Tingkatkan Omzet Usaha dengan GrabFood, Banyak Untungnya, Lho!

Panduan cara mendaftarkan usaha ke grabfood

Kuliner atau F&B menjadi jenis usaha yang menawarkan tingkat keuntungan menjanjikan. Hanya saja, Anda perlu berhadapan dengan tingkat persaingan tinggi saat menjalankan usaha ini. Oleh karenanya, Anda perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat. Salah satunya adalah dengan cara mendaftarkan usaha ke GrabFood. 

Kelebihan Mendaftarkan Usaha ke GrabFood

Dengan mendaftarkan usaha ke GrabFood, Anda menjadi salah satu dari sekian banyak mitra merchant mereka. Ada berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika berstatus sebagai mitra merchant GrabFood, termasuk di antaranya adalah: 

1. Jangkauan Pelanggan yang Lebih Luas

Gabung menjadi merchant GrabFood memberi kesempatan bagi pelaku UMKM dalam menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Apalagi, tingkat penggunaan GrabFood di Indonesia sangat tinggi. 

Pihak Grab pernah mengungkap secara resmi terkait jumlah pengguna aplikasinya. Namun, menurut laporan We Are Social tahun 2020, pengguna aplikasi Grab di Indonesia mencapai angka 21,7 juta orang. 

Angka penggunaan aplikasi Grab pun mempunyai tren yang terus mengalami peningkatan. Apalagi, saat ini tingkat pemakaian aplikasi pemesanan makanan seperti GrabFood begitu tinggi, khususnya di daerah perkotaan. 

2. Kesempatan Mendapatkan Omzet Tinggi

Tak cuma mendapatkan kesempatan untuk menjangkau segmen pasar lebih luas. Dengan cara mendaftarkan usaha ke GrabFood juga memberikan peluang untuk memperoleh omzet besar. Apalagi, pengguna GrabFood mempunyai kecenderungan untuk belanja makanan dengan nominal yang lebih banyak dibandingkan aplikasi serupa. 

Momentum Works mengungkapkan, nilai transaksi di platform GrabFood Indonesia pada rentang 2021-2022 mencapai angka Rp64,6 triliun. Angka ini mempunyai tren kenaikan secara positif dalam tiga tahun terakhir. Bahkan, nilainya lebih besar 7x lipat dibandingkan ShopeeFood.

3. GrabFood Adalah Platform yang Ramah UMKM

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari cara mendaftar usaha ke GrabFood karena adanya sistem yang ramah terhadap UMKM. Grab menyediakan kemudahan bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk melakukan pendaftaran usaha secara gratis. 

Ditambah lagi, GrabFood memberlakukan sistem pembagian hasil yang transparan kepada setiap mitra merchant. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bakal dikenai biaya tersembunyi yang muncul secara tiba-tiba. 

Panduan Cara Mendaftarkan Usaha ke GrabFood

Dengan berbagai kelebihan tersebut, tak heran kalau banyak UMKM yang gabung menjadi merchant GrabFood. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi salah satu merchant di GrabFood, cara pendaftarannya sangat mudah. Anda bisa mengikuti panduan cara mendaftarkan usaha ke GrabFood lengkap sebagai berikut: 

1. Persiapan Dokumen untuk Pendaftaran Usaha ke GrabFood

Untuk melakukan pendaftaran usaha dan menjadi salah satu merchant GrabFood, Anda perlu mempersiapkan dokumen persyaratan secara lengkap. Dokumen tersebut di antaranya adalah: 

  • Dokumen berkaitan dengan profil pemilik. Anda bisa menggunakan KTP, NPWP, atau paspor. Siapkan foto identitas tersebut secara jelas, terutama pada bagian nama serta nomor KTP.
  • Dokumen terkait toko. Anda juga perlu menyiapkan berkas berkaitan dengan toko atau tempat usaha yang ingin didaftarkan. Berkas atau informasi tersebut mencakup:
    • Nama usaha. Anda perlu menuliskannya sesuai dengan nama yang tercantum di banner toko
    • Nomor telepon yang digunakan
    • Alamat email (usahakan untuk memakai Gmail)
    • Alamat toko secara lengkap dengan disertai titik koordinat
    • Foto bagian dalam dan luar toko
  •  Rekening bank. Anda bisa menggunakan foto buku tabungan atau bisa pula menggunakan screenshot e-banking.
  • Foto makanan. Berkas yang tak kalah penting adalah detail terkait menu yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, Anda perlu melampirkan daftar menu beserta foto makanan secara lengkap. 

2. Cara Mendaftarkan Usaha ke GrabFood via Aplikasi Grab Merchant

Kalau semua dokumen persiapan sudah lengkap, maka Anda bisa mulai melakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 

  • Unduh dan instal aplikasi Grab Merchant. Anda bisa menjumpainya di Google Play Store maupun Apple App Store
  • Lakukan pendaftaran akun dengan mengeklik tombol Daftar
  • Tuliskan nomor telepon serta alamat email aktif dan tekan tombol Lanjutkan
  • Tentukan kategori bisnis dari usaha yang ingin Anda daftarkan ke GrabFood
  • Tuliskan kata sandi sesuai dengan ketentuan dari sistem. Kata sandi tersebut terdiri dari 8 karakter yang disertai dengan huruf kapital, huruf kecil, simbol, serta angka. Setelah itu, klik tombol Buat Akun
  • Tekan tombol Aktifkan Sekarang
  • Cantumkan nomor telepon serta email pada kolom yang tersedia dan tekan tombol Verifikasi
  • Setelah proses verifikasi, Anda perlu melakukan aktivasi. Dalam proses aktivasi, Anda perlu memasukkan beberapa data, termasuk di antaranya adalah jenis usaha, informasi toko, data pemilik, rekening bank, jam buka, dan berkas pendukung lain yang sebelumnya telah dipersiapkan
  • Lakukan pengisian formulir dengan lengkap, dan tekan tombol Kirim
  • Tahapan cara mendaftarkan usaha ke GrabFood selanjutnya adalah verifikasi OVO. Grab Merchant akan meminta Anda untuk melakukan penandatanganan kontrak yang terkirim via email. Di waktu yang sama, OVO akan menghubungi Anda dalam jangka waktu maksimal 2 hari sesudah aktivasi. Oleh karenanya, pastikan Anda mengaktifkan handphone dan mengecek email berkala
  • Sistem akan melakukan peninjauan serta pemeriksaan terhadap formulir pendaftaran secara menyeluruh. Proses ini dapat memakan waktu maksimal 5 hari. 
  • Setelah 5 hari, Anda akan memperoleh pemberitahuan terkait diterima atau tidaknya usaha ANda di GrabFood

Itulah tahapan lengkap cara mendaftarkan usaha ke GrabFood. Selanjutnya, Anda pun bisa mulai menerima orderan dari setiap pelanggan melalui aplikasi ini. 

Sebagai tambahan, pertimbangkan untuk menggunakan layanan pendukung dalam memudahkan pengelolaan usaha Anda. Salah satunya adalah YUKK Payment Gateway yang menyediakan kemudahan dalam cara pembayaran. 

Baca juga: 9 Alasan Pilih Yukk untuk Bisnis, Bayar Mudah Pelanggan Betah

YUKK Payment Gateway punya solusi praktis dalam menghadirkan berbagai metode cara pembayaran. Cukup dengan satu tool, Anda bisa menerima beberapa metode pembayaran digital dari para pelanggan. Praktis.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry