Cara Bikin Daging Ayam yang Empuk dan Gurih

Cara bikin daging ayam yang enak dan empuk
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sepotong ayam panggang atau ayam goreng bisa menjadi lauk yang tepat untuk makan malam atau siangmu. Apalagi ditambah dengan menu lain yang lebih segar dan variatif. Makan siang atau malammu akan menjadi sangat menyenangkan.

Masalahnya adalah tidak semua orang tahu bagaimana membuat daging ayam menjadi lebih lembut. Dibutuhkan lebih dari sekadar “bisa masak” untuk menyajikan sepotong daging ayam bertekstur lembut. Harus ada keterampilan khusus. Jika tidak, daging ayam akan terasa alot.

Apa yang harus kamu lakukan agar daging ayam olahanmu lembut dan enak? Berikut ada beberapa trik sederhana yang bisa kamu ikuti:

Oleskan susu

Cara bikin daging ayam yang enak dan empuk
(Foto: Freepik)

Tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya susu bisa membuat daging ayam menjadi sangat lembut. Jamie Oliver, salah satu koki terkenal seperti dikutip Reader’s Digest, mengatakan bahwa olesan susu membuat daging ayam cepat lunak. Mengapa? Karena ada enzim di dalam susu yang membuat daging cepat lunak. Susu juga menciptakan saus krim yang membuat ayam panggang terasa lebih segar.

Jangan gunakan bahan berlebihan

Cara bikin daging ayam yang enak dan empuk
(Foto: Freepik)

Ada orang yang menggunakan begitu banyak bahan untuk membuat daging ayam lebih lunak dan enak. Sebenarnya tidak perlu seperti itu. Kamu cukup memanggangnya dalam oven yang panas. Taburkan garam yang cukup dan oleskan mentega. Ayam akan lembut dan gurih.

Ikat kaki ayam

Cara bikin daging ayam yang enak dan empuk
(Foto: Istimewa)

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah, mengikat kaki ayam. Cara ini dianggap menjaga daging tetap lembap. Juga dapat membuat ayam matang secara merata.

Taburkan garam secara menyeluruh

Cara bikin daging ayam yang enak dan empuk
(Foto: Freepik)

Ini adalah cara yang paling sederhana. Cukup taburkan garam pada seluruh bagian daging ayam. Garam membantu menjaga bagian dalam ayam untuk tetap lembap dan menghasilkan daging yang lembut dan gurih.

Panggang dalam oven yang sangat panas

Cara bikin daging ayam yang enak dan empuk
(Foto: danterestoran.ru)

Pangganglah daging ayam dalam oven bersuhu 450 derajat Celcius sampai benar-benar matang. Kira-kira selama 50-60 menit. Setelah itu, oleskan daun thyme yang sudah dicincang di atas panggangan. Sebelum disajikan, oleskan kembali mentega dan saus pada ayam. Cara seperti ini akan membuat daging ayam lebih lembut dan lezat.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry