Demi Kesehatan Hatimu, Jangan Makan 7 Makanan Ini!

Demi Kesehatan Hatimu, Jangan Makan 7 Makanan Ini!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Hati adalah salah satu organ penting. Organ ini bertanggung jawab memecah karbohidrat, membuat glukosa, dan membersihkan tubuh dari racun. Menjaganya tetap sehat adalah kunci umur panjang.

Agar bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal, hati harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Dikutip dari Medical News Today, ada beberapa jenis makanan yang bisa mendukung kinerja hati. Misalnya, oatmeal, teh hijau, anggur, ikan berlemak, kacang-kacangan, dan makanan lainnya yang berbasis tumbuhan.

Selain mengonsumsi makanan yang sudah disebutkan di atas, menghindari makanan yang bisa memperburuk kesehatan hati juga adalah kunci. Berikut ini ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari atau dikurangi agar hati tetap sehat.

French fries

Demi Kesehatan Hatimu, Jangan Makan 7 Makanan Ini!
(Foto: Freepik)

Hati, seperti dikutip dari Eat This, Not That!,bertugas untuk memecah lemak dan mengubahnya menjadi energi. Jika terlalu banyak lemak yang dikonsumsi, beban kerja hati akan menjadi lebih besar. Akibatnya adalah bisa terjadi penumpukan lemak di sel-sel hati atau fatty liver disease.

Kentang goreng harus dihindari atau dibatasi jumlah konsumsinya karena mengandung lemak jenuh yang tinggi. Mengonsumsinya terus-menerus bisa mengakibatkan fatty liver disease, peradangan, hingga komplikasi yang disebut sirosis.

Burger keju

Demi Kesehatan Hatimu, Jangan Makan 7 Makanan Ini!
(Foto: Freepik)

Burger keju juga tinggi lemak jenuh. Dalam satu porsi burger keju terdapat 16 g lemak jenuh. Mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak dan terus-menerus tidak hanya memperburuk kesehatan hati, tapi juga risiko penyakit jantung dan stroke. Disarankan untuk mengonsumsi banyak sayuran. Senyawa alami pada sayuran terutama brokoli, kubis, kembang kol, dan sejenisnya bisa mencegah fatty liver disease.

Whipped cream

Demi Kesehatan Hatimu, Jangan Makan 7 Makanan Ini!
(Foto: Freepik)

Whipped cream biasanya ditambahkan pada banyak kudapan dan minuman, antara lain, es kopi, pancake, dan cheese cake. Rasanya memang manis. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, bisa timbul banyak masalah kesehatan yang serius. Pasalnya krim kocok mengandung banyak kalori, gula, lemak, dan lemak jenuh sekitar 23,2 g.

Butter

Demi Kesehatan Hatimu, Jangan Makan 7 Makanan Ini!
(Foto: Freepik)

Pada umumnya, butter digunakan sebagai bahan pelengkap makanan. Misalnya, dioleskan pada roti. Jika dikonsumsi terus-menerus dan dalam jumlah yang berlebihan, butter bisa memperburuk hati karena kandungan lemak jenuhnya tinggi. Daripada butter, sebaiknya kamu menggunakan minyak zaitun yang kaya akan asam lemak omega 3.

Minyak kelapa

Demi Kesehatan Hatimu, Jangan Makan 7 Makanan Ini!
(Foto: Freepik)

Tidak semua bahan pangan yang terbuat dari tumbuhan itu menyehatkan. Ada beberapa yang mengandung lemak jenuh yang tinggi seperti minyak sawit, minyak kelapa, dan pasta kakao. Jika kamu menggunakan minyak kelapa, gunakan secukupnya saja. Jangan berlebihan. Lebih baik gunakan minyak avokad.

Alkohol

Demi Kesehatan Hatimu, Jangan Makan 7 Makanan Ini!
(Foto: Freepik)

Salah satu tugas hati adalah menyaring dan membersihkan racun, termasuk alkohol. Masalahnya adalah sebagian besar sel hati mati setiap kali menyaring alkohol. Dan banyak kasus fatty liver disease dipicu oleh alkohol.

Soda

Demi Kesehatan Hatimu, Jangan Makan 7 Makanan Ini!
(Foto: Freepik)

Hati memang membutuhkan fruktosa, salah satu tipe gula, untuk membuat lemak. Namun, terlalu banyak gula rafinasi dan sirup jagung yang tinggi fruktosa akan memicu penumpukan lemak, sehingga menyebabkan penyakit liver.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry