Benarkah Malas Kencing Malam Bisa Bikin Serangan Jantung?

Benarkah tahan kencing malam hari bisa sebabkan serangan jantung?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Beberapa hari lalu, beredar pesan berantai melalui WhatsApp. Isinya adalah anjuran untuk tidak menahan kencing pada malam hari, khususnya ketika sedang tidur. Alasannya adalah tidak kencing pada malam hari bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan membuat usia jantung makin menua.

Benarkah menahan kencing pada malam hari bisa meningkatkan risiko serangan jantung? Menurut dr. Eka Ginanjar, SpPD-KKV., FINASIM., FACP, ahli penyakit dalam dan konsultan kardiovaskuler, kabar tersebut tidaklah benar. Kementerian Kominfo, dalam lamannya, pun sudah mengatakan bahwa pesan berantai itu adalah hoax.

Benarkah tahan kencing malam hari bisa sebabkan serangan jantung?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Kencing malam tidak terkait langsung dengan risiko serangan jantung. Yang benar, jika sering kencing malam, maka patut diwaspadai kemungkinan diabetes. Nah, salah satu komplikasi diabetes adalah gangguan jantung,” jelas dr. Eka seperti dilansir detikcom.

Dokter, dalam proses pengobatan terhadap penderita penyakit jantung, memang memberikan obat yang membuat si penderita sering buang air kecil. Tujuannya adalah mengurangi cairan dalam tubuh, sehingga kerja jantung tidak terlalu berat. Salah satu obat yang biasa diberikan adalah furosemide.

Benarkah tahan kencing malam hari bisa sebabkan serangan jantung?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Namun, dokter biasanya menyarankan jangan diminum pada malam hari karena khawatir pasien terus terbangun karena pengen pipis. Kalau sudah begini, apalagi terbangun 4-6 kali, nanti mengganggu kualitas tidur pasien,” sambungnya.

Kencing pada malam hari sebenarnya bukanlah masalah. Itu jika terjadi hanya 1 kali selama periode tidur malam. Jika lebih dari itu, patut diwaspadai. Bisa saja itu terjadi karena diabetes. Pasalnya, pada pasien diabetes, kadar gula yang terlalu tinggi akan mengganggu keseimbangan cairan. Hal ini berdampak pada kerja ginjal dan fungsi jantung.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry