Mau Dapat Bantuan Modal UMKM dari Pemerintah? Ini Syarat & Cara Daftarnya

Cara mendapatkan permodalan usaha dari pemerintah

Ketersediaan modal menjadi hambatan terbesar bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Kabar baiknya, Anda bisa memiliki berbagai pilihan dalam cara mendapatkan permodalan usaha dari Pemerintah. Apalagi, tersedia berbagai pilihan program bantuan modal yang secara khusus ditujukan untuk para pelaku UMKM. 

Macam-Macam Program Bantuan Permodalan Usaha dari Pemerintah

Kesempatan untuk mendapatkan bantuan modal usaha sangatlah luas. Ada berbagai program bantuan khusus bagi UMKM yang bisa kamu manfaatkan. Berikut ini adalah beberapa jenis program bantuan permodalan usaha yang bisa kamu pertimbangkan ketika ingin mengembangkan usaha. 

Bantuan Modal Usaha Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Opsi program bantuan pertama yang bisa Anda dipertimbangkan dalam cara mendapatkan permodalan usaha dari pemerintah adalah KUR. KUR merupakan program pembiayaan yang secara khusus ditujukan bagi para pelaku UMKM, baik yang berstatus perorangan, kelompok usaha, maupun badan usaha. 

Proses penyaluran bantuan modal ini berlangsung lewat lembaga keuangan dengan skema pinjaman. Berbeda dengan jenis pinjaman lain, KUR menawarkan keuntungan pada tingkat suku bunga yang minim karena mendapatkan subsidi dari pemerintah. Pengajuannya pun dapat dilakukan lewat berbagai jenis bank dan lembaga finansial. 

Baca juga: Tips Ampuh Biar Dapat Pinjaman Online yang Cepat dan Mudah

Persyaratan Umum

  • Berstatus sebagai WNI dan mempunyai e-KTP
  • Mempunyai usaha yang sudah beroperasi setidaknya selama 6 bulan
  • Tidak mempunyai tanggungan kredit produktif dari bank yang masih berjalan
  • Diperbolehkan mengajukan pinjaman KUR ketika mempunyai tanggungan KPR maupun kredit kendaraan yang lancar

Persyaratan Dokumen

  • Fotokopi KTP dengan dilengkapi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Surat Nikah, berlaku bagi pemohon yang berstatus kawin
  • Surat keterangan usaha atau izin usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah desa, kelurahan, atau kecamatan
  • Fotokopi dokumen kepemilikan atas barang yang digunakan untuk jaminan, berlaku untuk pengajuan kredit lebih dari Rp25 juta
  • Kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk pemohon KUR ritel

Selanjutnya, Anda pun dapat melengkapi semua persyaratan dan menyerahkannya kepada pihak bank. Pilihan bank yang bisa Anda gunakan bervariasi. Saat ini, ada lebih dari 40 bank yang tercatat sebagai penyalur KUR, termasuk di antaranya adalah BRI, BNI, BTPN, BJB, Bank Jatim, serta Bank Permata. 

Baca juga: Biar Nggak Salah Kirim, Ini Daftar Kode Transfer Bank Indonesia

Bantuan Modal Usaha dari Dana Hibah

Berikutnya, Anda bisa pula memanfaatkan cara mendapatkan permodalan usaha dari pemerintah lewat program dana hibah. Dalam praktiknya, program ini bisa berlangsung dengan dana yang berasal dari berbagai sumber, termasuk pemerintah yang penyalurannya lewat Kementerian Koperasi dan UKM. 

Program bantuan hibah dari pemerintah biasanya berlangsung secara rutin. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkannya sebagai cara mendapatkan permodalan usaha dari pemerintah. Informasinya bisa Anda peroleh dengan bergabung komunitas UKM maupun pemerintah daerah setempat.  

Secara umum, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan ketika ingin mengajukan permohonan dana hibah, yakni: 

  • Surat permohonan dana hibah
  • Proposal usaha
  • Kepemilikan usaha yang sudah berjalan, minimal selama 6 bulan
  • Berstatus WNI, dibuktikan dengan kepemilikan KTP dan KK
  • Dokumen legalitas usaha yang jelas, bisa berupa Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) atau Surat Keterangan Domisili Usaha
  • Mempunyai NPWP atas nama pemohon

Program Bantuan yang Bersifat Insidentil

Terakhir, ada pula pertimbangan cara mendapatkan permodalan usaha dari Pemerintah yang ditawarkan lewat program bantuan bersifat insidentil. Salah satu contoh program yang termasuk dalam kategori ini adalah Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM), lebih populer dikenal sebagai BLT UMKM. 

Program bantuan tersebut dilakukan oleh pemerintah saat terjadi wabah COVID-19. Sasaran target penerimanya adalah UMKM yang terdampak COVID-19. Selanjutnya, mereka yang termasuk dalam daftar penerima BLT UMKM akan memperoleh bantuan modal sebesar Rp1,2 juta. 

Sebagai program yang sifatnya insidentil, persyaratan yang dibutuhkan saat proses pengajuan dapat berbeda-beda. Hanya saja, secara umum program bantuan semacam ini bakal memerlukan persyaratan sebagai berikut: 

  • Berstatus WNI dan mempunyai KTP yang masih aktif
  • Mempunyai usaha kecil yang sudah berjalan setidaknya selama 6 bulan
  • Bukan berstatus sebagai pegawai ASN, TNI/POLRI, maupun BUMN atau BUMD
  • Tidak sedang memperoleh bantuan pembiayaan modal dari lembaga perbankan atau KUR
  • Melampirkan surat keterangan usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat

Cara Mendapatkan Bantuan Permodalan usaha dari Pemerintah

Langkah-langkah mendapatkan permodalan usaha dari pemerintah

Untuk bisa mendapatkan bantuan modal dari pemerintah, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, yakni: 

Susun Proposal Permohonan yang Bagus dan Rinci

Penyusunan proposal menjadi langkah awal yang perlu Anda lakukan. Buatlah dalam format yang baku dan rapi. Selain itu, Anda perlu mempersiapkannya dalam bentuk soft maupun hard copy. 

Baca juga: Ingin Cari Investor Baru? Pahami Cara Buat Proposal Bisnis, Ya!

Ajukan ke Dinas atau Kementerian Koperasi dan UKM 

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengajuan ke lembaga terkait yang menangani proses permohonan bantuan modal. Anda akan menjumpai penawaran berbagai jenis program bantuan. Pilih yang sesuai dengan kriteria usaha serta kebutuhan Anda. 

Lengkapi Persyaratan yang Dibutuhkan

Setiap program bantuan modal memiliki persyaratan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan persyaratan dokumen yang lengkap sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Anda bisa melihatnya di website resmi Kementerian Koperasi dan UKM atau bisa pula bertanya kepada petugas di dinas terkait. 

Aktif Berpartisipasi dalam Pameran UMKM

Langkah yang tak kalah penting dalam upaya mendapatkan bantuan modal UMKM adalah dengan ikut pameran. Lewat upaya ini, Anda memperoleh informasi terbaru baik dari petugas maupun dari sesama pelaku UMKM.

Tips Mendapatkan Bantuan Modal Usaha dari Pemerintah

Sekarang, Anda sudah tahu berbagai pilihan cara mendapatkan permodalan usaha dari pemerintah. Hanya saja, Anda perlu tahu kalau tidak semua permohonan bisa diterima. Ada proses seleksi yang perlu Anda lalui. 

Lalu, bagaimana agar permohonan Anda bisa diterima dan menjadi salah satu penerima bantuan modal usaha? Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, yakni: 

  • Lengkapi setiap persyaratan, terutama berkaitan dengan persyaratan dokumen. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan secara berulang sebelum menyerahkan berkas permohonan bantuan. 
  • Berikan data pendukung terkait usaha secara detail. Termasuk di antaranya adalah data berupa dokumentasi usaha. Tujuannya untuk memastikan bahwa usaha yang Anda miliki benar-benar ada dan tengah berjalan. 
  • Sampaikan informasi terkait usaha secara jujur. Jangan ada data yang ditutup-tutupi dan bahkan dimanipulasi. Khususnya adalah informasi berkaitan dengan kondisi keuangan usaha. Oleh karena itu, usahakan untuk memiliki laporan keuangan sederhana untuk usaha yang Anda miliki.

Baca juga: Ini 8 Trik Rahasia Biar Cepat Dapat Modal Bisnis dari Investor!

Nah, itulah pilihan cara mendapatkan permodalan usaha dari pemerintah serta tips permohonan Anda bisa diterima. Selanjutnya, Anda pun perlu memanfaatkan modal bantuan tersebut untuk upaya dalam pengembangan usaha. Contohnya adalah pembelian alat-alat produksi, modal pembelian bahan baku, atau sewa tempat. 

Pastikan Anda memanfaatkan bantuan modal yang didapatkan secara efektif. Dengan begitu, keberadaannya bisa memberikan dampak positif pada usaha Anda. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan dana tersebut untuk penggunaan tool pendukung seperti YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway merupakan fasilitas pembayaran digital yang membantu Anda dalam menerima berbagai jenis cara pembayaran. Pemakaiannya memberikan peluang bagi Anda untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Apalagi, pelanggan bisa menyelesaikan pembayaran dari mana saja dan kapan saja. 

Yuk, segera manfaatkan layanan YUKK Payment Gateway untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan usaha Anda. Biar lebih maju dan berkembang menjadi perusahaan besar. 

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry