Payment Point Online Bank: Jenis & Cara Kerjanya

Payment Point Online Bank

Pembahasan tentang apa itu PPOB cukup familiar di tengah masyarakat awam. Sebab, PPOB telah menjadi suatu bisnis yang menjanjikan. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan PPOB? Apa saja jenis layanan yang tersedia? Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangannya? Seperti apa cara kerjanya?

Pengertian PPOB

PPOB alias Payment Point Online Bank adalah sistem pembayaran tagihan secara online yang terpadu dan terintegrasi dengan memanfaatkan fasilitas perbankan. Jadi, melalui PPOB, Anda tidak perlu lagi mengantri di masing-masing loket pembayaran untuk melunasi tagihan. 

Inovasi ini membuat pembayaran menjadi lebih cepat, mudah, dan praktis. Selain itu, kehadiran PPOB juga menghemat tenaga, waktu, sekaligus biaya. Dulu, penyedia layanan PPOB masih sangat terbatas, namun saat ini, hampir semua penyelenggara jasa keuangan menawarkan fitur tersebut.

Baca juga: 11 Metode Pembayaran Online Legal, Nomor 7 Paling Praktis!

Jenis – Jenis Layanan PPOB

Jenis Layanan PPOB

Lantas, tagihan apa saja yang bisa dibayarkan melalui layanan Payment Point Online Bank ini? Banyak sekali tagihan yang termasuk dalam layanan PPOB, yaitu:

Pembayaran Listrik

Tagihan yang paling banyak dibayarkan menggunakan PPOB tidak lain adalah pembayaran tagihan listrik. Hal ini tidak terlepas dari peran PLN yang menjadi perusahaan pertama pencetus layanan pembayaran satu pintu tersebut, sebelum kemudian instansi dan perusahaan lain ikut bergabung.

Untuk layanan pembayaran listrik sendiri, PPOB menyediakan dua pilihan. Pertama adalah tagihan listrik pascabayar dan yang kedua token listrik. Jadi, baik pelanggan kelistrikan model lama (pascabayar) maupun baru (prabayar), sama-sama terakomodasi melalui layanan PPOB ini.

Baca juga: Tagihan PLN Bengkak? Coba 7 Tips Menghemat Listrik Ini, Yuk!

Kartu Pascabayar dan Internet Rumah

Tagihan telekomunikasi berupa telepon rumah / kantor, jaringan seluler pascabayar, dan internet rumah (Indihome) yang disediakan oleh PT Telkom Indonesia. Anda bisa membayar tagihan – tagihan tersebut menggunakan layanan PPOB sehingga tidak perlu lagi mengantri di loket.

Tagihan Air Bersih

Bila akses air bersih di rumah Anda menggunakan jasa PDAM, maka Anda juga dapat membayar tagihan bulanannya menggunakan layanan PPOB. Tersedianya layanan pembayaran satu pintu ini tentu sangat membantu karena Anda tidak perlu lagi datang ke lokasi PDAM terdekat atau bank untuk melunasi tagihan bulanan.

Baca juga: 9 Cara Menghemat Tagihan PDAM Rumah, Gampang & Sederhana

Leasing

Tidak hanya tagihan untuk perusahaan penyedia jasa kebutuhan primer seperti listrik dan air, PPOB juga menyediakan menu pembayaran leasing atau cicilan kendaraan bermotor. Banyak penyelenggara angsuran kendaraan yang sudah bekerja sama dengan PPOB seperti WOM Finance, MCM, dan FIF.

Tidak hanya angsuran kendaraan bermotor, namun pihak-pihak penyelenggara sebagaimana tersebut di atas biasanya juga menyediakan layanan pinjaman keuangan. Cicilan untuk tagihan pinjaman juga diakomodasi melalui PPOB atau umumnya dikenal dengan istilah pembayaran multifinance

Transportasi

PPOB terus melakukan pelebaran sayap dengan menyediakan fitur-fitur pembayaran lain – tidak terbatas pada tagihan saja. Anda saat ini juga bisa melakukan pemesanan armada transportasi darat, laut, dan udara menggunakan layanan PPOB. Pesanan Anda akan diarahkan langsung pada perusahaan transportasi terkait sehingga minim resiko pembatalan, double order, dan biayanya pun murah.

Saat ini, untuk layanan transportasi, sudah ada agen travel (perjalanan lengkap mencakup transportasi dan akomodasi penginapan), perusahaan penerbangan, dan PT KAI yang bergabung dalam sistem PPOB. Semuanya merupakan perusahaan resmi, sehingga tidak perlu khawatir menjadi korban penipuan calo perjalanan.

Tagihan Jaminan Kesehatan

Jenis layanan yang disediakan PPOB tidak sampai disitu saja. Bila Anda merupakan peserta BPJS – baik mandiri maupun BPJS Kesehatan, bisa membayar tagihan bulanannya melalui layanan PPOB. Tidak ada batasan maksimal jumlah keanggotaan, sehingga sesuai juga untuk badan usaha dengan banyak peserta BPJSTK.

Media Hiburan

PPOB juga melayani pembayaran untuk kebutuhan hiburan seperti pulsa dan paket data prabayar semua provider, tagihan saluran berbayar (TV kabel), voucher game, hingga isi ulang dompet elektronik seperti Dana, Gopay, OVO dan lain-lain. Jadi, satu pintu dapat melayani semua kebutuhan pembayaran primer hingga tersier.

Pegadaian

Terakhir, Anda juga dapat melakukan pembayaran tagihan cicilan gadai pinjaman dengan jaminan alias kredit dengan agunan di Pegadaian melalui layanan PPOB. Selain itu juga tersedia pilihan untuk pembayaran cicilan KUR, kredit emas, maupun produk keuangan dan non – keuangan lain yang disediakan oleh pihak Pegadaian.

Kelebihan dan Kekurangan PPOB

Kelebihan dan Kekurangan PPOB

Jika mempertimbangkan banyaknya layanan pembayaran yang disediakan oleh PPOB, tampak seolah tidak mempunyai kekurangan bukan? Namun, pada dasarnya, setiap hal tetap mempunyai keunggulan maupun kelemahan. Berikut adalah rangkuman kelebihan dan kekurangan PPOB:

Kelebihan Layanan PPOB:

  • Efisiensi waktu, tenaga, dan biaya karena seluruh pembayaran bisa dilakukan melalui satu pintu saja. Tidak perlu lagi mengantri di loket masing-masing instansi atau penyelenggara jasa keuangan untuk melakukan pembayaran.
  • Menjadi bisnis yang menjanjikan karena menyediakan layanan yang bersifat kebutuhan utama di mana semua orang pasti memerlukannya. Kemungkinan untuk merugi saat menjalankan bisnis ini sangat kecil.
  • Merupakan usaha jangka panjang karena memanfaatkan kemajuan teknologi dan terus berinovasi melalui kerja sama dengan lebih banyak penyelenggara jasa keuangan.
  • Modal membuka bisnis ini kecil, namun komisi yang ditawarkan besar – semakin banyak transaksi maka semakin banyak komisi (melalui biaya administrasi) yang didapat.
  • Biaya administrasi tidak ditetapkan, sehingga Anda bisa menentukan sendiri besaran nominalnya. Sebab, biaya administrasi tersebut merupakan keuntungan 100% untuk Anda.

Kekurangan Layanan PPOB

  • Adapun kekurangan PPOB yang pertama adalah gangguan server yang masih sering terjadi. Terutama saat hari-hari besar seperti lebaran, natal, dan tahun baru. Biasanya transaksi tidak bisa dilakukan.
  • Kelancaran transaksi juga bergantung pada stabilitas jaringan internet. Jika konektivitas lambat atau terputus, maka transaksi tidak dapat diproses atau mengalami double order yang merugikan penjual.
  • Banyak pesaing yang sudah menjalankan bisnis ini sehingga memenangkan pasar juga lebih sulit.

Cara Kerja PPOB

Cara Kerja PPOB

Anda tertarik untuk menyediakan layanan pembayaran satu pintu PPOB ini namun masih ragu sebab belum sepenuhnya paham tentang cara kerjanya? Hal itu lumrah, karena bagaimanapun layanan pembayaran yang dulu hanya bisa dilakukan melalui loket masing-masing instansi kini cukup melalui satu metode saja.

Tentu merupakan suatu terobosan yang sangat bermanfaat dan luar biasa, bukan? Sejatinya, cara kerja PPOB kurang lebih sama dengan layanan transfer perbankan pada umumnya, yaitu pembayaran yang diterima dari konsumen akan diterima langsung oleh masing-masing rekening pembayaran yang didaftarkan para penyelenggara jasa keuangan dalam jaringan PPOB tersebut.

Jadi, untuk dapat menjalankan bisnis PPOB ini pun cukup mudah, karena Anda hanya cukup menyediakan beberapa modal berupa:

  • Gawai (smartphone / PC).
  • Jaringan internet stabil.
  • Penyedia layanan pembayaran lengkap (payment gateway).

Anda tidak perlu bingung mencari jembatan pembayaran yang dapat mengakomodasi seluruh layanan PPOB. Seperti YUKK payment gateway yang membarikan layanan seperti pembayaran tagihan dari berbagai lembaga keuangan dapat diproses. Fiturnya lengkap, prosesnya mudah, pelaksanaannya cepat. Tunggu apalagi?

Baca juga: 9 Alasan Pilih Yukk untuk Bisnis, Bayar Mudah Pelanggan Betah

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry