Jangan Sembarangan Mencuci Sneaker!

Jangan Sembarangan Mencuci Sneaker!
Ilustrasi (Foto: Dick’s Pro Tips)

Sneaker adalah salah satu jenis sepatu paling populer saat ini. Sepatu ini disa dipakai untuk berbagai kesempatan. Punya desain yang beragam, sehingga bisa dipadukan dengan berbagai jenis pakaian.

Merawat sepatu ini pun mudah. Hanya perlu dicuci atau dilap jika kotor. Tidak perlu disemir hingga mengilap seperti sepatu kulit.

Mungkin karena kemudahan perawatannya inilah, orang lupa bahwa masing-masing jenis sneaker punya perlakuan yang berbeda. Tidak semuanya harus dan bisa dicuci. Kalaupun dicuci, tidak semuanya bisa sembarang dicuci. Mengapa? Karena jenis bahannya berbeda-beda. Jadi, kalau kamu mau cuci sneaker-mu, yang pertama harus kamu tahu adalah terbuat dari bahan apa sneaker-mu itu.

Berikut ini beberapa cara mencuci sneaker berdasarkan bahannya:

Jaring nilon

Jangan Sembarangan Mencuci Sneaker!
(Foto: sneakerfiles.com)

Sneaker berbahan jaring nilon ini biasanya dipakai mereka yang gemar berlari. Bahannya membuat kulit mudah bernapas. Namun, bahan ini mudah kotor.

Bagaimana membersihkannya? Gunakan sikat kering. Sikat kering efektif untuk membersihkan sepatu lari ini. Jika kamu tidak punya sikat kering, gunakan saja sikat gigi bekas pakai.

Selanjutnya, buatlah pasta dari campuran soda kue dan cuka dan oleskan pada bagian yang sangat kotor. Diamkan selama 15 menit dan gosok sepatu dengan lembut. Sisa pasta dibersihkan dengan lap basah yang lembut. Setelah itu, biarkan sepatu hingga kering.

Kulit sintetis

Jangan Sembarangan Mencuci Sneaker!
(Foto: nidstzerya.xyz)

Banyak orang melakukan kesalahan terhadap sepatu ini. Jangan rendam sneaker berbahan kulit sintetis dalam air bersabun. Seharusnya rendam rendam lap dalam campuran air hangat dan detergen. Lalu ambil lap itu untuk mengelap area sneaker yang kotor. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa detergen dengan lap basah.

Rajut

Jangan Sembarangan Mencuci Sneaker!
(Foto: blackxperience.com)

Jangan kasar memperlakukan sepatu ini! Sneaker berbahan rajut adalah sneaker yang istimewa. Oleh karena itu, jangan sikat, tapi lap dengan lap yang lembut.

Deterjen pun tidak bisa sembarangan karena kandungan bahan kimianya bisa merusakkan sepatu. Lebih baik gunakan sabun mandi ringan. Yang terlebih dahulu kamu lakukan adalah merendam kain dalam air dingin, lalu gosokkan sabun dengan lembut. Setelah noda terangkat, bersihkan sisa sabun dengan lap basah, lalu diamkan sepatu hingga kering.

Kanvas

Jangan Sembarangan Mencuci Sneaker!
(Foto: Primer Magazine)

Ini adalah bahan yang awet, tapi mudah kotor. Kamu bisa menyikatnya dengan keras. Yang pertama yang harus kamu siapkan adalah pasta dari campuran soda kue dan air hangat. Ambil sikat (bisa juga sikat gigi bekas) dan gosokkan pasta pada sneaker. Setelah pasta mengering, lap dengan kain basah.

Jangan Sembarangan Mencuci Sneaker!
Promo spesial (Grafis: YUKK)

Jika kamu tidak punya waktu untuk membersihkan sepatumu atau kamu tidak tahu cara membersihkan sepatu, kamu bisa membawa sepatumu ke tempat cuci sepatu terpercaya. Saat ini, sudah ada banyak tempat cuci sepatu. Tempat-tempat cuci sepatu itu punya peralatan yang lengkap untuk mencuci berbagai jenis sepatu.

Jangan Sembarangan Mencuci Sneaker!
(Foto: Instagram/@mexicashoecare)

Untuk kamu yang berada di Bandung, Jawa Barat, kamu bisa datang ke Mexica Shoe and Care yang terletak di Jl. Melania No. 1, Cihaurgeulis, Cibeunying Kaler. Mexica Shoe and Care adalah jasa perawatan sepatu terbaik di kota Bandung. Sekaligus yang pertama di Indonesia yang berbasis daring (online).

Jangan Sembarangan Mencuci Sneaker!
(Foto: Instagram/@mexicashoecare)

Khusus untuk pengguna aplikasi YUKK, ada promo menarik dari YUKK dan Mexica Shoe and Care, yaitu Deep Cleaning Wash 1 Get 1. Sepatumu akan dibersihkan sebersih-bersihnya. Mulai dari telapak hingga bagian dalamnya. Bahkan sampai dibikin wangi. Promo ini berlangsung hingga akhir Desember mendatang.

Jangan Sembarangan Mencuci Sneaker!
(Foto: Instagram/@mexicashoecare)

Tidak hanya jasa cuci sepatu, Mexica Shoe and Care juga punya treatment lain. Ada treatment cuci topi dan tas, repaint sepatu, recolour sepatu, dan recolour logo/strip sepatu. Tarifnya sangat murah.

Selain lengkapnya treatment yang ditawarkan Mexica Shoe and Care, kamu yang menggunakan aplikasi YUKK juga mendapatkan keuntungan lain. Ada cashback 15% untukmu. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point dengan jumlah maksimal mencapai 30.000 poin.

Jangan Sembarangan Mencuci Sneaker!
Mexica Shoe and Care sudah bekerja sama dengan YUKK (Foto: tangkapan layar)

Poin-poin itu bisa kamu gunakan untuk melakukan banyak transaksi lainnya melalui YUKK. Bisa untuk membayar tagihan listrik, air, gas, dan BPJS Kesehatan. Juga untuk berbelanja, baik secara online lewat fitur “YUKK Online” dan “YUKK Makan”, maupun secara offline di berbagai merchant yang sudah bekerja sama dengan YUKK.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry