Gampang dan Efektif, Ini 7+ Cara Mengelola Keuangan Pribadi

Penjelasan cara mengelola keuangan pribadi yang efektif dan mudah dilakukan

Cara mengelola keuangan pribadi menjadi keahlian penting bagi setiap orang. Kemampuan ini bisa membantu Anda dalam mencapai tujuan finansial secara efektif dan efisien. Di samping itu, keuangan Anda juga menjadi lebih tertata dan lebih siap dalam menghadapi berbagai situasi di masa mendatang. 

Karena manfaatnya yang sangat besar tersebut, Anda jadi tahu kenapa kemampuan dalam mengelola keuangan pribadi begitu penting, kan? Lalu, bagaimana upaya yang dapat Anda lakukan untuk bisa melakukan pengelolaan keuangan pribadi dengan baik? Ada 8 tips penting yang bisa Anda praktekkan, yaitu: 

1. Buatlah Daftar Perkiraan Pengeluaran Bulanan yang Terperinci

Kalau ingin melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, Anda perlu memiliki catatan lengkap terkait berbagai jenis pengeluaran. Catatan pengeluaran tersebut harus Anda susun secara rinci, mencakup pengeluaran yang bersifat rutin maupun yang tidak rutin. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui seberapa besar pengeluaran setiap bulannya. 

Anda dapat melakukan penyusunan rencana pengeluaran dengan memanfaatkan sarana pendukung. Sebagai contoh, Anda dapat memanfaatkan data mutasi rekening untuk mengetahui berbagai pengeluaran setiap bulan. Selain itu, Anda dapat pula memperhatikan nota belanja atau tagihan yang tersimpan di dompet. 

2. Prioritaskan Pengeluaran

Anda sudah mempunyai daftar perkiraan pengeluaran setiap bulan. Selanjutnya, Anda perlu melakukan identifikasi terhadap setiap sektor pengeluaran. Proses identifikasi bertujuan untuk melakukan penilaian terhadap tingkat prioritas dari masing-masing pengeluaran. 

Dengan mengetahui tingkat prioritas dari setiap pengeluaran, Anda dapat mengetahui jenis pengeluaran yang perlu dibayar terlebih dulu. Beberapa contoh jenis pengeluaran yang perlu Anda utamakan di antaranya adalah: 

  • Berbagai jenis tagihan rutin bulanan
  • Belanja bulanan
  • Cicilan utang
  • Biaya pendidikan anak
  • Asuransi kesehatan

3. Catat Semua Pengeluaran

Langkah cara mengelola keuangan pribadi selanjutnya adalah dengan melakukan pencatatan setiap pengeluaran. Baik untuk pengeluaran yang nilainya besar maupun kecil. Ketika mengeluarkan uang, Anda perlu berupaya untuk bersikap disiplin dan menyesuaikannya dengan anggaran pengeluaran yang telah disusun. 

Pencatatan pengeluaran setiap bulan sangat penting dengan tujuan untuk mengetahui aliran keluarnya setiap uang. Dengan begitu, Anda tidak merasa kaget ketika tiba-tiba mendapati uang di dompet sudah habis padahal masih tanggal muda. 

Pada situasi seperti ini, Anda perlu melakukan evaluasi terhadap pengeluaran. Anda dapat menghapus beberapa jenis pengeluaran yang sifatnya tidak terlalu penting yang umumnya bersifat rekreasi. Contohnya adalah biaya makan di luar, biaya berlangganan layanan streaming, biaya keanggotaan gym, dandan lain sebagainya. 

4. Gunakan Teknologi Keuangan

Menggunakan teknologi keuangan untuk mengelola keuangan

Untuk membantu Anda mendapatkan kemudahan dalam cara mengelola keuangan pribadi, ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan. Tak hanya itu, Anda dapat pula menggunakan aplikasi di smartphone yang membantu untuk melakukan pengelolaan dana investasi secara praktis. 

Beberapa aplikasi yang bisa Anda coba di antaranya adalah: 

  • Finansialku
  • Spendee
  • Stockbit
  • Catatan Keuangan Harian

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Fintech, Platform Keuangan Digital Kekinian

5. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Anda sudah memiliki daftar pengeluaran yang perlu diprioritaskan, termasuk di dalamnya adalah berbagai jenis tagihan. Selanjutnya, Anda pun perlu segera melakukan pembayaran untuk setiap tagihan tersebut. 

Jangan terbiasa menunda pembayaran tagihan, apalagi sampai melewati jatuh tempo. Kebiasaan tersebut bakal sangat merugikan. Anda akan mendapatkan kewajiban pembayaran tambahan berupa denda dan bunga yang nilainya bisa cukup besar. 

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Terdapat Kelebihan Bayar Tagihan Kartu Kredit?

6. Simpan Sebagian Uang untuk Dana Darurat

Tujuan dari cara mengelola keuangan pribadi adalah membantu Anda siap dalam menghadapi berbagai situasi. Ada banyak keadaan yang dapat berpengaruh pada kondisi keuangan. Beberapa contoh situasi tersebut di antaranya adalah: 

  • Kecelakaan yang membuat Anda tak bisa bekerja sementara waktu
  • Menjadi korban PHK
  • Rumah mengalami kerusakan dan butuh perbaikan segera

Berbagai situasi tersebut mengharuskan Anda untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar dalam sekali waktu. Bagaimana cara efektif untuk mengantisipasi kondisi seperti ini? Solusi terbaiknya adalah dengan menyiapkan dana darurat

Kepemilikan dana darurat dapat membantu Anda dalam menghadapi berbagai kondisi sulit. Anda pun bisa melalui berbagai situasi mendesak tanpa perlu menggunakan dana lain maupun berutang. 

7. Hindari Utang Konsumtif

Menghindari hutang konsumtif

Utang yang bersifat positif dan membantu Anda dalam meningkatkan penghasilan memang sangat bagus. Namun, lain halnya kalau Anda berkeinginan untuk memiliki utang dengan tujuan hal-hal yang sifatnya konsumtif. 

Utang konsumtif hanya akan membebani kondisi keuangan Anda. Apalagi, barang-barang konsumtif yang Anda beli memiliki kecenderungan nilai terdepresiasi atau menurun seiring waktu. Ditambah lagi, kemudahan mendapatkan utang lewat pinjaman online atau kartu kredit memiliki persentase bunga yang sangat tinggi. 

Baca juga: Orang Kaya Banyak Hutang, Tapi Malah Tambah Kaya, Kok Bisa?

8. Alokasikan Uang untuk Investasi

Tips terakhir dalam cara mengelola keuangan pribadi adalah mengalokasikan dana khusus untuk keperluan investasi. Investasi bisa memberikan banyak manfaat, termasuk di antaranya adalah sebagai sumber penghasilan tambahan, perlindungan dari inflasi, memperoleh efek compounding, ataupun upaya dalam mencapai financial freedom

Dalam melakukan investasi, Anda tak perlu menyisihkan uang dalam jumlah besar. Anda bisa pula memilih untuk berinvestasi secara bertahap dengan dana terbatas. Ditambah lagi, ada banyak opsi instrumen investasi yang bisa Anda pilih, termasuk di antaranya adalah investasi emas, reksadana, saham, ataupun deposito. 

Nah, sekarang Anda jadi tahu cara mengelola keuangan pribadi yang efektif dan bisa dipraktekkan dengan mudah, kan? Anda dapat mencoba untuk mempraktekkan langkah-langkah tersebut secara bertahap. Kalau sudah terbiasa, Anda akan merasakan manfaatnya secara langsung.

Kemampuan dalam mengelola keuangan pribadi secara khusus sangat membantu bagi Anda yang berstatus sebagai pemilik usaha. Anda pun dapat melakukan pengelolaan keuangan usaha dengan efektif dan efisien. Selain itu, Anda juga bisa merasakan betapa pentingnya tool pendukung usaha seperti YUKK Payment Gateway

YUKK adalah layanan payment gateway terbaik untuk bisnis Anda. Penggunaannya dapat membantu dalam melayani berbagai metode pembayaran online secara praktis. Dengan YUKK Payment Gateway, usaha Anda bisa berjalan lebih lancar dan maju. Yuk, mulai gunakan YUKK Payment Gateway!

Baca juga: Daftar Aplikasi Yukk, Bikin Belanja dan Transfer Nggak Ribet Lagi

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry