Gak Abal-Abal, Inilah Tips Memilih Perusahaan Payment Gateway

Tips memilih perusahaan layanan payment gateway yang aman

Payment gateway adalah sistem transaksi yang dapat membantu merchant menerima pembayaran melalui berbagai metode pembayaran online payment, seperti kartu kredit, transfer bank, e-wallet, dan lain sebagainya. Sistem ini tidak hanya digunakan oleh e-commerce, tetapi juga toko fisik yang menyediakan transaksi digital yang aman

Sebagaimana dikutip dari Weave, ada beberapa alasan mengapa layanan payment gateway sangat penting dalam mendukung pengembangan bisnis. Pertama, sistem ini memberikan kemudahan dalam bertransaksi karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Kedua, layanan payment gateway telah dilengkapi dengan protokol enkripsi yang canggih untuk mengamankan data sensitif. Ini tentunya dapat melindungi merchant dan pelanggan dari upaya tindak penipuan. Dengan payment gateway, kamu juga bisa melayani basis pelanggan yang lebih luas. Pasalnya, payment gateway memungkinkanmu dalam mengumpulkan dana secara online sehingga bisnismu bisa diakses dari mana saja.

Namun, jangan asal memilih perusahaan payment gateway. Untuk itu, simak dahulu tips memilih perusahaan payment gateway tepercaya dan berpengalaman berikut ini. 

1. Pilihlah Perusahaan yang Memiliki Stabilitas Baik 

Saat memilih layanan payment gateway, pastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki stabilitas yang baik. Artinya, perusahaan penyedia layanan payment gateway itu selalu bisa diandalkan dan mengantisipasi sebanyak apa pun pelanggan yang sedang melakukan transaksi. Sebab makin nyaman konsumen dalam bertransaksi, makin besar pula potensi bisnis meraup lebih banyak keuntungan. Oleh karenanya, pastikan bahwa perusahaan payment gateway yang kamu pilih memiliki stabilitas sistem yang konstan, khususnya di saat musim puncak promo atau ketika periode padat pelanggan. 

2. Pilih Perusahaan yang Menyediakan Metode Pembayaran Variatif 

Tips memilih perusahaan payment gateway terbaik adalah dengan melihat seberapa variatif metode pembayaran yang disediakan. Pasalnya, makin lengkap kanal pembayaran yang ditawarkan, makin tertarik konsumen untuk melakukan pembelian. Selain bisa memudahkan transaksi, konsumen pun dapat memilih jenis pembayaran sesuai keinginannya.

3. Pilih Perusahaan yang Sistem Keamanannya Terjamin

Hal penting berikutnya yang perlu kamu jadikan pertimbangkan saat memilih perusahaan payment gateway adalah seberapa aman sistem yang mereka tawarkan. Jangan sampai, karena tergiur biaya layanan yang murah, kamu akhirnya memilih platform secara asal-asalan dan membahayakan keamanan transaksi pada bisnismu. 

Untuk itu, pastikan untuk memilih perusahaan payment gateway yang memiliki sistem keamanan yang memadai dan andal. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisasi terjadinya kejahatan siber.

4. Pilih Perusahaan yang Memiliki Sistem Customer Support yang Responsif 

Tips memilih perusahaan payment gateway berikutnya adalah memastikan sistem layanan pelanggannya sangat responsif. Karena itu, dalam industri pembayaran, sistem customer support yang siap siaga selama 24 jam penuh lebih direkomendasikan. Pasalnya, layanan tersebut bisa mencegah terjadinya kerugian waktu dan uang, yang diakibatkan lambatnya penanganan masalah. 

Di sisi lain, waktu respons yang cepat dapat menentukan kelancaran transaksi pada bisnismu. Sebagai contoh, saat terjadi gangguan, masalah cepat ditanggapi sehingga itu tidak akan mengganggu/menunda jalannya proses transaksi pada bisnismu.

5. Pilihlah Perusahaan dengan Sistem Pay-out yang Efektif

Tidak kalah penting, tips memilih perusahaan payment gateway berikutnya adalah memastikan sistem pay-out-nya efektif. Tentunya, setiap platform memiliki kebijakannya masing-masing. Namun, alangkah baiknya jika kamu memilih perusahaan payment gateway yang menawarkan proses pencairan dana yang tidak memakan banyak waktu. 

Untuk itu, kamu bisa menanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam hal pencairan dana. Lalu, pertimbangkan apakah sistem pay-out tersebut sesuai dengan arus kas keuangan bisnismu atau tidak? 

6. Pilihlah Perusahaan yang Terdaftar sekaligus Diawasi oleh OJK dan BI 

Legalitas tentunya menjadi faktor penting yang patut kamu pertimbangkan saat memilih perusahaan payment gateway. Maka dari itu, pilih penyedia layanan payment gateway yang sudah mengantongi izin resmi dari Bank Indonesia dan diawasi oleh OJK. Selain dapat menunjukkan kredibilitas dari suatu bisnis, legalitas tersebut juga dapat membuat pelanggan makin yakin dalam melakukan transaksi. 

7. Pilih Perusahaan Payment Gateway yang Transparan dalam Urusan Biaya 

Pilih platform yang menawarkan transparansi dalam urusan biaya yang perlu dibayarkan selama kamu memakai jasa payment gateway mereka. Dengan kata lain, kamu harus tahu semua biaya yang akan dikenakan kepadamu sebelum proses instalasi dilakukan.  

Pastikan bahwa perusahaan payment gateway yang dipilih tidak mempunyai biaya tersembunyi seperti misalnya biaya maintenance bulanan, biaya tambahan saat instalasi, ataupun biaya bank.

Demikian tips memilih perusahaan payment gateway terbaik untuk bisnismu. Tidak perlu bingung, YUKK menyediakan solusi payment gateway terbaik untuk UMKM di Indonesia. Nikmati kemudahan pengiriman dana dan pembayaran dalam satu platform yang terintegrasi. 

Pilihan kanal pembayaran yang tersedia juga sangat variatif. Pelangganmu pastinya akan makin nyaman saat melakukan transaksi, mulai dari e-wallet, transfer bank, kartu kredit, virtual account, hingga scan QRIS untuk pembayaran langsung di gerai. Cek layanan lengkapnya di sini yuk!

0
like
1
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry