Inilah Orang Kedua di Dunia yang Sembuh secara Alami dari HIV

News | 17 November 2021
Inilah Orang Kedua di Dunia yang Sembuh secara Alami dari HIV
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Pada 2008 lalu, Timothy Ray Brown dinyatakan sembuh dari HIV (human immunodeficiency virus). Lelaki asal Amerika Serikat itu tercatat sebagai orang pertama di dunia yang berhasil sembuh dari AIDS. Untuk menutupi identitasnya, dia dijuluki “Berlin Patient” oleh tim dokter. Namun, tiga tahun kemudian, dia membuka dirinya kepada publik. Pada September 2020 lalu, dia meninggal dunia karena leukemia.

Lebih dari 10 tahun kemudian, dunia kembali mencatat sejarah baru. Seorang perempuan asal Argentina dinyatakan sembuh dari AIDS. Perempuan yang dijuluki “Esperanza Patient” itu menjadi orang kedua di dunia yang sembuh dari AIDS secara alami.

Perempuan berusia 30 tahun itu, seperti dikutip YUKK dari New York Times, terdiagnosis HIV pada 2013 lalu. Dia tidak pernah sakit. Juga tidak pernah mengonsumsi obat. Setelah 8 tahun menjalani pemeriksaan lanjutan, dengan total 10 tes viral load, dia dinyatakan bersih dari virus HIV.

Inilah Orang Kedua di Dunia yang Sembuh secara Alami dari HIV
Timothy Ray Brown (Foto: New York Times)

“Ini adalah keajaiban dari sistem kekebalan tubuh manusia. Peristiwa ini memberikan kita harapan bahwa sistem kekebalan tubuh manusia cukup kuat untuk mengontrol HIV dan menghancurkan semua jenis virus,” kata Dr. Xu Yu dari Ragon Institute, seperti dilansir NBC News.

Apa yang terjadi pada “Esperanza Patient” ini, menurut para ahli, adalah istimewa. Dia masuk dalam kelompok “elite controller”. Istilah ini diciptakan para ilmuwan untuk menyebut pasien AIDS yang bisa sembuh tanpa bantuan obat-obatan atau stem cell seperti yang terjadi pada Timothy Ray Brown.

“Esperanza Patient” ini dianggap para ahli berada pada tingkatan yang lain. Dia tampak mencapai kondisi benar-benar bersih dari replikasi HIV-1. Selama 8 tahun pemeriksaan lanjutan, dia hanya satu kali mengonsumsi ART (antiretroviral). Itu terjadi ketika dia hamil sekitar tahun 2019 atau 2020 lalu.

Inilah Orang Kedua di Dunia yang Sembuh secara Alami dari HIV
Dr. Xu Yu (Foto: New York Times)

“Yang membedakannya dari ‘elite controller’ lain adalah tidak adanya provirus HIV-1 dan partikel virus HIV-1 yang bisa bereplikasi pada banyak sel,” kata ilmuwan yang melaporkan kasus ini seperti dikutip dari Sciencealert.

Satu-satunya kasus yang menyerupai kasus “Esperanza Patient” ini adalah Loreen Willenberg yang disebut “Californian Patient”. Dia tidak menunjukkan adanya infeksi pada pemeriksaan peripheral blood mononuclear cells (PBMCs).

“Apakah ini menyiratkan bahwa pasien kami membentuk penyembuhan yang mensterilkan infeksi secara alami? Kami meyakininya demikian, tetapi tidak bisa membuktikan,” kata para ilmuwan.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry