Fenomena Bulan Purnama Strawberry Akan Muncul Jumat Ini

Fenomena Strawberry Moon
Strawberry Moon dilihat di New Jersey pada tahun 2017 lalu (Foto: VIEWpress via Time)

Sebuah fenomena alam akan terjadi pada Jumat (5/6) malam. Fenomena alam itu adalah Strawberry Moon. Namun, fenomena itu tidak terjadi di seluruh dunia. Hanya terjadi di sebagian besar belahan Bumi barat, termasuk Amerika Utara.

Dikutip YUKK dari Live Science,di sebagian besar belahan Bumi timur, bulan purnama pada Jumat mendatang akan menampilkan gerhana bulan penumbra. Itu berarti bahwa Strawberry Moon akan tampak gelap dan keperakan. Menurut NASA, lembaga penerbangan dan antariksan Amerika Serikat, momen penuh bulan akan terjadi pada pukul 15:12 EDT (19:12 UTC). Lantaran bulan tidak akan terlihat di Amerika Utara pada saat itu, disarankan untuk menatap ke langit saat bulan terbit; ketika bulan yang sedikit kurang penuh akan mulai naik pada pukul 8:23 malam EDT (sesaat sebelum Matahari terbenam pada 8:31 malam EDT).

Fenomena Strawberry Moon
Strawberry Moon (Foto: Shutterstock via Live Science)

Mengapa disebut Strawberry Moon? Karena fenomena itu terjadi pada musim tanam stroberi yang relatif singkat di timur laut Amerika Utara. Perlu diketahui bahwa, di Amerika, stroberi bertumbuh pada bulan Juni. Dan nama Strawberry Moon itu dikenali oleh sebagian besar suku Algonquin, Maine Almanac dari Maine Farmer yang dilaporkan sudah tidak ada lagi sejak tahun 1930-an.

Selain Strawberry Moon, masih ada nama lain untuk bulan purnama ini. Ada yang menyebutnya Mead Moon, ada yang menyebutnya Honey Moon, yang lain menyebutnya Rose Moon, dan ada juga yang menyebutnya LRO Moon untuk Lunar Reconnaissance Orbiter yang diluncurkan ke bulan pada 18 Juni 2009 silam. Dan Strowberry Moon ini akan menjadi bulan purnama terakhir pada musim semi sebelum titik balik Matahari musim panas pada 20 Juni.

Fenomena Strawberry Moon
Strawberry Moon terbit (Foto: iStock)

Sementara itu, di sisi lain dunia, bulan purnama Juni ini akan menampilkan gerhana bulan penumbra. Gerhana bulan penumbra secara penuh, seperti dilansir dari space.com,akan dilihat orang-orang di belahan Bumi selatan, termasuk Afrika, Australia, dan Asia Tengah dan Selatan. Dan di pantai timur Amerika Selatan, akhir gerhana penumbra tampak saat bulan terbit.

 

 

#YUKKpakeYUKK#BelanjaOnlinePakeYUKKSaja

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry