Jangan Asal Gunting, Ini Cara Tutup Kartu Kredit yang Benar!

Penjelasan cara menutup kartu kredit yang benar

Kartu kredit yang sudah tak lagi Anda butuhkan dan pakai, memang harus segera Anda hancurkan. Namun, Anda tak bisa serta-merta mengguntingnya. Anda perlu tahu cara menutup kartu kredit yang benar sebelum menghancurkannya. Dengan begitu, tidak ada permasalahan yang timbul akibat pengguntingan tersebut. 

Hal yang perlu Anda tahu, ada prosedur dalam setiap penutupan kartu kredit. Anda perlu mengikuti setiap tahapan dalam prosedur tersebut. Kalau tidak, maka bank akan menganggap kartu kredit masih aktif dan tagihan akan terus berjalan. Situasi seperti ini tentunya sangat merugikan, bukan? 

Lalu, bagaimana cara menutup kartu kredit yang benar? Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lalui ketika melakukan penutupan kartu kredit. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya yang perlu Anda pahami: 

Pastikan untuk Membayar Semua Tagihan Sebelum Menutup Kartu Kredit

Setiap tagihan yang muncul atas pemakaian sebuah kartu kredit merupakan tanggung jawab pemiliknya. Oleh karena itu, Anda perlu menyelesaikan semua tanggung jawab tersebut sebelum melakukan penutupan kartu kredit. 

Tagihan pada sebuah kartu kredit tidak hanya cicilan. Namun, Anda juga perlu memperhatikan berbagai jenis biaya yang muncul akibat penggunaan kartu kredit tersebut. Contohnya antara lain adalah: 

  • Bunga
  • Biaya tahunan
  • Biaya denda
  • Biaya over limit

Anda harus memastikan kalau keseluruhan tagihan tersebut telah lunas. 

Baca juga: Biar Ga Terus Diteror DC, Ini 7 Cara Lunasi Pinjaman Online!

Hubungi Layanan Nasabah Bank Penerbit Kartu Kredit

Menghubungi layanan nasabah bank penerbit kartu kredit

Kalau Anda sudah melakukan pengecekan tagihan kartu kredit dan melunasinya semua, langkah selanjutnya adalah dengan menghubungi bank penerbit. Pihak bank menyediakan berbagai saluran komunikasi yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara menutup kartu kredit. 

Anda bisa memanfaatkan jalur komunikasi via call center yang disediakan oleh pihak bank penerbit. Selanjutnya, Anda dapat menyampaikan permintaan penutupan kartu kredit kepada petugas call center. Pihak bank biasanya akan mengarahkan Anda ke petugas bagian pelayanan nasabah yang secara khusus menangani penutupan kartu kredit. 

Dalam proses tersebut, Anda perlu menyampaikan alasan penutupan kartu kredit kepada petugas. Selanjutnya, petugas meminta data yang selanjutnya mereka gunakan untuk keperluan verifikasi serta pemrosesan permohonan penutupan kartu kredit. Tak lupa, Anda perlu menyiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan bank. 

Kirim Surat Kepada Bank Penerbit Kartu Kredit

Selain menghubungi pihak bank untuk keperluan cara menutup kartu kredit, Anda dapat pula melakukan pengiriman surat. Anda bisa mengirimkan surat yang isinya adalah permohonan permintaan penutupan kartu kredit. Biar praktis, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengirimkannya via email. 

Dalam surat permohonan penutupan kartu kredit tersebut, jangan lupa untuk mencantumkan data secara lengkap. Data-data tersebut meliputi nomor kartu kredit, identitas pribadi, serta alasan kenapa Anda mengajukan penutupan kartu kredit.  

Kunjungi Kantor Cabang Bank Terdekat

Mengunjungi kantor cabang bank penerbit kartu kredit

Pihak bank penerbit memang menyediakan berbagai metode yang bisa Anda manfaatkan untuk menutup kartu kredit. Namun, faktanya pihak bank kerap mempersulit prosedur  penutupan kartu kredit yang dilakukan via surat ataupun telepon. Anda bakal memerlukan waktu yang cukup lama sebelum kartu kredit benar-benar ditutup. 

Oleh karena itu, untuk mempercepat proses permohonan penutupan kartu kredit, Anda bisa memilih untuk datang secara langsung ke kantor cabang bank penerbit terdekat. Di situ, Anda bisa menyampaikan permintaan cara menutup kartu kredit secara langsung kepada petugas bank. 

Selanjutnya, petugas akan memberikan formulir permohonan penutupan kartu kredit yang perlu Anda isi secara lengkap. Pihak bank bisa saja membebankan biaya penutupan kartu kredit yang nominalnya tidak terlalu besar. 

Minta Surat Konfirmasi dari Pihak Bank Bahwa Kartu Kredit Anda Telah Ditutup

Kalau Anda sudah menghubungi pihak bank dan mengajukan permohonan cara menutup kartu kredit, langkah selanjutnya adalah meminta bukti penutupan. Bukti tersebut bisa berupa surat konfirmasi yang isinya bahwa bank penerbit telah benar-benar menutup kartu kredit yang Anda pakai. 

Surat konfirmasi penutupan kartu kredit dari bank tersebut adalah bukti tertulis yang perlu Anda miliki untuk memastikan tidak adanya tagihan di masa mendatang. Simpan baik-baik bukti tersebut kalau-kalau muncul tagihan tak diharapkan secara tiba-tiba. 

Hanya saja, pihak bank tidak akan serta-merta memberikan surat konfirmasi penutupan kartu kredit. Terdapat jangka waktu pengiriman surat penutupan kartu kredit yang durasinya berbeda-beda untuk masing-masing bank. Anda perlu menunggu sampai bank mengirimkan surat itu ke alamat rumah. 

Sebagai referensi, Bank Mega memerlukan waktu maksimal 20 hari untuk memproses permohonan penutupan kartu kredit. Sementara itu, BCA membutuhkan waktu kurang lebih selama 2 minggu. Anda dapat meminta informasi lebih jelas kepada pihak bank terkait hal ini. 

Pastikan untuk Menghancurkan Fisik Kartu Kredit

Menghancurkan fisik kartu kredit

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan dalam prosedur cara menutup kartu kredit adalah dengan menghancurkannya. Tahapan ini bisa Anda laksanakan ketika telah menerima surat penutupan kartu kredit dari pihak bank dan menyimpannya. Kalau perlu, Anda dapat memastikan isi surat tersebut dengan menghubungi bank via telepon. 

Nah, sekarang Anda tahu cara yang tepat ketika ingin melakukan penutupan kartu kredit, kan? Anda perlu mengikuti setiap tahapan tersebut kalau sudah benar-benar tidak membutuhkan pemakaian kartu kredit. 

Sebagai tambahan, Anda perlu tahu tool keren yang sesuai dengan kebutuhan para pelaku UMKM di Indonesia, yakni YUKK Payment Gateway. Tool ini bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan sistem pembayaran yang praktis dan modern. Cukup dengan satu tool, Anda bisa melayani berbagai cara pembayaran, termasuk di antaranya: 

Dengan YUKK Payment Gateway, sistem pembayaran jadi lebih praktis dan nyaman. Konsumen pun jadi semakin sering belanja di tempat Anda. Yuk, mulai gunakan YUKK Payment Gateway!

Baca juga: Daftar Aplikasi Yukk, Bikin Belanja dan Transfer Nggak Ribet Lagi

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry