Inilah 5 Pulau Paling Berbahaya di Dunia

 

 Inilah 5 Pulau Paling Berbahaya di Dunia
Pulau Miyake-jima (Foto: Shutterstock)

Dari jauh, pulau-pulau ini tampak begitu indah. Panoramanya mempesona. Namun, siapa sangka bahwa di balik keindahan itu, pulau-pulau ini menyimpan bahaya besar. Menginjakkan kaki di atasnya sama seperti menyerahkan nyawa.

Inilah 5 pulau yang disebut-sebut paling berbahaya di dunia:

Ilha da Queimada Grande, Brazil

 Inilah 5 Pulau Paling Berbahaya di Dunia
(Foto: Shutterstock)

Pulau ini terletak sekitar 30 km di lepas pantai São Paulo. Luasnya lebih dari 40 hektar. Hamparan hutan hijau dan pendaran cahaya dari laut biru membuat pulau ini tampak begitu indah di mata. Namun, selain para ilmuwan berlisensi, tidak ada orang yang berani menginjakkan kaki di atas pulau itu. Bahkan oleh orang Brazil.

Pemerintah Brazil melarang siapa pun untuk menginjakkan kaki di pulau itu karena pulau itu sangat berbahaya. Mengapa? Karena ada ribuan ular berbisa di situ. Salah satunya adalah lancehead emas (Bothrops insularis), spesies ular dengan racun paling mematikan di dunia. Itulah sebabnya pulau ini disebut Snake Island (Pulau Ular).

 Inilah 5 Pulau Paling Berbahaya di Dunia
(Foto: Twitter)

Menurut dongeng, para bajak laut sengaja melemparkan ular-ular berbisa ke pulau itu untuk melindungi emas dan barang berharga hasil jarahan mereka. Seperti dikutip dari Smithsonian, pulau ini berubah menjadi tempat hunian ular mematikan seperti sekarang pada sekitar 11.000 tahun lalu.

Miyake-jima, Jepang

 Inilah 5 Pulau Paling Berbahaya di Dunia
(Foto: Tokyo Island)

Pulau Miyake-jima terletak sekitar 180 km dari Pulau Honsu, pulau utama di Jepang. Pulau yang berada dalam kawasan Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu ini merupakan bagian dari Kepulauan Izu. Di tengah pulau ini, berdiri Gunung Oyama. Sepanjang sejarah, gunung ini telah meletus selama beberapa kali. Termasuk yang terjadi pada Juli 2000 lalu. Ketika meletus, gunung ini tidak hanya mengeluarkan material vulkanik, tetapi juga belerang, sehingga membuat 3.600 orang penduduk harus dievakuasi. Pulau Miyake lalu disebut sebagai pulau paling beracun di Jepang.

 Inilah 5 Pulau Paling Berbahaya di Dunia
Penduduk Miyake (Foto: Instagram/@treva_music)

Pada tahun 2005, setelah aktivitas vulkanik Oyama berhenti, warga Miyake diizinkan kembali. Pemerintah Jepang memberikan hadiah berupa uang bagi warga yang tetap ingin tinggal di pulau ini. Itulah mengapa masih ada ribuan penduduk yang bertahan di pulau ini. Namun, mereka harus mematuhi aturan yang diberlakukan pemerintah Jepang: harus memakai masker setiap saat agar terlindung dari gas beracun.    Ketika gas sulfur meningkat tajam, sirine akan berbunyi dan masyarakat diharuskan meninggalkan pulau.

Ramree, Myanmar

 Inilah 5 Pulau Paling Berbahaya di Dunia
(Foto: islandsafarimergui.com)

Pulau ini terletak di sebelah barat Myanmar. Selama Perang Dunia II, pulau ini merupakan ladang pertempuran tentara Inggris dan Jepang. Beberapa literatur menyebut bahwa tentara Inggris berhasil memancing sekitar 1.000 tentara Jepang ke dalam hutan bakau. Sebanyak 500 orang dari antara mereka berhasil melarikan diri dari serangan Inggris. Namun, tidak ada yang benar-benar bisa keluar dari rawa-rawa itu.

 Inilah 5 Pulau Paling Berbahaya di Dunia
Buaya air asin (Foto: Wikimedia)

Cerita beredar bahwa 500 orang serdadu Jepang itu dimangsa buaya-buaya yang menghuni hutan bakau itu. Memang belum diketahui secara pasti berapa jumlah buaya di pulau ini. Yang diketahui adalah buaya-buaya di hutan bakau ini merupakan buaya paling besar di antara semua spesiesnya. Panjangnya mencapai 7 m dan beratnya mencapai hampir 1 ton.

Gruinard, Skotlandia

 Inilah 5 Pulau Paling Berbahaya di Dunia
(Foto: Flickr)

Pulau Gruinard adalah sebuah pulau kecil yang terletak di utara Skotlandia. Pada Perang Dunia II, pulau ini digunakan oleh pemerintah Inggris sebagai lokasi pengujian biological warfare. Di pulau yang tak berpenghuni ini, ilmuwan Inggris melakukan uji coba serangan dengan menggunakan bakteri anthrax yang sangat mematikan. Bakteri ini membunuh ratusan ekor domba.

 Inilah 5 Pulau Paling Berbahaya di Dunia
Ilmuwan di Pulau Gruinard (Foto: TSPL via scotsman)

Pada 1986, pulau ini didekontaminasi ilmuwan Inggris dengan menggunakan 280 ton formaldehida, bahan yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Baru pada April 1990, setelah 48 tahun dikarantina, pulau ini dinyatakan aman untuk dihuni.

Kepulauan Farallon, Amerika Serikat

 Inilah 5 Pulau Paling Berbahaya di Dunia
(Foto: goldenstate.is)

Laut di sekitar Kepulauan Farallon ini, antara 1946 dan 1970, menjadi tempat pembuangan limbah radioaktif. Diperkirakan 208 liter drum baja dibuang di kepulauan yang terletak di lepas pantai San Francisco ini.

Selain lautnya yang sangat tercemar, di kepulauan ini juga terdapat populasi anjing laut dan gajah laut yang menarik perhatian hiu putih besar. Itulah mengapa tidak ada orang yang berani snorkeling di sini. Orang Amerika menyebutnya “Pulau Orang Mati” dan marinir menyebutnya “gigi setan”.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry