
  • Air liur berlebih;
  • Nyeri di sekitar rahang atau di belakang telinga;
  • Lebih peka terhadap suara;
  • sakit kepala.
Ketahui Apa Itu Bell's Palsy yang Sempat Viral Melalui TikTok
Ilustrasi (Grafis: Istimewa)

Pada umumnya, gejala ini akan membaik dalam beberapa minggu. Pemulihan total berlangsung selama enam bulan. Namun, dalam beberapa kasus, kondisi ini bisa dialami pengidapnya seumur hidup.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry