Kapan Waktunya Mengganti Bra?

Kapan waktunya mengganti bra?
Ilustrasi (Foto: papsemar.com)

Tidak banyak perempuan yang tahu bahwa bra punya masa “batas pakai”. Mereka mengira bahwa karena sama dengan jenis pakaian lain, bra tidak punya masa kedaluwarsa. Lantaran tidak tahu, mereka memakai bra yang sama dalam waktu yang lama.

Ternyata mereka salah. Bra punya masa kedaluwarsa. Sebuah bra hanya bisa dipakai selama 6—8 bulan. Setelah lewat dari periode itu, bra sudah harus diganti dengan yang baru.

Kapan waktunya mengganti bra?
(Foto: hellosehat.com)

Mengapa sebuah bra hanya boleh dipakai selama 6—8 bulan? Karena hal ini berhubungan dengan kondisi bra dan payudara. Bra yang sering dipakai akan mengalami penurunan kualitas bahan. Bentuknya pun berubah setelah 6—8 bulan. Apalagi jika dicuci secara sembarangan.

“Mencuci bra dengan mesin cuci akan lebih mudah membuat bra rusak karena spons di dalam bra bisa longgar dan turun. Untuk mereka yang sering memakai bra yang sama berulang kali, elastisitas karet bra akan lebih mudah berkurang,” kata seorang ahli pakaian dalam Amerika seperti dilansir vemale.com.

Kapan waktunya mengganti bra?
Ilustrasi (Foto: google)

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa bra sudah harus diganti setelah dipakai selama 6—8 bulan. Pertama, adanya sela di antara belahan dada. Sela itu menunjukkan bahwa bra tidak lagi cukup melindungi payudara. Kedua, bra terasa longgar pada bagian bahu. Bra terasa longgar karena tali bra mulai melar. Dan ketiga, bentuk cup bra tidak lagi bulat. Bentuk cup bra yang tidak lagi bulat ini akan sangat mempengaruhi bentuk payudara.

Untuk menghindari berbagai efek negatif yang mungkin saja timbul karena pemakaian bra yang sudah kedaluwarsa itu, ahli pakaian dari Textiles, Paper & Plastics Lab di Good Housekeeping Institute menyarankan perempuan untuk mengganti bra dan pakaian dalam lain setiap 6 bulan sekali. Itu berarti bra dan pakaian dalam lainnya sudah harus diganti setelah 6 bulan sekalipun warnanya masih bagus. Pada akhirnya, bukanlah warna yang mempengaruhi payudara, melainkan bentuk dan ukuran bra.

 

#YUKKpakeYUKK

 

 

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry