Begini Cara Mengolah Daging Kurban Agar Empuk

Begini Cara Mengolah Daging Kurban Agar Empuk
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Hari ini, Selasa (20/7), umat Islam di seluruh dunia merayakan Iduladha 1442 Hijriah. Sering juga disebut Hari Raya Kurban karena pada hari ini hewan disembelih untuk ibadah kurban. Hewan yang disembelih adalah sapi, kambing, domba, kerbau, dan unta. Daging hewan kurban itu kemudian dibagikan kepada mereka yang tidak mampu.

Bagaimana mengolah daging hewan kurban itu agar empuk? Ini adalah masalah yang dihadapi hampir semua orang. Pasalnya daging kurban sering terasa alot. Penyebabnya adalah jeda waktu antara proses penyembelihan dan pemasakannya begitu cepat. Hewan kurban disembelih pagi hari, siangnya sudah dimasak. Hal ini membuat daging sapi maupun kambing tidak mengalami proses aging atau pelayuan yang penting untuk membuatnya empuk. Padahal proses ini idealnya berlangsung minimal 18 hari.

Begini Cara Mengolah Daging Kurban Agar Empuk
Teknik sous-vide (Foto: Omaha Steaks)

Lalu bagaimana membuat daging kurban lebih empuk? Chef Degan Septoadji memberikan beberapa cara sederhana. Bisa dengan merebusnya, presto, atau dengan teknik sous-vide.

Teknik sous-vide adalah sebuah teknik memasak Prancis kuno yang ditemukan oleh Benjamin Thompson paa 1799. Sebuah teknik yang sangat unik. Caranya adalah memasukkan bahan makanan ke dalam kantong plastik kedap udara dan memasukkannya ke dalam wadah berisi air dengan suhu tertentu. Biasanya sekitar 600 C atau 1400 F.

Begini Cara Mengolah Daging Kurban Agar Empuk
Bungkus daging dengan daun pepaya (Foto: Sindonews)

“Kalau saya bikin sate kambing, kadang menggunakan buah nanas segar yang digiling kasar lalu dilumurkan pada daging. Tapi jangan kelamaan karena kalau kelamaan, dagingnya hancur,” kata mantan juri MasterChef Indonesia ini seperti dikutip YUKK dari detikFood.

Cara lain untuk mengempukkan daging kurban adalah menggunakan daun pepaya. Cara ini biasanya digunakan oleh Chef Stefu Santoso, Executive Chef Aprez Catering.

“Mengempukkan daging secara tradisional tentu saja menggunakan daun pepaya yang ditutup. Tapi sebenarnya tidak bisa menjamin 100% karena kembali lagi pada usia hewan kurban dan cara memasaknya,” katanya.

Begini Cara Mengolah Daging Kurban Agar Empuk
Ilustrasi (Foto; Crello.com)

Agar daging kurban lebih empuk, cara memasak yang disarankannya adalah stew atau wet cooking. Misalnya, mengolahnya menjadi sup, gulai, semur, atau rendang.

“Lebih baik proses cooking dengan masak stew. Cara masaknya harus basah karena membantu proses pengempukan,” katanya.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry