Apa Itu E-Wallet? Definisi, Manfaat, dan Cara Kerjanya

apa itu e-wallet?

Pada saat ini, perkembangan teknologi memberikan kemudahan di berbagai aspek kehidupan, termasuk bertransaksi secara digital atau online. E-wallet (electric wallet) adalah satu layanan transaksi digital yang paling sering digunakan oleh masyarakat. E-wallet sendiri bisa sangat populer karena tergolong sebagai salah satu layanan digital yang sangat praktis karena hampir bisa digunakan untuk segala transaksi.

Menurut survei dari InsightAsia, e-wallet menjadi metode pembayaran paling banyak digunakan oleh masyarakat. Dari riset tersebut diketahui bahwa 71% responden mengaku aktif menggunakan dompet digital untuk berbagai transaksi keuangan. Penggunaan e-wallet ini lebih banyak dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya, seperti uang tunai (49%), transfer bank (24%), QRIS (21%), paylater (18%), kartu debit (17%), dan virtual account (16%). Seberapa besar manfaat e-wallet? Mari kita bahas.

Apa yang Dimaksud dengan E-Wallet?

E-wallet merupakan sebuah layanan keuangan berbasis aplikasi yang mempermudah pengguna untuk menyimpan uang dalam bentuk digital dan melakukan berbagai transaksi belanja menggunakan smartphone sebagai metode pembayaran. Dengan e-wallet, pengguna dapat melaksanakan berbagai transaksi, termasuk pembelian barang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, transfer antarpengguna e-wallet, dan pembelian instrumen investasi.

cara kerja e-wallet

Bagaimana Cara Menggunakan E-Wallet?

Langkah pertama adalah memilih e-wallet yang ingin Anda gunakan. Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan akun Anda. Isi informasi yang diminta, seperti nama, nomor telepon, dan alamat e-mail, mengunggah foto selfie, dan melampirkan foto KTP. Setelah identitas pengguna berhasil diverifikasi sebagai identitas yang sah, e-wallet dapat digunakan.

Untuk menjalankan transaksi, pengguna perlu mengisi saldo e-wallet melalui m-banking, ATM, atau convenience store, seperti Alfamidi, Alfamart, dan Indomaret. Setelah itu, e-wallet siap digunakan untuk melakukan pembayaran dalam berbagai transaksi, baik secara digunakan secara digital atau digunakan dalam pada toko biasa yang menyediakan pembayaran digital.

Baca Juga: Masih Bingung Apa Itu e-money? Nih Penjelasan Lengkapnya

Apa Saja Manfaat dari E-Wallet?

E-wallet memberikan sejumlah manfaat bagi para penggunanya. Beberapa manfaat e-wallet sebagai berikut:

1. Bertransaksi dengan mudah

Dengan e-wallet, transaksi pembayaran yang Anda lakukan jadi lebih cepat dan aman. Karena pembayaran dilakukan secara digital, Anda tidak perlu lagi membawa uang banyak di dalam dompet Anda. Ketika ingin melakukan transaksi, kamu cukup melakukan pemindaian QRIS atau menuliskan akun e-wallet yang menjadi tujuan pembayaran. 

2. Dapat digunakan untuk berbagai aktivitas pembayaran

Karena berbasis digital, e-wallet mendukung banyak aktivitas yang bisa digunakan. Kamu bisa menggunakannya untuk membayar jasa transportasi, membeli makan, membayar tagihan bulanan, melakukan transfer uang antarpengguna, dan lain sebagainya. 

3. Memudahkan proses pengelolaan keuangan

Manfaat yang tidak kalah penting adalah membantu Anda untuk mengelola keuangan. Anda bisa memperoleh manfaat ini karena layanan e-wallet sudah disertai dengan fitur pencatatan transaksi masuk dan transaksi keluar. Jadi, setiap kali Anda melakukan transaksi, e-wallet akan mencatat setiap transaksi secara detail dan akurat. 

4. Penyimpanan uang yang aman

Keamanan dalam e-wallet menjadi prioritas utama untuk melindungi informasi keuangan pengguna. Sistem enkripsi tingkat tinggi digunakan untuk melindungi data sehingga dapat meminimalisir ancaman peretas atau akses yang tidak sah. Selain itu, ada autentifikasi ganda dengan PIN, kata sandi atau teknologi biometrik, seperti sidik jari yang dapat meningkatkan lapisan keamanan saat mengakses aplikasi e-wallet. 

5. Menawarkan banyak promo

Untuk menarik lebih banyak pengguna, e-wallet tidak jarang menyediakan promo-promo menarik bagi para pengguna yang melakukan pembayaran dengan e-wallet tersebut. Misalnya, promo cashback pada setiap bulan, potongan harga, gratis ongkos kirim, dan promo-promo lainnya.

perbedaan e-wallet dan e-money

Perbedaan E-Wallet dan E-Money

Memang sudah banyak yang menggunakan e-wallet dan e-money tetapi tidak banyak yang mengetahui perbedaan antara keduanya. Berikut ini perbedaan antara e-wallet dan e-money yang perlu Anda ketahui:

1. Perbedaan bentuk

Perbedaan yang paling mencolok antara keduanya adalah perbedaan dari bentuk. E-wallet adalah sebuah layanan yang berbasis server atau aplikasi, sehingga uang akan tersimpan sepenuhnya di dalam server. Sedangkan e-money menggunakan chip/kartu sebagai basis layanannya. Artinya, e-money perlu media fisik untuk menyimpan uang dan memproses pembayaran. 

2. Penerbit uang elektronik

Perbedaan berikutnya antara e-money dan e-wallet adalah dari sisi penerbit uang elektronik. Penerbit dari e-money adalah pihak bank atau lembaga finansial teknologi. Sedangkan penerbit e-wallet hanya lembaga finansial teknologi. 

3. Pengisian saldo

Pengisian saldo e-wallet hanya dilakukan melalui mobile banking. Sementara itu, untuk mengisi saldo e-money, kamu bisa melakukannya melalui ATM bank penerbit, toko retail, seperti Indomaret dan Alfamidi atau aplikasi mobile banking dengan menggunakan fitur NFC.

4. Kegunaan

Perbedaan selanjutnya adalah dari segi kegunaan. E-money biasa digunakan untuk membayar biaya transportasi pada beberapa moda transportasi, seperti MRT, KRL, dan bus Transjakarta. Bisa juga digunakan untuk membayar tol dan parkir serta karcis/tiket di tempat wisata. Sedangkan e-wallet biasanya dipakai untuk berbelanja, baik secara online melalui e-commerce, maupun secara offline di toko atau pusat perbelanjaan. 

Pakai YUKK Payment Gateway untuk Terima Pembayaran Melalui E-Wallet

Dengan semakin derasnya perkembangan dunia digital, pelaku usaha juga perlu menyediakan metode pembayaran digital agar mempermudah proses transaksi. Di Indonesia sendiri terdapat pilihan pembayaran digital yang semakin beragam. Mulai dari virtual account hingga e-wallet

Mengapa Anda harus menggunakan YUKK Payment Gateway? Karena YUKK Payment Gateway telah terintegrasi dengan banyak dompet elektronik, seperti aplikasi YUKK, DANA, OVO, ShopeePay, dan LinkAja. Dengan demikian, Anda bisa menerima pembayaran dari mana saja dan kapan saja. Biaya transaksinya sangat murah. Mulai dari 1,5% hingga  2,5%. 
Untuk mengetahui lebih lanjut proses perhitungannya, Anda dapat mengunjungi kalkulator harga YUKK Payment Gateway di sini.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry