UMKM Naik Kelas! Yuk Kembangkan Usaha dengan Daftar Shopee Food

Panduan cara mendaftar shopee food untuk UMKM

Shopee menjadi platform marketplace yang cukup efektif dalam mendongkrak omzet para pelaku UMKM di Indonesia. Apalagi, Shopee menyediakan berbagai fasilitas yang bisa Anda manfaatkan. Salah satunya, Anda bisa memperoleh manfaat peningkatan omzet dengan cara mendaftar Shopee Food untuk UMKM.

Keuntungan Gabung Menjadi Mitra Merchant Shopee Food

Shopee Food merupakan layanan pesan antar makanan yang saat ini menjadi pesaing ketat aplikasi GoFood. Dengan bergabung menjadi salah satu mitra merchant dari Shopee Food, Anda bisa memperoleh berbagai keuntungan, termasuk di antaranya: 

1. Shopee Food Memiliki Basis Pengguna yang Sangat Besar

Data Similarweb mengungkapkan, Shopee saat ini merupakan marketplace terpopuler di Indonesia dengan tingkat kunjungan mencapai angka 237 juta pengunjung per September 2023. Angka tersebut mempunyai kaitan yang sangat erat dengan tingkat penggunaan Shopee Food karena berada dalam satu aplikasi yang sama. 

Sebagai catatan, studi terpisah dari Similar Web pada 2021 memperlihatkan jumlah pengguna aktif harian atau unique daily actives users aplikasi Shopee mencapai angka 26,92 juta pengguna.

Dengan tingkat kunjungan yang sangat besar tersebut, Anda memiliki peluang besar untuk menjangkau konsumen lebih banyak kalau paham cara mendaftar Shopee Food untuk UMKM. Tak menutup kemungkinan, omzet yang bisa Anda peroleh setiap bulannya bisa meningkat berkali-kali lipat. 

2. Nilai Transaksi Shopee Food yang Sangat Tinggi

Angka penggunaan layanan Shopee Food di Indonesia memang masih kalah kalau dibandingkan dengan GoFood. Meski begitu, nilai transaksi yang bisa didapatkan oleh para mitra merchant Shopee Food sangat tinggi. 

Riset Tenggara Strategics mengungkapkan, Shopee Food mempunyai nilai transaksi terbesar kedua setelah GoFood. Dalam jangka satu tahun, total ada transaksi sebanyak 26,49 triliun di Shopee Food. Angka tersebut mengalahkan pencapaian GrabFood yang hanya berada di kisaran Rp20,93 triliun.

3. Shopee Food Kerap Menawarkan Promo

Para pengguna Shopee Food secara khusus mempunyai ketertarikan pada begitu banyaknya promo serta diskon yang bisa mereka dapatkan. Faktor promo inilah yang kerap mendorong konsumen untuk berlomba-lomba belanja makanan di Shopee Food. 

Ketertarikan pengguna Shopee Food pada penawaran promo dan diskon tidak hanya memberi keuntungan pada Shopee. Anda sebagai pelaku UMKM juga bisa memperoleh manfaat tak kalah besar dengan cara mendaftar Shopee Food untuk UMKM. 

Makin banyaknya penawaran promo membuat usaha Anda bisa lebih ramai. Anda pun berkesempatan untuk memperoleh omzet yang lebih besar. 

4. Dukungan Penuh untuk UMKM

Tak kalah penting, dengan cara mendaftar Shopee Food untuk UMKM, Anda juga berkesempatan untuk memperoleh berbagai dukungan dari Shopee. Dukungan tersebut berupa banyak fasilitas, termasuk di antaranya adalah: 

  • Fasilitas edukasi. Shopee menyediakan layanan edukasi yang mendorong UMKM untuk bisa naik kelas dan mengembangkan usahanya. 
  • Pendampingan bisnis. Shopee juga menghadirkan fasilitas pendampingan kepada pelaku UMKM. Proses pendampingan bertujuan untuk memberikan edukasi, tips, serta saran terkait pengembangan usaha. 
  • Fasilitas pembiayaan. Anda juga memperoleh kesempatan untuk mengakses fasilitas pembiayaan usaha dari Shopee. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kesulitan modal saat ingin mengembangkan usaha.

Cara Mendaftar Shopee Food untuk UMKM

Anda sudah tahu berbagai keuntungan yang bisa diperoleh dengan menjadi mitra merchant Shopee Food. Lalu, bagaimana langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menjadi salah satu mitra merchant Shopee Food? Berikut ini adalah panduan lengkap yang bisa Anda praktikkan: 

  • Unduh aplikasi Shopee Partner yang tersedia di Google Play Store dan App Store
  • Lakukan pendaftaran dengan memasukkan nomor handphone aktif
  • Sistem di aplikasi Shopee Partner akan mengirimkan kode OTP yang perlu kamu masukkan
  • Buat password sesuai dengan ketentuan dari Shopee Partner
  • Selanjutnya, Anda akan dihadapkan pilihan pada pengisian formulir sesuai dengan jenis usaha, apakah berbentuk badan usaha PT/CV atau usaha perseorangan
  • Untuk pelaku usaha yang sudah mempunyai badan usaha, Anda bisa secara langsung melakukan pengisian formulir yang tersedia
  • Sementara itu, bagi Anda yang mendaftarkan usaha perseorangan, bisa memilih opsi Mulai Aktivasi
  • Selanjutnya, Anda perlu melakukan pengisian data identitas pribadi dan melakukan verifikasi. Anda bisa menggunakan KTP maupun SIM
  • Pastikan bahwa data sudah terisi dengan benar. Kalau ada data yang salah maupun kurang, Anda bisa memasukkannya secara manual dan klik tombol Selanjutnya
  • Layar akan meminta Anda untuk melakukan verifikasi wajah. Proses verifikasi dapat Anda lakukan dengan mengambil foto selfie dengan menekan tombol Mulai Verifikasi Wajah
  • Kalau proses verifikasi wajah tak berjalan lancar, terdapat pilihan untuk menggunakan metode lain, yaitu Ambil Foto Diri. Klik tombol Lanjutkan
  • Tahapan cara mendaftar Shopee Food untuk UMKM selanjutnya adalah dengan mencantumkan data merchant secara lengkap. Mulai dari nomor handphone, alamat email, kategori usaha, serta rata-rata pendapatan tahunan. Klik tombol Lanjutkan
  • Lakukan pengisian formulir yang ada di layar, termasuk di antaranya adalah nama toko, nama pendek toko, serta alamat toko
  • Langkah selanjutnya, Anda perlu memasukkan foto usaha yang mempunyai tampilan jelas
  • Tampilan layar selanjutnya akan meminta Anda untuk memasukkan informasi rekening bank secara lengkap. Usahakan memakai nomor rekening atas nama sendiri
  • Berikutnya, layar akan menampilkan pilihan layanan. Kalau Anda punya usaha kuliner, bisa memilih opsi ShopeePay dan ShopeeFood. 
  • Selanjutnya, Anda perlu melakukan pengaturan tampilan toko. 
  • Proses pendaftaran selesai. Selanjutnya, Shopee akan mengirimkan email konfirmasi pendaftaran dan meminta Anda menunggu proses peninjauan yang memakan waktu antara 1-5 hari kerja. 

Nah, itulah panduan lengkap cara mendaftar Shopee Food untuk UMKM. Sangat mudah, kan? Sebagai pelengkap, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan layanan pembayaran pendukung yang modern seperti YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway menghadirkan solusi cara pembayaran yang praktis. Dengan satu layanan payment gateway, Anda bisa menyediakan beberapa cara pembayaran digital sekaligus kepada pelanggan. 

0
like
0
love
1
haha
0
wow
0
sad
0
angry