Ceker Ayam: Tidak Ada Daging, tapi Kaya Manfaat

Ceker Ayam: Tidak Ada Daging, tapi Kaya Manfaat
Ceker ayam (Foto: Freepik)

Salah satu bagian dari ayam yang juga disukai adalah ceker. Di pasar, ada pembeli yang secara khusus menjual bagian ini. Jumlah pembelinya pun tidak sedikit.

Bagian itu terdiri atas kulit, tulang rawan, dan tendon. Tidak ada daging di situ. Namun, kandungan nutrisinya cukup banyak. Jika diolah dengan tepat, rasanya sangat gurih.

Ceker Ayam: Tidak Ada Daging, tapi Kaya Manfaat
Olahan ceker ayam (Foto: Freepik)

Dikutip YUKK dari Healthline, ceker ayam mengandung vitamin dan mineral. Dalam 2 potong ceker ayam seberat 70 g terdapat protein sekitar 70%. Jumlah itu merupakan jumlah total dari kolagen dan protein struktural yang memberikan bentuk, kekuatan, dan ketahanan kulit, tendon, dan tulang pada ceker.

Selain kolagen dan protein, ceker ayam juga mengandung folat. Bahkan ceker ayam disebut-sebut merupakan sumber folat yang baik. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

Ceker Ayam: Tidak Ada Daging, tapi Kaya Manfaat
(Foto: Freepik)

Dilihat dari nutrisi yang terkandung di dalamnya, tidaklah mengherankan bahwa ceker ayam begitu disukai. Kandungan kolagennya meningkatkan elastisitas dan kepadatan kulit. Kandungan yang sama juga membantu mengurangi nyeri sendi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kolagen memang dapat merangsang jaringan untuk mengurangi gejala osteoartritis.

Tidak hanya itu, kolagen juga dapat meningkatkan pembentukan dan kepadatan tulang pada wanita, terutama pasca menopause. Kolagen juga membantu mengontrol gula darah. Pada saat yang sama, kolagen juga menjaga kesehatan jantung.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry