Kamu Harus Tahu: Cokelat Panas Bantu Lindungi Jantung Saat Stres

Kamu Harus Tahu: Cokelat Panas Bantu Lindungi Jantung Saat Stres
Segelas cokelat (Foto: Freepik)

“Selama masih ada cokelat, akan selalu ada kebahagiaan.”

 

(Wayne Gerard Trotman)

 

Penulis kelahiran San Fernando, Trinidad, ini bukanlah satu-satunya orang yang memuji cokelat. Hampir semua orang di dunia melakukannya. Mengapa? Karena segela cokelat hangat selalu membuat orang tenang dan bahagia.

Penelitian demi penelitian dilakukan untuk mencari tahu mengapa minum secangkir cokelat bisa membuat hati tenang dan bahagia. Teranyar adalah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari University of Birmingham. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa cokelat panas bisa melindungi jantung itu telah diterbitkan dalam jurnal Nutrients.

Mengapa cokelat panas bisa melindungi jantung? Karena cokelat mengandung flavanol. Semakin tinggi tingkat konsumsi flavanol, semakin kecil terjadi risiko tekanan mental akibat kardiovaskular. Yang termasuk dalam penyakit kardiovaskular adalah penyakit jantung, stroke, dan trombosis.

Kamu Harus Tahu: Cokelat Panas Bantu Lindungi Jantung Saat Stres
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Dalam penelitian ini, para ilmuwan meminta sekelompok pria sehat untuk meminum cokelat dengan kandungan flavanol tinggi 90 menit sebelum menyelesaikan tugas stres mental selama 8 menit. Aliran darah di lengan bawah dan aktivitas kardiovaskular saat istirahat dan selama stress para pria ini diukur. Lalu para ilmuwan menilai seberapa baik pembuluh darah mereka berfungsi hingga 90 menit setelah menjalani tugas yang membuat stres.

Para ilmuwan menemukan fakta ini: pada mereka yang minum kakao, fungsi pembuluh darah kurang terganggu. Flavanol justru membantu meningkatkan aliran darah. Pembuluh darah berfungsi lebih baik pada saat-saat stres mental ketika orang menghirup minuman kakao yang kaya akan flavanol.

Kamu Harus Tahu: Cokelat Panas Bantu Lindungi Jantung Saat Stres
Kakao (Foto: Freepik)

“Kami menemukan bahwa minum kakao yang kaya flavanol dapat menjadi strategi diet yang efektif untuk mengurangi gangguan sementara pada fungsi endotel setelah stres mental dan juga meningkatkan aliran darah selama masa stres,” tulis dr. Catarna Rendeiro, sang penulis utama studi ini.

Dikutip dari Eat This, Not That!, kandungan kakao tampaknya memiliki efek positif pada selaput tipis sel yang dikenal sebagai endotelium yang melapisi jantung dan pembuluh darah. Ketika kinerja endotelium optimal, risiko penyakit pembuluh darah perifer, stroke, penyakit jantung, diabetes, gagal ginjal, pertumbuhan tumor, dan thrombosis bisa berkurang. Bahkan termasuk penyakit infeksi virus yang parah seperti Covid-19.

Kamu Harus Tahu: Cokelat Panas Bantu Lindungi Jantung Saat Stres
Anggur hiram (Foto: Freepik)

Selain dalam kakao, flavanol juga ditemukan dalam banyak buah dan sayuran. Dengan adanya penemuan ini, orang diharapkan meningkatkan asupan yang mengandung flavanol tinggi untuk melindungi pembuluh darah.

“Dosis harian yang diberikan dapat dicapai dengan mengonsumsi berbagai makanan yang kaya flavanol, terutama apel, anggur hitam, blackberry, ceri, raspberry, pir, kacang-kacangan, teh hijau, dan kakao yang belum diolah,” kata Rendeiro.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry