Ini 4 Strategi Kunci untuk Menghindari Kredit Macet

Strategi kunci untuk menghindari kredit macet

Ingin membeli kendaraan, tapi tidak punya uang tunai? Ada banyak perusahaan pembiayaan multiguna yang siap membantumu. Kamu tinggal memilih perusahaan mana yang cocok untukmu. Dengan cara kredit, kamu bisa mendapatkan kendaraan yang kamu inginkan.

Kewajibanmu hanya satu: membayar cicilannya setiap bulan. Besarnya cicilan sangat tergantung pada harga barang yang dikredit dan bunga yang sudah ditetapkan perusahaan pembiayaan multiguna itu. Membayar cicilan lebih cepat atau sebelum jatuh tempo lebih baik.

Dalam kenyataannya, ada banyak orang yang mengalami hal ini: gagal bayar atau kredit macet. Mengapa demikian? Apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi kredit macet?

1. Pinjam Sesuai dengan Kemampuan

Pinjam sesuai dengan kemampuan
Ilustrasi (Foto: Canva)

Jika kamu ingin mengajukan kredit, kamu harus memperhatikan hal ini: pinjam sesuai dengan kemampuanmu. Jangan meminjam dalam jumlah yang melebihi kemampuanmu dalam mencicil atau membayar angsuran setiap bulan.

Baca juga: Biar Ga Terus Diteror DC, Ini 7 Cara Lunasi Pinjaman Online!

2. Mengajukan Pinjaman Tidak untuk Tujuan Konsumtif

Mengajukan pinjaman tidak untuk tujuan konsumtif
Ilustrasi (Foto: Canva)

Untuk apa kamu mengajukan pinjaman uang pada lembaga pembiayaan multiguna? Jika tujuanmu adalah membeli barang-barang bermerek supaya bisa diterima dalam komunitasmu, lebih baik jangan. Jangan mengajukan kredit hanya untuk bersenang-senang. Banyak orang sudah masuk dalam daftar orang-orang yang harus di-blacklist karena tidak mampu membayar angsuran.

Baca juga: Ingin Cepat Kaya? Tiru Gaya Hidup Frugal Living Orang Terkaya Dunia, Yuk!

3. Bayar Cicilan Secara Rutin dan Tepat Waktu

Bayar cicilan secara rutin dan tepat waktu
Ilustrasi (Foto: Canva)

Kamu punya kredit? Jangan menghindari kewajiban untuk mencicil. Bayarlah cicilanmu secara rutin. Bayarlah sebelum jatuh tempo. Jika kamu terlambat membayar cicilan, kamu akan dikenakan denda. Denda itu dihitung dari hari ke hari. Dan itu tentu akan memberatkanmu.

Baca juga: Begini Strategi Jitu Menghindari Denda dan Bunga Kartu Kredit

4. Manfaatkan Promosi dari Aplikasi atau Alat Pembayaran yang Ada

Manfaatkan promosi dari aplikasi atau alat pembayaran yang ada
Ilustrasi (Foto: Canva)

Tidak ada salahnya kamu menggunakan cara ini: memanfaatkan promosi dari aplikasi atau alat pembayaran yang ada. Ada begitu banyak aplikasi yang menawarkan kemudahan dan keuntungan dalam pembayaran cicilan. Salah satunya adalah aplikasi YUKK Payment Gateway.

Selama bulan Oktober ini, YUKK memberikan cashback untuk kamu yang membayar cicilan melalui aplikasi YUKK Payment Gateway. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point. Jumlahnya 5.000 poin per transaksi. Dan promosi ini berlaku sekali sehari untuk masing-masing pengguna.

Baca juga: Biar Makin Untung, Ketahui Bedanya Cashback dengan Diskon!

Poin-poin itu bisa kamu gunakan lagi untuk melakukan banyak transaksi lainnya melalui aplikasi YUKK. Mulai dari membayar tagihan bulanan hingga berbelanja barang kebutuhan. Kamu bisa berbelanja di berbagai merchant yang sudah bekerja sama dengan YUKK.

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry