Punya Modal Mepet untuk Usaha? Pilih 22 Ide Bisnis Rumahan Ini Saja!

Ide bisnis rumahan

Banyak orang yang ingin memulai usaha tetapi mengalami kesulitan karena keterbatasan dana yang mereka miliki. Padahal, memulai usaha bisa pula Anda lakukan dengan modal yang kecil. Apalagi, Anda bisa meminimalkan pemakaian modal dengan memilih ide bisnis rumahan. Jadi, tak perlu biaya untuk sewa tempat yang mahal. 

Baca juga: Mau Dapat Bantuan Modal UMKM dari Pemerintah? Ini Syarat & Cara Daftarnya

Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan untuk Pemula

Bisnis rumahan dengan modal terbatas menjadi pertimbangan yang tepat bagi Anda yang baru memulai usaha. Alasannya, karena risiko kerugian yang Anda emban relatif minimal. Meski begitu, Anda bisa berpeluang mendapatkan tingkat keuntungan besar kalau mampu mengelola bisnis rumahan dengan baik. 

Lalu, bisnis seperti apa saja yang cocok untuk Anda jalankan di rumah? Pertimbangannya sangat banyak, lho! Sebagai referensi, Anda bisa mempertimbangkan 22 peluang usaha rumahan sebagai berikut: 

Bisnis Toko Kelontong

Toko kelontong menjadi ide usaha yang menawarkan tingkat kerugian sangat minimal. Anda bisa menggunakan ruangan kecil di dalam rumah untuk tempat penyimpanan stok barang. Karena modalnya terbatas, Anda tidak perlu menyimpan persediaan dalam jumlah banyak. Cukup sediakan barang kebutuhan sehari-hari yang banyak dicari konsumen. 

Lalu, barang apa saja yang laku dan cepat habis saat dijual di toko kelontong? Anda bisa menyediakan sembako yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat, termasuk di antaranya adalah mie instan, telur, gula, beras, tepung, serta minyak. Dengan begitu, perputaran modal bisa berlangsung cepat. 

Baca juga: Rahasia Sukses Jalanin Usaha Toko Sembako, Dijamin Untung Deh!

Bisnis Warung Makan

Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjalankan ide bisnis rumahan berupa warung makan. Menjalankan usaha warung makan di rumah bisa Anda lakukan cukup dengan menyediakan meja beserta beberapa tempat duduk. 

Selain itu, ada pula pertimbangan untuk meniru konsep warung makan tradisional di Yogyakarta. Di situ, Anda mengedepankan kesan tempat makan rumahan yang sederhana. Selanjutnya, para pelanggan pun bisa memilih untuk menyantap makanan di area teras rumah. 

Baca juga: Dapat Cuan Besar dari Usaha F&B, Ga Sekadar Ngandelin Viral!

Bisnis Tempat Penitipan Hewan

Usaha jasa tempat penitipan hewan

Referensi usaha selanjutnya adalah dengan membuka jasa penitipan hewan. Peluang usaha ini secara khusus memiliki prospek sangat menjanjikan kalau Anda menjalankannya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, ataupun Medan. Selain itu, tingkat persaingannya juga relatif minim. 

Kebutuhan modal untuk jasa penitipan hewan peliharaan tak terlalu banyak. Anda perlu menyiapkan modal untuk pembelian kandang, makanan hewan, dan lain sebagainya. Hal yang paling penting, Anda perlu memiliki rasa sayang tinggi terhadap hewan. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan usaha ini dengan menyenangkan. 

Bisnis Konter Pulsa Elektrik dan Kuota Internet

Kebutuhan terhadap pulsa dan kuota internet bisa pula Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis rumahan yang menjanjikan. Usaha ini memiliki kebutuhan modal yang sangat terbatas. Bahkan, Anda dapat mulai menjalankannya cukup dengan memanfaatkan smartphone serta modal uang untuk pembelian saldo pulsa dan kuota internet. 

Hanya saja, Anda perlu cermat dalam menjaga cashflow saat menjalankan usaha ini. Jangan sampai Anda berhadapan pelanggan yang memiliki kebiasaan berutang. Dampaknya bisa membuat usaha Anda tersendat karena kehabisan modal. 

Bisnis Jahit Pakaian

Bagi Anda yang mempunyai keahlian menjahit, bisa menggunakan keterampilan tersebut untuk memulai ide bisnis rumahan. Manfaatkan keterampilan tersebut untuk membuka bisnis jahit pakaian di rumah. Modal yang perlu Anda sediakan untuk membuka bisnis ini relatif kecil. 

Modal terbesar yang perlu Anda sediakan adalah untuk pembelian mesin jahit. Selanjutnya, pastikan Anda untuk selalu memperkaya pengetahuan tentang dunia mode. Tujuannya, biar Anda bisa membuat rancangan baju yang modis dan terlihat menarik. Dengan begitu, Anda dapat menawarkan jasa jahit dengan tarif cukup tinggi. 

Baca juga: Cari Cuan dengan Usaha Jualan Barang Fashion, Rame Lho!

Bisnis Katering

Usaha bisnis katering

Peluang usaha rumahan yang tidak kalah menjanjikannya adalah bisnis katering. Anda dapat menjalankan usaha katering tanpa perlu menyediakan ruang khusus. Hanya saja, modal terpenting yang perlu Anda miliki adalah kemampuan memasak masakan yang enak dan variatif. 

Untuk strategi pemasaran, Anda bisa memilih segmen tertentu. Misalnya, Anda menawarkan secara layanan khusus katering anak. Selain itu, ada pula pertimbangan untuk menyediakan layanan katering harian bagi keluarga atau bisa pula katering untuk kantor. 

Bisnis Frozen Food

Ide bisnis rumahan selanjutnya adalah dengan berjualan frozen food. Anda perlu tahu kalau bisnis frozen food di Indonesia memiliki peluang sangat menjanjikan. Bahkan, nilai transaksi industri frozen food bisa mencapai angka Rp 670 triliun per tahun.

Kebutuhan modal untuk menjalankan usaha frozen food di rumah tidak terlalu besar. Hanya saja, pastikan Anda memiliki freezer untuk penyimpanan frozen food. Sebagai tambahan, cermati pula kebutuhan aliran listrik untuk penggunaan freezer tersebut. 

Bisnis Laundry Kiloan

Tidak semua orang memiliki waktu untuk mencuci baju. Apalagi, kalau tumpukan baju kotor sudah sangat banyak. Fenomena ini memunculkan peluang usaha yang menjanjikan berupa bisnis laundry kiloan. 

Anda bisa memanfaatkan mesin cuci di rumah. Selanjutnya, perhatikan kualitas pelayanan agar dilirik banyak pelanggan. Jangan sampai ada baju pelanggan yang tertukar dan bahkan hilang. Selain itu, pastikan hasil cucian benar-benar bersih serta wangi. 

Bisnis Warung Kopi

Mayoritas orang Indonesia memiliki hobi nongkrong. Tak harus di kafe, banyak pula orang-orang yang suka menghabiskan waktu untuk ngobrol bersama teman di warung kopi sederhana. Oleh karena itu, keberadaan usaha warung kopi di Indonesia sangat menguntungkan. 

Untuk memulai usaha ini, Anda dapat menggunakan meja atau gerobak kayu. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan kopi bubuk atau bisa pula berupa kopi sachet. Sebagai pelengkap, jangan lupa untuk menyediakan menu lainnya seperti gorengan, teh, mie instan, dan berbagai jenis jajanan lain. 

Bisnis Jualan Cemilan Ringan

Ide bisnis rumahan berikutnya adalah jualan cemilan ringan. Bisnis ini punya peluang besar, apalagi masyarakat Indonesia suka nyemil. Jenis cemilan yang bisa Anda jual pun sangat beragam, termasuk di antaranya adalah keripik kentang, makaroni, kacang telor, keripik singkong, dan lain sebagainya.

Anda tidak perlu membuat cemilan tersebut sendiri. Sebagai gantinya, bisa memilih untuk belanja dalam ukuran banyak dan mengemasnya kembali dengan ukuran kecil. Selanjutnya, Anda bisa menitipkan cemilan tersebut ke warung-warung terdekat atau menjualnya secara langsung. 

Bisnis Rental Game

Usaha bisnis rental game

Ada pula pertimbangan untuk memulai usaha rumahan dalam bentuk rental game. Anda dapat menggunakan konsol game berupa PlayStation 3 ataupun PlayStation 4. Selanjutnya, lengkapi konsol tersebut dengan TV LCD dengan layar berukuran ekstra besar.

Sebagai langkah awal, Anda cukup menyediakan satu perangkat terlebih dulu. Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli perangkat tambahan seiring waktu. Selain itu, Anda bisa pula menjual camilan dan minuman sebagai pelengkap. 

Bisnis Jasa MUA

Bagi Anda yang mempunyai keahlian merias, bisa mempertimbangkan untuk membuka jasa make up artist (MUA). Jasa MUA menawarkan fleksibilitas dalam operasionalnya. Anda tak perlu memiliki tempat khusus dengan ukuran besar. Sebagai gantinya, Anda bisa membuka usaha ini dengan sistem panggilan. 

Untuk bisa memperoleh banyak order dari pelanggan, Anda perlu membangun portofolio yang bagus. Pertimbangkan pula media sosial untuk menampilkan portofolio hasil make up dan sekaligus sebagai sarana pemasaran.

Baca juga: Biar Ga Tekor, Ini 5 Tips Efektif Promosi Bisnis di Medsos

Bisnis Jasa Pembuatan Tato

Opsi selanjutnya adalah dengan membuka studio tato rumahan. Anda pun dapat menawarkan jasa tato yang sifatnya permanen maupun sementara. Sebagai tambahan, pertimbangkan untuk menyediakan jasa tambahan, termasuk di antaranya adalah tindik, henna art, dan lain sebagainya. 

Berkaitan dengan jasa tato rumahan, Anda jangan cuma memperhatikan kualitas hasil tato. Namun, perhatikan pula higienitas peralatan yang digunakan. Tak kalah penting, lakukan pemasaran dengan memanfaatkan media sosial berbasis visual seperti Instagram untuk meningkatkan popularitas usaha Anda. 

Baca juga: Tips Jualan Lebih Atraktif & Menarik Pakai Instagram Live!

Bisnis Jasa Cuci Sepatu

Peluang usaha selanjutnya yang mempunyai potensi tinggi adalah laundry atau cuci sepatu. Target pemasaran dari usaha ini adalah mereka yang mempunyai sepatu branded dengan harga mahal. Oleh karena itu, mereka rela mengeluarkan uang secara rutin untuk merawat sepatu kesayangannya agar tidak cepat rusak.

Untuk kemudahan dalam operasional usaha cuci sepatu, Anda perlu memiliki peralatan yang mendukung. Beberapa peralatan tersebut di antaranya adalah mesin cuci sepatu, mesin pengering sepatu, serta peralatan pendukung lainnya. Dengan modal sekitar 10 juta rupiah, Anda sudah bisa memulai usaha ini.

Bisnis Studio Foto

Usaha bisnis studio foto

Pilihan usaha rumahan yang menguntungkan selanjutnya adalah dengan membuka studio foto. Usaha ini secara khusus tengah banyak dicari dan dibutuhkan banyak orang, terutama para pelaku usaha. Mereka memerlukan jasa foto untuk kebutuhan display produk. 

Kebutuhan jasa foto produk saat ini memang tengah meningkat. Apalagi, bagi pelaku usaha yang melakukan pemasaran secara online. Keberadaan foto produk yang bagus menjadi bagian penting yang tak boleh dilewatkan. Oleh karena itu, tak heran kalau banyak fotografer yang menyediakan jasa foto produk secara khusus. 

Baca juga: Bikin Usaha Jasa Foto & Video, Dijamin Tak Pernah Sepi!

Bisnis Toko Buku

Selanjutnya, Anda dapat memilih untuk menjalankan ide bisnis rumahan berupa toko buku sederhana. Keberadaan buku memang banyak tergerus oleh kehadiran ebook serta website. Meski begitu, jumlah pelanggan yang rutin melakukan pembelian buku masih cukup tinggi

Hanya saja, Anda perlu cermat dalam menentukan jenis buku yang ditawarkan. Anda dapat mempertimbangkan untuk menjual buku pelajaran anak sekolah. Selain itu, menawarkan buku bekas berkualitas juga bisa jadi pilihan menarik. Biar usaha ini dapat berjalan lancar, pastikan untuk melakukan pemasaran secara online juga, ya. 

Bisnis Salon Rumahan

Prospek usaha yang menjanjikan dapat dapat Anda jalankan dengan modal terbatas adalah salon rumahan. Salon tersebut bisa Anda gunakan untuk menyediakan berbagai jenis layanan, termasuk di antaranya adalah perawatan rambut, perawatan kuku, spa, dan lain sebagainya. 

Berkaitan dengan modal usaha, Anda perlu memperhatikan kebutuhan berbagai jenis peralatan, termasuk di antaranya adalah kursi, tempat cuci rambut, cermin, pendingin ruangan, serta peralatan lainnya. Keberadaan peralatan bisa Anda sesuaikan dengan jenis layanan yang disediakan. 

Baca juga: Jalanin Usaha Salon & Barbershop, Peluangnya Gimana Ya?

Bisnis Jualan Ikan Hias

Peluang usaha menguntungkan berikutnya adalah dengan membuka bisnis jualan ikan hias. Apalagi, bisnis ini mempunyai segmen pelanggan yang begitu banyak, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak pilihan ikan hias yang bisa ditawarkan. 

Secara khusus, ada beberapa jenis ikan hias yang mempunyai tingkat permintaan tinggi di pasaran, yakni: 

  • Ikan cupang. Ikan ini termasuk jenis ikan hias yang terpopuler dan mempunyai banyak penggemar di Indonesia. Ukurannya yang kecil juga memudahkan Anda untuk melakukan memeliharanya. 
  • Ikan koi. Ada pula opsi untuk menjual ikan koi. Harga dari ikan koi bisa sangat tinggi, bergantung dengan kombinasi serta pola warnanya. Bahkan, harganya dapat mencapai angka jutaan rupiah. 
  • Arwana. Selanjutnya, bisa mempertimbangkan untuk menjual ikan arwana. Hanya saja, Anda perlu mengalokasikan tempat penyimpanan yang besar ketika ingin menjual ikan ini.

Bisnis Jualan Tanaman Hidroponik

Ide bisnis rumahan dengan modal kecil dan menguntungkan berikutnya adalah dengan menjual tanaman hidroponik dan berbagai kebutuhan terkait. Usaha ini memiliki prospek tinggi karena meningkatnya popularitas aktivitas bertanam dengan metode hidroponik.

Anda bisa menyediakan berbagai kebutuhan untuk membangun kebun hidroponik, mulai dari bibit, instalasi rak hidroponik, media tanam, maupun nutrisi yang diperlukan. Selain itu, Anda dapat pula membuka kebun hidroponik sebagai bagian dari edukasi pelanggan dan selanjutnya menjual hasil panennya.

Bisnis Jualan Aksesori HP

Usaha jualan aksesori hp

HP saat ini menjadi peralatan elektronik wajib bagi setiap orang. Fenomena penggunaannya sebagai sarana komunikasi bisa menjadi peluang usaha menarik. Selain menyediakan pulsa dan kuota internet, Anda dapat pula membuka usaha berjualan aksesori HP. 

Jenis aksesori HP yang bisa kamu tawarkan bisa sangat beragam. Mulai dari yang berukuran kecil dan sederhana seperti casing, tempered glass, dan headset, maupun aksesori pendukung lainnya seperti powerbank, tripod, dan speaker bluetooth.

Baca juga: Jualan Barang Elektronik Bisa Bikin Tajir Melintir, Percaya Ga?

Bisnis Jasa Fotokopi & Print

Opsi selanjutnya adalah dengan menjalankan ide bisnis rumahan berupa jasa print dan fotokopi. Usaha ini memiliki potensi tinggi, terutama jika rumah Anda berada dekat dengan area perkantoran dan sekolah. 

Untuk membuka usaha fotokopi dan print, Anda tidak perlu membeli mesin fotokopi dengan harga mahal. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk memakai mesin printer serbaguna yang dilengkapi dengan fitur fotokopi. 

Baca juga: Usaha Jualan Produk ATK, Masih Potensial dan Laris, Kah?

Bisnis Les Privat

Terakhir, Anda bisa mempertimbangkan usaha berupa les privat. Usaha ini mempunyai kebutuhan modal yang sangat minimal. Misalnya, jika Anda membuka les privat untuk anak sekolah, Anda bisa menggunakan ruangan di rumah dan menyediakan papan tulis. Tempat duduk bisa Anda sediakan berupa alas sederhana dengan duduk secara lesehan. 

Biar efektif, usahakan untuk membuka les privat dalam beberapa sesi. Dengan begitu, jumlah siswa yang ikut dalam kelas tidak terlalu banyak. Anda pun bisa memberi pemahaman secara lebih efektif dan efisien. 

Itulah berbagai referensi ide bisnis rumahan yang menarik untuk Anda jalankan. Anda bisa memilih salah satu di antaranya dengan mempertimbangkan keterampilan serta modal yang dimiliki. 

Sebagai pelengkap, pastikan Anda menggunakan fasilitas pendukung untuk kelancaran operasional usaha. Salah satu fasilitas pendukung tersebut adalah YUKK Payment Gateway yang memberi kemudahan dalam pembayaran. 

Dengan menggunakan YUKK Payment Gateway, Anda bisa menghadirkan beberapa cara pembayaran digital yang praktis kepada pelanggan, mulai dari QRIS, virtual account, e-wallet, hingga kartu kredit. Selanjutnya, mereka bisa memilih metode pembayaran yang nyaman. 

Menariknya lagi, YUKK Payment Gateway memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi tanpa perlu tatap muka dengan pelanggan. Jadi, Anda pun bisa melakukan pemasaran produk dengan lingkup yang luas. Tidak cuma di wilayah sekitar rumah, tetapi juga aktivitas pemasaran secara online. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry