Jangan Banyak Duduk karena Risiko Kena Kanker Tinggi!

Banyak duduk risiko tinggi kena kanker
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Duduk sepanjang hari di depan laptop atau televisi tidaklah baik. Kebiasaan itu memicu banyak masalah kesehatan yang serius. Salah satunya adalah meningkatnya risiko terkena kanker.

Demikian hasil penelitian dari sekelompok ilmuwan di Amerika Serikat. Dalam penelitian itu, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang kurang aktif bergerak lebih berisiko meninggal karena kanker hingga 82% dibandingkan dengan mereka yang aktif bergerak.

Banyak duduk risiko tinggi kena kanker
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Ini merupakan studi pertama yang secara definitif menunjukkan hubungan kuat antara kurang bergerak dengan kematian akibat kanker,” kata Dr. Susan Gilchrist, penulis utama studi dan profesor di unit pencegahan kanker University of Texas MD Anderson Cancer Center, seperti dikutip dari CNN.

Risiko ini dapat diturunkan hingga 8% dengan cara melakukan aktivitas ringan. Misalnya, berjalan-jalan di dalam ruangan.

“Temuan kami menegaskan penting untuk ‘duduk lebih sedikit dan bergerak lebih banyak’,” katanya.

Banyak duduk risiko tinggi kena kanker
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jika ternyata tidak bisa berjalan-jalan, orang disarankan untuk berdiri dan meregangkan badan setelah 30 menit duduk.

“Saya menyarankan mereka untuk berdiri selama 5 menit setiap jam di tempat kerja atau sekadar berjalan-jalan naik tangga. Mungkin terdengar sepele, tetapi penelitian ini memberitahu kita bahwa aktivitas ringan sekalipun memiliki manfaat agar terhindar dari risiko kanker,” jelasnya.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry