Inilah Kandungan Gizi dan Manfaat Kurma yang Harus Kamu Tahu

Manfaat kurma
Kurma (Foto: Istimewa)

Selama Ramadan ini, salah satu jenis buah-buahan—yang kemudian dijadikan kudapan—yang dipilih menjadi menu berbuka puasa adalah kurma. Bahkan sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan dan ahli gizi. Mengapa demikian?

Menurut dr. Juwalita Surapsari, MGizi., SpGK, dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah, berbuka puasa dengan 2—3 butir kurma adalah langkah yang tepat. Kurma akan bisa mengembalikan kadar gula darah yang turun selama seharian berpuasa.

“Menu yang paling baik adalah kurma. Buah-buahan lain boleh,” katanya.

Berikut ini beberapa informasi penting tentang kurma yang harus kamu ketahui. Dengan demikian, kamu diharapkan lebih rutin mengonsumsi kurma.

Mengandung banyak nutrisi

Manfaat kurma
(Foto: happyfresh.id)

Kurma mengandung banyak nutrisi. Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Selain itu, kurma juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting serta antioksidan yang tinggi.

Dalam satu porsi kurma atau setara dengan 100 g terkandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 277
  • Karbohidrat: 75 g
  • Serat: 7 g
  • Protein: 2 g
  • Kalium: 20 persen dari RDI (Recommended Daily Intake)
  • Magnesium: 14 persen dari RDI
  • Tembaga: 18 persen dari RDI
  • Mangan: 15 persen dari RDI
  • Besi: 5 persen dari RDI
  • Vitamin B6: 12 persen dari RDI

Tinggi serat

Manfaat kurma
(Foto: Remedies Exchange)

Seperti yang sudah diketahui, dalam 100 g kurma terdapat 7 g serat. Dengan demikian, kurma dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan serat. Serat akan mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 21 orang yang mengonsumsi 7 buah kurma per hari selama 21 hari mengalami peningkatan frekuensi buang air besar. Pergerakan usus mereka mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. Tidak hanya itu, serat juga dapat mengontrol kadar gula dalam darah karena mengandung indeks glikemik rendah.

Antioksidan tinggi

Manfaat kurma
(Foto: Elmina Indonesia)

Kurma diketahui mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan ini melindungi sel-sel dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

Ada tiga jenis antioksidan yang dikandung kurma. Yang pertama adalah flavonoid. Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan. Antioksidan ini berpotensi untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu.
Antioksidan kedua adalah karotenoid. Antioksidan ini terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko gangguan terkait mata seperti degenerasi makula. Dan antioksidan ketiga adalah asam fenolik. Antioksidan ini terkenal dengan sifat anti-inflamasinya. Manfaatnya adalah membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat kurma
Kurma mentah (Foto: Koran Yogya)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurma dapat menurunkan tanda inflamasi di otak seperti interleukin 6 (IL-6). Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif semacam Alzheimer.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa kurma dapat mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang dapat membentuk plak di otak. Plak yang menumpuk di otak dapat mengakibatkan gangguan komunikasi antara sel-sel otak. Pada tingkat yang paling parah, plak di otak ini dapat menyebabkan kematian sel otak.

Mempermudah persalinan

Manfaat kurma
Pohon kurma (Foto: Istimewa)

Penelitian juga menunjukkan bahwa kurma dapat membantu proses persalinan. Mengonsumsi kurma pada beberapa minggu terakhir masa kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks dan menurunkan kebutuhan akan persalinan yang diinduksi. Sebanyak 69 wanita yang mengonsumsi 6 buah kurma per hari selama 4 minggu sebelum melahirkan menunjukkan 20 persen lebih mungkin untuk melahirkan secara alami atau normal daripada yang tidak mengonsumsinya.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry