Begini Strategi Jitu Menghindari Denda dan Bunga Kartu Kredit

Begini strategi jitu menghindari denda dan bunga kartu kredit
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kartu kredit bisa sangat membantumu jika kamu menggunakannya dengan bijak. Tidak jor-joran berbelanja online. Tidak menggunakannya dengan sesuka hati. Jika tidak, kamu menghadapi masalah besar.

Pernah dengar ada nasabah kartu kredit yang main “kucing-kucingan” dengan pihak bank dan penagih kartu kredit? Itu karena mereka tidak membayar tagihan kartu kredit yang membengkak. Belum lagi bunga dan denda yang terus bertambah.

Supaya kamu tidak mengalami masalah persis seperti itu, ada 5 strategi jitu yang harus kamu lakukan:

1. Catat Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran Kartu Kredit

Catat tanggal jatuh tempo pembayaran kartu kredit
Ilustrasi (Foto: Canva)

Strategi pertama adalah mencatat tanggal penagihan iuran kartu kredit. Kamu harus tahu bahwa tanggal jatuh tempo adalah 15 hari setelah tanggal cetak transaksi. Jika tanggal cetak transaksi kartu kreditmu adalah 5 April, maka tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan adalah 20 April.

Jika kamu membayar iuran kartu kreditmu secara lunas atau full payment sebelum tanggal 20 April, kamu tidak terkena bunga sama sekali. Namun, jika kamu membayar dengan cara menyicil atau kurang dari 100% nilai tagihan, sisa tagihan kartu kredit akan terkena beban bunga pada tagihan bulan berikutnya. Dan jika kamu membayar iuran setelah jatuh tempo, kamu akan dikenakan denda keterlambatan.

2. Jumlah Tagihan Kartu Kredit yang Dibayarkan Harus Tepat

Jumlah tagihan kartu kredit yang dibayarkan harus tepat
Ilustrasi (Foto; Canva)

Berapa jumlah tagihan bulananmu? Catat itu dengan tepat. Jangan sampai salah. Kamu harus memastikan bahwa jumlah iuran yang kamu bayar sama dengan yang tercetak. Bayar semuanya dengan tepat, hingga nominal terkecil sekalipun karena bank tetap akan mengenakan bunga jika kamu meninggalkan satu rupiah tagihan di dalam kartu kredit.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Terdapat Kelebihan Bayar Tagihan Kartu Kredit?

3. Atur Jadwal Pembayaran Tagihan Kartu Kredit

Atur jadwal pembayaran tagihan kartu kredit
Ilustrasi (Foto; Canva)

Supaya tidak lewat jatuh tempo, kamu harus bisa mengatur jadwal pembayaran semua tagihanmu. Misalnya, kapan kamu harus membayar iuran listrik, kapan membayar iuran air, dan kapan membayar tagihan kartu kredit. Jadi, tentukan tanggal dan bayarlah iuran kartu kreditmu sebelum jatuh tempo pembayaran. Dengan cara ini, kamu tidak kebingungan ketika akan membayar tagihan setiap bulan.

4. Kirim Billing Pembayaran Kartu Kredit Lewat Email

Kirim billing pembayaran kartu kredit lewat email
Ilustrasi (Foto; Canva)

Mengapa banyak orang terlambat membayar iuran kartu kredit? Bisa jadi karena hal ini: billing kartu kredit dikirim melalui surat ke rumah atau kantor. Untuk mengatasi masalah ini, pilihlah tagihan lewat e-mail. Lalu catat atau atur pengingatnya agar kamu membayarnya sebelum tanggal jatuh tempo.

5. Bayar Tagihan Kartu Kredit Lewat Aplikasi Pembayaran

Bayar tagihan kartu kredit lewat aplikasi pembayaran
Ilustrasi (Foto; Canva)

Bayar tagihan lewat ATM memang bisa menjadi pilihan. Namun, cara ini bisa menjadi hambatan karena yang menggunakan ATM tidaklah sedikit. Cara paling aman adalah membayar tagihan melalui aplikasi pembayaran.

Baca juga: Gampang Banget! Ini 7 Cara Mengatasi Uang Hilang di ATM!

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi YUKK Payment Gateway. Tidak hanya lebih mudah dan cepat, tapi juga lebih menguntungkan. Mengapa? Karena ada cashback 25%. Cashback diberikan dalam bentuk YUKKPoint dengan jumlah maksimal mencapai 25.000 poin. Poin-poin ini bisa kamu gunakan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain melalui aplikasi YUKK.

Baca juga: Lewat Satu Gateway, YUKK Merchant Bikin Bisnis Jadi Tak Rumit

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry