Frozen Food Sedang Ngetren: Sehat atau Berbahaya?

Sehatkah makan makanan beku?
Ilustrasi (Foto: Klik Dokter)

Saat ini, lebih khusus lagi selama pandemi ini berlangsung, banyak orang memilih sayuran beku. Selain karena bisa disimpan dalam waktu yang lama, juga karena kebersihannya dianggap lebih terjamin. Pasalnya sayuran itu dibersihkan dan dikemas segera setelah dipanen.

Apakah sayuran ini lebih sehat daripada sayuran segar? Apakah kandungan nutrisinya sama dengan sayuran segar? Atau jangan-jangan sayuran ini berbahaya?

Rachel Link, seorang ahli gizi dari New York, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Healthline, mengatakan bahwa sayuran beku mengandung nutrisi yang sama dengan sayuran segar. Sayuran ini diproses dan dikemas dalam kondisi segar setelah dipanen. Dengan demikian, sayuran ini tetap bisa dikonsumsi kapan saja.

Sehatkah makan makanan beku?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food Research International pada tahun 2015 lalu. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa sayuran yang dicuci dan dibekukan hingga dua bulan tidak secara signifikan berubah kandungan kimianya.

“Hanya saja memang ada studi yang menemukan beberapa sayuran dapat memiliki sedikit perbuahan nutrisi ketika dibekukan. Sebagai contoh, satu studi menyebut brokoli beku memiliki kandungan riboflavin (vitamin B) lebih banyak dibandingkan brokoli segar. Sementara kacang-kacangan beku justru berkurang vitamin ini,” jelasnya.

Sehatkah makan makanan beku?
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Sayuran beku aman dikonsumsi karena tidak mengandung tambahan zat pengawet. Meskipun demikian, produk kemasan tertentu menambahkan garam atau gula, sehingga mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes dan hipertensi harus benar-benar memperhatikan label kandungan gizi sebelum mengonsumsinya.

“Jadi, secara umum, sayuran beku tetap bisa jadi pilihan diet yang bernutrisi dan seimbang,” katanya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry