Ini Lho Rekening Bersama, Solusi Jitu Biar Bisnis Makin Cuan

Mengenal apa itu rekening bersama

Rekening bersama atau yang biasa disebut rekber semakin sering digunakan oleh para pebisnis, khususnya bisnis online. Rekening ini dianggap sebagai salah satu solusi tepat untuk meminimalkan risiko penipuan dalam transaksi online. Lantas, apa itu rekening bersama? Bagaimana cara kerjanya dan apa kelebihannya dibanding rekening biasa? Simak terus!

Apa Itu Rekening Bersama?

Secara umum, rekening bersama adalah rekening yang dimiliki oleh dua orang atau lebih. Penggunaannya disesuaikan dengan perjanjian para pemegang rekening. Sebagai contoh, penarikan dana harus disetujui oleh setiap pemegang rekening.

Dalam ranah bisnis, khususnya jual beli online, rekening bersama juga disebut sebagai escrow account. Rekening ini dikelola oleh agen escrow dan digunakan untuk menampung dana dari pembeli sebelum disalurkan ke penjual. 

Dana baru akan disalurkan ke pihak penjual jika persyaratan sudah terpenuhi. Salah satu persyaratan yang dimaksud adalah bila produk sudah diterima oleh pembeli dan pembeli melakukan verifikasi. Bila terjadi kendala seperti barang hilang dan pembeli terbukti belum menerimanya, maka dana tidak akan bisa dilepaskan ke penjual. 

Cara Kerja Rekening Bersama

Rekening bersama ibarat jembatan antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi. Di Indonesia, rekber sebenarnya sudah umum digunakan oleh masyarakat tapi mungkin belum banyak yang menyadarinya. Anda pun mungkin sudah pernah menggunakannya juga. Contohnya  adalah Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Ketiga marketplace tersebut sekaligus berperan sebagai agen escrow. Sebab, dana pembayaran dari pembeli akan ditahan dulu di rekening marketplace sebelum diteruskan ke penjual. Berikut ini adalah penjelasan lengkap cara kerja rekening bersama.

  • Pertama, pihak penjual dan pembeli sepakat melakukan jual beli melalui rekening bersama, misal lewat Tokopedia.
  • Selanjutnya, pembeli wajib menyelesaikan pembayaran dengan mentransfer dana lewat Tokopedia sebagai pengelola rekening bersama.
  • Secara otomatis sistem agen escrow atau rekening bersama akan menginformasikan ke pihak penjual bahwa pembeli telah melakukan pembayaran. Dengan kata lain, penjual wajib segera mengirimkan produk ke pihak pembeli.
  • Bila produk yang dikirimkan sudah diterima oleh pembeli, maka pembeli wajib melakukan konfirmasi. Jika belum, pembeli tidak akan melakukan konfirmasi.
  • Setelah dilakukan konfirmasi, dana tidak akan langsung diteruskan ke penjual. Terutama bila pembeli mengajukan komplain, seperti barang catat atau hilang dalam pengiriman. Umumnya, dana akan dicek terlebih dahulu oleh sistem pada agen escrow. Hal ini guna meningkatkan keamanan dalam bertransaksi lewat rekening bersama.
  • Jika pengecekan sudah selesai dan pembeli sudah menerima produk dengan baik, agen escrow baru bisa meneruskan dana pembayaran ke pihak penjual.

Apakah Keamanan Rekening Bersama Terjamin?

Setelah mengetahui apa itu rekening bersama dan bagaimana cara kerjanya, mungkin Anda bertanya-tanya mengenai tingkat keamanannya. Pada umumnya, semua pihak yang terlibat dalam rekening bersama benar-benar terjamin keamanannya. 

Bila dibandingkan dengan rekening konvensional, rekber adalah opsi yang paling aman, khususnya untuk transaksi online. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, uang tidak akan diteruskan ke penjual bila pembeli menerima produk yang tidak sesuai.

Penggunaan rekening bersama sudah diatur dalam UU No. 11 Tahun 2008 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa pengelola rekening bersama memiliki tanggung jawab untuk mengganti kerugian yang telah dialami pihak penjual karena tidak mampu menjamin keamanan dan keandalan dalam menyelenggarakan transaksi melalui sistem elektronik.

Keuntungan Menggunakan Rekening Bersama

Pada prinsipnya, penggunaan rekening bersama dapat memberikan perlindungan bagi kedua pihak yang terlibat dalam transaksi online. Sebab itu, penggunaan rekening ini semakin sering diadopsi oleh para pelaku bisnis online.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari rekening bersama. Keuntungan tersebut tak hanya dapat dirasakan oleh pihak penjual, namun juga pembeli.

Bagi Penjual

Bagi pihak penjual, menggunakan rekening bersama dapat memberikan sejumlah keuntungan, di antaranya:

  • Terhindar dari pembeli ‘nakal’ yang pura-pura sudah melakukan pembayaran dengan mengirimkan bukti palsu.
  • Dapat membantu penjual meningkatkan kredibilitas di mata pembeli.
  • Dapat membantu meningkatkan sales karena pembeli lama sudah mengetahui kualitas layanan dan produk yang diberikan pihak penjual.

Bagi Pembeli

Sementara bagi pihak pembeli, rekening bersama dapat memberikan beberapa keuntungan, di antaranya adalah:

  • Membantu meminimalkan risiko penipuan.
  • Mengurangi rasa cemas saat membeli produk online karena dana bisa ditransfer kembali ke pembeli bila barang yang dikirimkan ternyata bermasalah.
  • Pembeli bisa menyelesaikan transaksi secara aman, nyaman, dan tentunya terjamin.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu rekening bersama, cara kerja, dan keuntungannya dalam transaksi online. Jadi, bisa disimpulkan bahwa rekber adalah instrumen pembayaran yang sangat terjamin keamanannya. Selain rekber, layanan payment gateway seperti aplikasi YUKK juga bisa menjamin keamanan transaksi bisnis online Anda. Lewat YUKK payment gateway, Anda bisa menerima dan mengirim dana dari dan ke berbagai platform lewat satu aplikasi saja. Ingin tahu lebih lanjut apa saja kelebihannya? Gabung dengan YUKK sekarang juga!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry