20+ Ide Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Penjelasan macam-macam ide usaha yang selalu laku dan tidak pernah sepi

Saat menjadi seorang pelaku usaha, Anda punya banyak pertimbangan dalam menjalankan jenis usaha. Biar usaha tersebut dapat berjalan lancar dan terus berkembang, Anda perlu menentukan pilihan pada jenis usaha yang tidak pernah sepi dan diburu pelanggan. 

Pemilihan jenis usaha sangat penting sebagai modal awal dalam meraih kesuksesan sebagai seorang entrepreneur. Lewat pilihan usaha yang tepat, Anda bisa menjalankannya dalam jangka panjang dan bahkan berkembang menjadi sebuah usaha besar. 

Usaha seperti itu mempunyai tingkat stabilitas tinggi. Beda jauh jika Anda membandingkannya dengan peluang usaha viral atau kekinian yang hanya menjanjikan untung dalam waktu singkat. 

Jenis Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Ada banyak pertimbangan jenis usaha ramai pelanggan yang menarik untuk menjadi pilihan, di antaranya adalah: 

Usaha F&B

Rekomendasi pertama adalah usaha dalam bidang (F&B) atau kuliner. Usaha seperti ini akan selalu didatangi oleh pelanggan. Hal ini berkaitan erat dengan produk F&B yang merupakan salah satu kebutuhan dasar dari setiap orang. Anda bisa menjalankannya dalam bentuk warung kaki lima, coffee shop, cafe, ataupun warung kopi sederhana. 

Usaha Farmasi

Bidang farmasi merupakan salah satu contoh ide usaha yang selalu laku dan tidak pernah sepi pelanggan

Seperti halnya usaha F&B, Anda memiliki peluang untung besar kalau punya bisnis dalam bidang farmasi. Alasannya, karena tingkat kebutuhan terhadap obat serta alat kesehatan terus mengalami peningkatan. Pilihan jenis usaha farmasi yang bisa Anda jalankan pun beragam, seperti apotek, optik, klinik kesehatan, dan lain sebagainya. 

Usaha Sembako

Masih berkutat pada produk kebutuhan dasar masyarakat, Anda dapat memilih untuk menjalankan usaha toko sembako. Bisnis sembako menawarkan keuntungan yang menjanjikan dan termasuk jenis usaha yang tidak pernah sepi pelanggan. Hanya saja, Anda perlu menyediakan barang secara lengkap dengan margin untung yang tak terlalu besar. 

Usaha Barang Fashion

Berikutnya, ada pertimbangan usaha yang tidak pernah sepi pelanggan berupa jualan barang fashion. Segmen pemasaran dari produk ini sangat luas. Selain itu, Anda juga punya banyak pertimbangan dalam memilih produk yang dijual, mulai dari kaos, seragam sekolah, baju anak-anak, hingga berbagai jenis aksesoris. 

Usaha Produk Kecantikan

Bisnis produk kecantikan merupakan salah satu contoh ide usaha yang selalu laku dan tidak pernah sepi pelanggan

Usaha jualan produk kecantikan seperti peralatan kosmetik ataupun produk skincare tidak kalah menggiurkan. Dalam proses pemasarannya, Anda bisa memilih berbagai metode. Tidak hanya menjual produk dari brand ternama atau menjadi reseller, Anda bisa pula memanfaatkan produk white label dan menjualnya dengan brand sendiri. 

Usaha Jasa Laundry

Pertimbangan berikutnya adalah membuka usaha jasa laundry. Tingkat kebutuhan jasa ini sangat tinggi, terutama di daerah perkotaan. Tingkat kesibukan sehari-hari yang tinggi, baik di tempat kerja maupun kuliah, membuat orang sulit menyisihkan waktu untuk sekadar mencuci baju. Oleh karena itu, mereka memilih memakai jasa laundry sebagai solusinya. 

Usaha Perlengkapan Bayi

Berikutnya, Anda bisa memulai usaha perlengkapan bayi. Usaha yang tidak pernah sepi pelanggan ini bisa Anda jalankan dengan dua sistem. Anda dapat menawarkan produk dengan sistem jual atau sewa. 

Anda dapat menjual beberapa perlengkapan bayi seperti baju bayi, popok, handuk kecil, kaus kaki, selimut, atau perlengkapan menyusui. Selain itu, ada pula pertimbangan untuk menyewakan beberapa perlengkapan bayi seperti stroller, mainan anak, carseat, kursi makan, dan perlengkapan pendukung lainnya. 

Usaha Cuci Mobil dan Motor

Ide usaha menjanjikan selanjutnya adalah dengan membuka usaha cuci kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor. Usaha jasa ini sangat potensial dengan mempertimbangkan begitu banyaknya pengguna kendaraan bermotor di Indonesia. 

Menariknya, Anda bisa pula menjalankan usaha pendukung selain jasa cuci mobil dan cuci motor. Sebagai contoh, Anda dapat membuka cafe kecil untuk membantu para pelanggan sehingga bisa menunggu selagi mobil dan motor tengah dicuci dengan nyaman. 

Usaha Tempat Kebugaran

Membuka tempat kebugaran merupakan salah satu contoh ide usaha yang selalu laku dan tidak pernah sepi pelanggan

Referensi selanjutnya adalah membuka usaha tempat kebugaran. Pilihannya beragam, termasuk di antaranya adalah camp, studio olahraga, ataupun gym

Potensi usaha seperti ini sangat potensial. Apalagi, saat ini masyarakat Indonesia sudah mempunyai pemahaman yang memadai tentang pentingnya hidup sehat seperti yang sudah dilakukan banyak penggiat gaya hidup sehat. Biar ramai, pastikan Anda menyediakan ruangan dengan ukuran yang mencukupi serta peralatan yang lengkap. 

Usaha Klinik Kecantikan

Anda dapat pula mempertimbangkan usaha klinik kecantikan. Keberadaan usaha ini memiliki peluang besar karena banyak pelanggan wanita yang ingin tampil cantik dan punya wajah glowing

Biar usaha klinik kecantikan tersebut ramai pelanggan, pertimbangkan untuk menyediakan berbagai jenis layanan. Beberapa layanan tersebut di antaranya chemical peeling, botox, laser rejuvenation, filler, facial, acne treatment, dan lain sebagainya. 

Usaha Klinik Gigi

Selanjutnya, Anda mempunyai pilihan untuk membangun usaha klinik gigi. Usaha ini memiliki peluang besar karena tingkat kebutuhan terhadap perawatan gigi sangat tinggi. Apalagi, kalau Anda menjalankannya di area perkotaan. 

Sebagai salah satu usaha layanan kesehatan, klinik gigi merupakan bisnis yang tidak pernah libur. Anda memiliki peluang untuk mendapatkan pelanggan kapan saja tanpa batasan waktu, termasuk pada akhir pekan ataupun tanggal merah lainnya. 

Usaha Jasa Foto dan Video

Jasa foto dan video merupakan salah satu contoh ide usaha yang selalu laku dan tidak pernah sepi pelanggan

Peluang usaha yang tidak pernah sepi berikutnya adalah dengan menjalankan usaha jasa foto dan video. Bisnis ini mengharuskan Anda untuk mempunyai peralatan fotografi secara lengkap. Sebagai tambahan, Anda bisa pula menyediakan layanan tambahan terkait jasa edit foto serta video. 

Baca juga: Bikin Usaha Jasa Foto & Video, Dijamin Tak Pernah Sepi!

Usaha Paketan Pulsa dan Kuota Internet

Berikutnya, ada peluang bisnis jual pulsa dan paket internet. Di era serba digital seperti sekarang, pulsa dan paket internet merupakan salah satu kebutuhan mendasar. Tanpanya, orang tidak bisa melakukan komunikasi dengan lancar. 

Untuk menjalankan usaha jualan pulsa dan paket internet relatif sederhana. Anda dapat memilih untuk membuka counter atau menawarkannya secara online. Sebagai tambahan, Anda bisa pula menjual produk sampingan berupa aksesoris handphone

Usaha Barang Elektronik

Selanjutnya, ada pertimbangan usaha yang tidak pernah sepi pelanggan berupa berjualan produk elektronik. Jenis barang elektronik yang bisa Anda tawarkan kepada pelanggan sangat beragam. 

Tidak terbatas pada peralatan elektronik rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, kipas angin, atau rice cooker. Anda dapat pula menawarkan produk elektronik lainnya seperti peralatan sound system, televisi, laptop, handphone, dan banyak lagi yang lain.

Biar transaksi dapat berjalan lancar, pertimbangkan untuk menyediakan berbagai metode pembayaran. Selain dengan membayar secara tunai, tawarkan cara pembayaran lewat QRIS ataupun kartu kredit kepada para pelanggan. 

Usaha Mainan Anak

Peluang usaha yang tak kalah menarik adalah ketika Anda menyasar produk yang banyak dicari oleh para orang tua, yakni mainan anak. Secara khusus, Anda dapat melakukan pemasaran pada mereka yang termasuk dalam kelompok orang tua muda dan baru punya anak. 

Orang tua muda memiliki keinginan besar untuk memberikan berbagai jenis mainan kepada anak. Dengan strategi pemasaran yang tepat, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan transaksi dari kelompok pelanggan tersebut. 

Baca juga: Ini 8 Rahasia Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM, Mau Tau?

Usaha Bahan Bangunan

Jualan bahan bangunan merupakan salah satu contoh ide usaha yang selalu laku dan tidak pernah sepi pelanggan

Berikutnya, Anda bisa menawarkan produk berupa bahan bangunan. Bisnis ini termasuk jenis usaha yang tidak pernah sepi dan bahkan terus meningkat seiring tahun. Apalagi, proyek pembangunan rumah akan terus berjalan dan memerlukan suplai material yang mencukupi. 

Biar usaha ini dapat berjalan lancar, pertimbangkan untuk melakukan kerjasama dengan para kontraktor dan pemborong. Berikan penawaran diskon dan benefit tertentu. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh transaksi secara lancar dari setiap proyek yang mereka kerjakan. 

Usaha Salon atau Barbershop

Layanan usaha yang berkaitan dengan penampilan memiliki peluang bisnis menjanjikan. Oleh karena itu, Anda bisa menemukan begitu banyak orang yang membuka usaha salon ataupun barbershop. Menariknya lagi, hampir setiap salon atau barbershop tersebut punya pelanggan tersendiri. 

Jenis layanan ini memang begitu potensial karena memiliki pangsa pasar sangat luas. Biar usaha Anda mempunyai daya saing lebih, pertimbangkan untuk memberikan fasilitas ekstra kepada pelanggan. Sebagai contoh, menyediakan layanan pijat setelah potong rambut, ruangan yang luas, tempat menunggu yang nyaman, dan lain sebagainya. 

Usaha Kursus Keterampilan dan Bahasa

Pilihan berikutnya adalah membuka usaha kursus yang berkaitan dengan penguasaan keterampilan atau bahasa tertentu. Anda dapat menyesuaikannya dengan keahlian yang dikuasai. Sebagai contoh, Anda dapat membuka kursus belajar komputer atau bahasa Inggris. 

Biar usaha tersebut ramai pelanggan, pertimbangkan untuk menyasar anak usia sekolah. Selanjutnya, Anda perlu menyediakan ruangan yang nyaman lengkap dengan fasilitas penunjang. Tak kalah penting, ajak anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan dan penuh kesabaran. 

Usaha Pijat Refleksi

Usaha potensial dan tidak pernah sepi selanjutnya adalah usaha layanan pijat refleksi. Tingkat kebutuhan terhadap layanan ini sangat tinggi seiring dengan tingginya intensitas pekerjaan masyarakat. Oleh karena itu, mereka memerlukan layanan pijat refleksi untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. 

Menariknya, Anda dapat menyediakan jasa pijat refleksi dengan modal yang sangat terbatas. Anda tidak perlu menyiapkan peralatan penunjang dengan harga mahal. Sebagai gantinya, Anda bisa membuka layanan pijat di rumah atau menawarkannya dengan cara mendatangi tempat pelanggan. 

Kunci penting dalam meraih kesuksesan bisnis pijat refleksi adalah kemampuan berkomunikasi dengan pelanggan. Tak sekadar keahlian memijat, Anda juga perlu membuat pelanggan mengakrabkan diri dengan pelanggan dan membuat mereka merasa nyaman.

Usaha Sewa Mobil

Jasa sewa mobil merupakan salah satu contoh ide usaha yang selalu laku dan tidak pernah sepi pelanggan

Selanjutnya, ada peluang usaha yang tidak pernah sepi berupa layanan sewa mobil. Anda dapat menawarkan sewa mobil dengan disertai sopir ataupun lepas kunci. Hanya saja, Anda perlu menerapkan persyaratan yang ketat ketika pelanggan ingin menyewa kendaraan mobil secara lepas kunci

Biar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, usaha sewa mobil lepas kunci harus disertai dengan persyaratan seperti: 

  • Surat izin mengemudi (SIM)
  • Kartu keluarga (KK)
  • Kartu tanda pengenal di tempat kerja
  • Jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor atas nama pribadi

Tak kalah penting, Anda perlu pula melakukan tindakan preventif tambahan dengan melakukan survei pelanggan. Survei ini memiliki peran penting untuk memastikan tidak ada hal-hal yang mencurigakan terkait identitas pelanggan.

Usaha Agen Galon dan Gas Elpiji

Pertimbangan berikutnya adalah dengan menjadi agen galon air minum dan gas elpiji. Air minum dan gas elpiji termasuk kebutuhan dasar setiap rumah tangga. Oleh karena itu, Anda bisa memperoleh transaksi secara rutin ketika menjalankan usaha ini. 

Sebagai strategi dalam menjalankan usaha ini, pertimbangkan untuk menyediakan fasilitas ekstra kepada pelanggan. Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan layanan pengiriman, baik secara gratis maupun berbayar ke rumah pelanggan. 

Baca juga: Jualan Galon Air dan Gas Elpiji, Apakah Masih Menjanjikan?

Usaha Jasa Membersihkan Rumah

Tidak setiap rumah tangga mempunyai asisten yang menjalankan tugas membersihkan rumah secara rutin. Di waktu yang sama, pemilik rumah mengalami kesulitan dalam menyisihkan sebagian waktu untuk sekadar membersihkan rumah. 

Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut, Anda bisa menawarkan jasa membersihkan rumah. Jasa ini termasuk usaha yang tidak pernah sepi. Apalagi, setiap pelanggan selalu menginginkan rumahnya dalam kondisi bersih dan rapi. 

Baca juga: Menilik Peluang Bisnis Jasa Bersihin Rumah, Menjanjikan Lho!

Usaha Toko Sayur dan Buah-Buahan

Apa problem yang setiap hari muncul di pikiran seorang ibu rumah tangga? Jawabannya adalah apa yang perlu mereka masak dan sajikan di meja makan bersama keluarga. Untuk mencari solusi tersebut, mereka perlu belanja bahan-bahan makanan, baik sayur, buah, ataupun lauk pauk. 

Anda bisa menawarkan solusi dengan berjualan sayur, buah, serta berbagai jenis lauk pauk. Keberadaan usaha Anda dapat membantu para ibu rumah tangga sehingga memudahkan mereka dalam menyusun rencana masakan yang akan dibuat. Kalau perlu, Anda bisa pula menyediakan layanan pre-order untuk langganan tetap. 

Baca juga: Prospek Bisnis Jualan Sayur dan Buah, Bisa Untung Besar Nih!

Usaha Kos-Kosan

Bisnis rumah kos kosan merupakan salah satu contoh ide usaha yang selalu laku dan tidak pernah sepi pelanggan

Selanjutnya, ada peluang usaha yang tidak pernah sepi berupa bisnis kos-kosan. Usaha ini akan terus dibutuhkan dan bahkan kebutuhannya mengalami peningkatan. Peluang bisnis ini kian meningkat ketika Anda mempunyai bangunan kos di lokasi yang strategis, berada tidak jauh dari area kampus, perkantoran, atau pabrik. 

Segmen pelanggan dari bisnis kos cukup variatif. Anda bisa menyasar secara khusus kepada para pelanggan dari kelompok mahasiswa atau pekerja. Selain itu, ada pula pertimbangan untuk menyediakan layanan kos bagi mereka yang berstatus masih bujang atau sudah berkeluarga. 

Usaha Bisnis ATK

Bagi Anda yang memiliki tempat strategis berada tidak jauh dari area kampus, sekolah, atau perkantoran, membuka usaha toko ATK atau alat tulis kantor jadi pilihan menarik. Bisnis tersebut bakal menjadi usaha yang tidak pernah sepi. Tak hanya menjual ATK, Anda dapat pula melayani jasa fotokopi ataupun pengetikan. 

Tips Memulai Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Penjelasan berbagai macam tips untuk memulai usaha yang tidak pernah sepi pelanggan

Tak sekadar memilih jenis usaha yang tidak pernah sepi secara tepat. Anda juga perlu menjalankan usaha tersebut dengan benar biar tidak ada pelanggan yang merasa rugi setelah menggunakan layanan Anda. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan usaha tersebut, yakni: 

Menyediakan Produk atau Layanan Jasa yang Berkualitas

Faktor pertama yang harus Anda perhatikan ketika menjalankan usaha dalam bentuk apapun adalah kualitas produk serta layanan jasa. Seorang pelanggan akan merasa rugi dan kecewa kalau mereka memperoleh pelayanan atau produk dengan kualitas ala kadarnya. Alhasil, mereka pun mengalihkan perhatian ke produk lain. 

Fakta yang kerap terjadi di lapangan adalah ketidakmampuan pelaku usaha dalam menyediakan produk atau layanan berkualitas secara konsisten. Banyak di antara mereka menawarkan kualitas yang bagus saat awal-awal menjalankan usaha. Seiring waktu, pelanggan merasakan adanya penurunan kualitas pelayanan. 

Kalau Anda ingin mempunyai usaha yang tidak pernah sepi, konsistensi dalam menjaga kualitas layanan sifatnya wajib. Langkah ini sangat penting sebagai modal untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Pelanggan loyal akan mengedepankan pilihan pada produk atau layanan Anda dibandingkan kompetitor. 

Membangun Hubungan yang Kuat dengan Pelanggan

Tips selanjutnya adalah terkait adanya hubungan erat dengan pelanggan. Jangan perlakukan pelanggan hanya ketika mereka melakukan transaksi. Namun, usahakan untuk menjalin hubungan yang erat dengan pelanggan meskipun mereka tengah tidak bertransaksi di tempat Anda. 

Hubungan yang erat dengan pelanggan sangat penting dalam mendorong adanya loyalitas pelanggan. Pelanggan yang loyal mempunyai kecenderungan untuk melakukan pembelian secara berulang. 

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan dalam rangka membangun hubungan erat dengan pelanggan, termasuk di antaranya adalah: 

  • Menepati setiap janji yang diberikan kepada pelanggan
  • Mengenal pelanggan secara personal
  • Mengatasi setiap keluhan serta permasalahan yang dihadapi pelanggan
  • Menyelenggarakan program loyalitas
  • Mengadakan acara khusus dengan para pelanggan sebagai bentuk penghargaan

Mengadopsi Strategi Pemasaran yang Efektif

Selanjutnya, Anda perlu mengadopsi strategi pemasaran produk secara tepat. Jangan hanya mengandalkan cara pemasaran konvensional. Sebagai gantinya, Anda perlu benar-benar mengenali karakteristik dari kelompok konsumen yang menjadi target pemasaran produk serta layanan jasa Anda. 

Selain itu, Anda dapat pula memanfaatkan kecanggihan teknologi sebagai penunjang dalam melakukan pemasaran produk. Anda bisa melakukannya dengan menerapkan berbagai metode digital marketing yang sesuai. Beberapa teknik dalam digital marketing tersebut di antaranya adalah: 

Praktik digital marketing memiliki manfaat dalam mendorong visibilitas usaha Anda di dunia maya. Penerapannya bisa membantu Anda dalam mendatangkan pelanggan. Tidak hanya secara online, tetapi Anda bisa pula merasakan manfaatnya secara nyata. 

Terus Berinovasi dan Mengikuti Perkembangan Tren Pasar

Hal yang tak kalah penting dalam menjalankan usaha yang tidak pernah sepi pelanggan adalah terus melakukan inovasi. Upaya inovasi sangat penting agar usaha Anda mempunyai daya saing tinggi di mata pelanggan. 

Selain itu, Anda juga perlu memahami tren yang tengah ada di pasar. Pengetahuan tentang tren pasar tersebut membuat Anda bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi yang terjadi. 

Salah satu bentuk inovasi dan tren pasar yang perlu Anda lakukan saat ini adalah pemanfaatan teknologi untuk menunjang operasional usaha. Kecanggihan teknologi saat ini bisa membantu Anda dalam memperoleh berbagai kemudahan dalam menjalankan usaha, termasuk di antaranya adalah kemudahan dari segi cara pembayaran. 

Saat ini, Anda bisa menemukan solusi pembayaran yang praktis dan modern berupa layanan payment gateway. Layanan ini memungkinkan pelaku usaha untuk melayani berbagai metode pembayaran nontunai dari para pelanggan. Dengan begitu, proses transaksi dapat berlangsung dari mana saja tanpa terhalang oleh jarak maupun waktu. 

Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan solusi layanan payment gateway terbaik dengan memanfaatkan tool dari YUKK. YUKK menyediakan fasilitas pembayaran yang komplet dan modern sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha di era canggih seperti sekarang. 

Dengan fasilitas dari YUKK, Anda dapat menawarkan kemudahan cara pembayaran secara praktis. Tak perlu memahami hal-hal yang bersifat teknis, proses integrasi YUKK dapat Anda lakukan secara cepat dan praktis. Satu layanan bisa Anda gunakan untuk memproses berbagai metode pembayaran. Tak ingin tertinggal dan kalah bersaing dari kompetitor, kan? Yuk, segera gunakan layanan dari YUKK. Dengan layanan ini, Anda bisa menawarkan berbagai kemudahan dalam proses pembayaran bagi para pelanggan.

0
like
0
love
0
haha
1
wow
0
sad
0
angry