7 Langkah Cara Membuat Kartu Kredit, Cepat dan Mudah!

Penjelasan urutan cara membuat kartu kredit ke bank

Kepemilikan kartu kredit memberikan banyak kemudahan dalam bertransaksi serta memenuhi kebutuhan mendadak. Oleh karena itu, banyak orang tertarik untuk memilikinya. Lalu, apakah cara membuat kartu kredit sulit dan memerlukan proses yang lama dan kerap memperoleh penolakan dari bank? 

Pada kenyataannya, proses pembuatan kartu kredit sangat ringkas dan mudah. Kalau kamu sudah memenuhi setiap persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak bank, pengajuan kartu kredit dapat diterima dengan cepat. Untuk bantu kamu dalam mengajukan kartu kredit secara mudah, berikut ini panduan cara pembuatannya: 

1. Kunjungi Situs Bank Penyedia Layanan Kartu Kredit

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat kartu kredit adalah dengan mengunjungi bank. Kamu tidak perlu secara langsung mendatangi kantor bank terdekat. Sebagai gantinya, kamu dapat mengakses website resmi bank yang menyediakan layanan kartu kredit. 

Langkah awal mengunjungi website penyedia kartu kredit berguna sebagai pencarian informasi. Di sini, kamu dapat mengumpulkan informasi terkait syarat pengajuan kartu kredit dari masing-masing bank. Secara umum, persyaratan pengajuan kartu kredit yang berlaku di antaranya: 

  • Kartu kredit utama mempunyai syarat pengajuan berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun
  • Kartu kredit tambahan memiliki syarat pengajuan berusia antara 17 tahun hingga 65 tahun
  • Kartu identitas, bisa berupa KTP, SIM, maupun paspor
  • Fotokopi surat keterangan penghasilan atau bisa pula memakai slip gaji
  • Bagi yang sudah pernah pakai kartu kredit perlu mencantumkan tagihan kartu kredit 3 bulan terdahulu
  • Kalau berstatus sebagai pelaku usaha, kamu perlu melampirkan fotokopi rekening koran 3 bulan terdahulu
  • Pemohon berstatus pemalku usaha perlu mencantumkan akta pendirian usaha, TDP, dan SIUP
  • Pemohon yang berstatus sebagai profesional perlu mencantumkan surat keterangan izin praktik

2. Pilih Bank Penerbit Kartu Kredit

Langkah berikutnya dalam cara membuat kartu kredit adalah dengan memilih bank penerbit. Kamu dapat memilih berbagai jenis bank yang menyediakan layanan kartu kredit. Sebagai pertimbangan, kamu dapat memilih berbagai bank terkemuka di Indonesia, seperti: 

  • BCA
  • BRI
  • Bank Mandiri
  • BNI
  • Bank Danamon

Ada baiknya kamu melakukan perbandingan dari setiap produk kartu kredit masing-masing bank penerbit. Dari situ, kamu dapat mengetahui kelebihan serta kekurangan dari setiap layanan kartu kredit. Selanjutnya, kamu tinggal menentukan pilihan pada kartu kredit yang sesuai kebutuhan dan menawarkan benefit lebih banyak. 

3. Persiapkan Semua Dokumen yang Diperlukan

Tahapan berikutnya ketika kamu ingin mengajukan permohonan kartu kredit ke bank adalah dengan menyiapkan semua dokumen. Setiap bank memiliki persyaratan berbeda-beda dalam pengajuan kartu kredit. Namun, kamu sudah mengetahui gambaran umumnya pada persyaratan yang telah disebutkan. 

Baca persyaratan permohonan kartu kredit dengan cermat. Selanjutnya, pastikan bahwa kamu sudah melengkapi semua persyaratan tersebut dengan lengkap. Lakukan pengecekan ulang biar kamu tidak membuang banyak waktu karena harus bolak-balik melakukan pengajuan ke bank. 

4. Mengisi Formulir Aplikasi Secara Lengkap dan Jujur

Langkah selanjutnya dalam cara membuat kartu kredit adalah dengan menyerahkan dokumen persyaratan ke bank penerbit. Dalam proses penyerahan tersebut, kamu akan diminta untuk melakukan pengisian formulir aplikasi permohonan kartu kredit. Isi formulir dengan benar, jujur, serta lengkap. 

Dalam praktiknya, banyak orang tergoda untuk melakukan manipulasi data dengan menuliskan informasi yang salah pada formulir aplikasi permohonan kartu kredit. Tujuannya biar bisa mendapat persetujuan dengan lebih mudah dari pihak bank. Alih-alih diterima, permohonan kamu bakal mendapatkan penolakan bank. 

5. Melakukan Verifikasi

Bank dapat dengan mudah mendeteksi adanya pemalsuan data ketika kamu sengaja berbohong saat mengisi formulir aplikasi kartu kredit. Apalagi, kamu akan melewati proses yang disebut sebagai verifikasi. Tujuan dari tahapan verifikasi ini adalah untuk melakukan pengecekan kebenaran data dari setiap pemohon kartu kredit. 

Proses verifikasi dapat berlangsung via telepon, dengan durasi setidaknya 2 minggu sesudah kamu melakukan pengajuan kartu kredit. Tahapan verifikasi tidak hanya berlangsung dengan melakukan sambungan telepon kepada pemohon. Pihak bank dapat pula menghubungi saudara atau kerabat yang tinggal tidak satu rumah dengan pemohon. 

6. Menunggu Persetujuan dari Pihak Bank

Setelah verifikasi berlangsung, maka kamu perlu menunggu persetujuan dari pihak bank. Durasi waktu persetujuan dari pihak bank dapat bervariasi, bergantung kelengkapan dokumen yang kamu kirimkan. Biasanya, proses verifikasi berlangsung sekitar 7-14 hari kerja. 

Kalau pengajuan kamu sudah menjalani verifikasi dan diterima, kartu kredit tidak akan secara langsung kamu terima. Pihak bank biasanya melakukan pengiriman kartu kredit paling lama adalah 14 hari kerja. 

7. Mengaktifkan Kartu Kredit

Kalau bank penerbit sudah memberi persetujuan, kamu tinggal menunggu pengiriman kartu kredit ke alamat rumah. Setelah menerima kartu kredit, kamu tidak bisa serta-merta menggunakannya untuk bertransaksi. Kamu perlu terlebih dahulu melakukan aktivasi kartu kredit tersebut. 

Aktivasi kartu kredit dapat kamu lakukan dengan berbagai metode. Kamu bisa menggunakan layanan call center, SMS, maupun aplikasi. Setelah aktivasi, kamu bisa mulai memanfaatkan kartu kredit untuk berbagai kebutuhan. 

Nah, sekarang kamu tahu kalau cara membuat kartu kredit sangatlah mudah, kan? Kamu dapat melakukannya dan mulai mendapatkan berbagai manfaatnya. Hanya saja, jangan sampai kamu menggunakan kartu kredit secara berlebihan sehingga mengganggu keuangan, ya!

Sebagai informasi tambahan, ada layanan penting yang perlu kamu manfaatkan dalam membantu pengelolaan usaha. Layanan tersebut adalah YUKK Payment Gateway yang berguna dalam memudahkan proses pembayaran oleh para konsumen. YUKK memungkinkan kamu untuk menerima segala jenis pembayaran di satu tempat. 

Kamu bisa menggunakan YUKK Payment Gateway untuk menerima transaksi memakai e-wallet, virtual account, kartu kredit, maupun QRIS. Dengan begitu, konsumen bisa melakukan pembayaran secara lebih praktis dan mudah. Yuk, mulai gunakan YUKK Payment Gateway!

0
like
1
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry