Apa Itu QR Code? Cara Bayar yang Praktis & Gampang Banget!

Mengenal apa itu QR code

Quick response code atau QR code menjadi teknologi yang kini penggunaannya sangat populer. Penggunaannya pun beragam, mulai dari menampilkan informasi kontak, akses WiFi, dan tentunya sebagai sarana pembayaran. Pemakaiannya bisa memberikan banyak kemudahan. Namun, apakah Anda  benar-benar paham apa itu QR code

Apa Itu QR Code?

Teknologi QR code muncul pertama kali pada 1994 oleh DENSO WAVE yang merupakan salah satu divisi di DENSO Corp, Jepang. Masyarakat Jepang pun mulai menggunakannya secara luas pada 2002. Hanya saja, tingkat penggunaannya sangat minim. Bahkan, Pada 2012, riset Inc memperlihatkan bahwa hampir 97% responden tidak memahami apa itu QR code

Namun, situasinya mulai berubah sejak tahun 2014. Popularitas smartphone mendorong peningkatan angka pemakaian QR code. Angka penggunaannya di Indonesia meningkat drastis sejak tahun 2020 saat pandemi COVID-19. Pemanfaatannya berguna dalam meminimalkan kontak secara langsung. 

Lalu, apa itu QR code? QR code adalah jenis kode yang termasuk dalam kategori barcode. Seperti halnya barcode, Anda bisa membaca informasi yang tersimpan pada QR code menggunakan aplikasi scanner. Hanya saja, QR code mempunyai kemampuan menyimpan data lebih banyak dibanding barcode

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan QR Code dan Barcode!

QR code mempunyai ciri khas pada bentuknya yang dua dimensi, dapat menyimpan data secara vertikal dan horizontal. Data yang tersimpan di dalamnya bisa beragam, termasuk huruf, angka, simbol, dan bahkan huruf kanji kanji ataupun hiragana. Secara keseluruhan, QR code dapat Anda pakai untuk menyimpan 4.269 karakter alfanumerik atau 7.089 digit angka. 

Fungsi QR Code

Kegunaan QR code

Pemanfaatan QR code sangat fleksibel. Untuk memahami pemakaiannya, Anda perlu mengetahui jenis QR code, yaitu: 

QR Code Statis

Jenis kode ini mempunyai bentuk yang sederhana dan Anda tak bisa mengubah atau mengedit informasi yang tersimpan di dalamnya. Beberapa pemanfaatan QR code statis di antaranya adalah: 

  • Transaksi pembayaran
  • vCard
  • WiFi
  • Undangan pernikahan
  • ID karyawan
  • Dokumentasi produk

QR Code Dinamis

Berikutnya, ada QR code dinamis yang memungkinkan Anda untuk mengubah informasi di dalam kode. Pemakaiannya pun sangat beragam, termasuk di antaranya adalah: 

Cara kerja QR Code

QR code mempunyai cara kerja yang cukup sederhana. Kode ini akan bekerja ketika seseorang melakukan pemindaian menggunakan aplikasi scanner di smartphone. Selanjutnya, aplikasi scanner akan menginterpretasikan kode dan men-trigger informasi yang tersimpan di dalamnya. 

Berkaitan dengan cara kerja QR code, Anda akan menjumpai beberapa elemen yang terkandung di dalamnya, yaitu: 

  • Positioning marking. Elemen ini berupa 3 kotak yang ada di bagian pojok QR code. Fungsinya adalah untuk memastikan bahwa pemindaian berlangsung dengan tepat dan cepat. 
  • Alignment marking. Bagian ini bisa Anda temukan berbentuk kotak yang ada di tengah kode. Keberadaannya berguna untuk menjaga fungsi QR code agar tetap bisa dipindai pada permukaan yang rata ataupun melengkung.
  • Timing pattern. Komponen ini berupa beberapa kotak kecil yang berdampingan. Keberadaannya berguna untuk menginformasikan seberapa besar matriks data yang tersimpan di dalam QR code.
  • Quiet zone. Anda bisa mengetahui quiet zone berupa area kosong yang berlokasi di bagian paling luar QR code. Bagian ini memiliki fungsi layaknya white space untuk memudahkan pemindaian kode.
  • Version information. Ada sekitar 40 versi QR code yang bisa Anda temukan. Hanya saja, versi QR code yang paling umum adalah versi 1 hingga versi 7.
  • Format information. Komponen ini berguna sebagai toleransi terjadinya error.
  • Data and error correction module. Komponen terakhir ini berguna untuk menyimpan data. Anda pun bisa menjumpai adanya error correction block yang memungkinkan proses pemindaian tetap berlangsung meski terdapat kerusakan kode mencapai 30%.

Keuntungan Menggunakan QR Code

Angka penggunaan QR code sangat populer. Hal ini tidak lepas dari berbagai keuntungan yang bisa Anda peroleh dari pemanfaatan QR code, terutama sebagai sarana pembayaran. Keuntungan tersebut di antaranya adalah: 

Dapat Dipindai Secara 360 Derajat

Saat memahami apa itu QR code, Anda akan tahu kalau proses pemindaian bisa dilakukan dari berbagai sudut. Anda bisa memindainya dari samping, atas, ataupun bawah. Bahkan, Anda bisa pula melakukan pemindaian dari jarak cukup jauh. 

Koreksi Kesalahan

QR code yang tercetak bisa terlipat atau rusak. Meski begitu, kode ini tetap bisa Anda pindai dengan benar. Alasannya, karena QR code mempunyai kemampuan dalam mengoreksi kesalahan pemindaian. 

Pemrosesan Informasi yang Cepat

Keuntungan terakhir adalah pemrosesan data yang berlangsung cepat. Bahkan, pemrosesan tersebut jauh lebih cepat dibandingkan ketika Anda melakukannya secara manual. Dengan begitu, proses pembayaran konsumen dapat berlangsung singkat. 

Nah, itulah informasi lengkap mengenai apa itu QR code yang memiliki manfaat besar bagi para pelaku usaha. Untuk pemanfaatan QR code sebagai sarana metode pembayaran, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. 

Solusi tepat yang bisa membantu Anda untuk memperoleh cara pembayaran berbasis QR code adalah menggunakan layanan YUKK Payment Gateway. Dengan YUKK Payment, Anda pun bisa melayani pembayaran konsumen dengan lebih cepat dan nyaman. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry