Apa Itu Penyakit Autoimun, Penyakit yang Diderita Ashanty?

Ashanty menderita penyakit autoimun
Ashanty (Foto: Instagram/@ashanty_ash)

Dalam beberapa waktu belakangan ini, Ashanty sulit sekali tidur. Sulit mengingat apa yang sudah terjadi atau yang sudah dilakukannya. Cepat sekali merasa cemas. Sangat mudah stress. Sejak dulu selalu mengalami sakit kepala. Namun, ia tidak tahu apa penyebabnya.

Pekan lalu, Selasa (8/10), ia menemani suaminya, Anang Hermansyah, untuk menjalani pemeriksaan kesehatan (medical check-up) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Di rumah sakit itu, seperti diceritakannya melalui akun Instagram-nya, @ashanty_ash, ia disarankan oleh Mayjen TNI Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K)., Kepala RSPAD, untuk juga diperiksa. Dari pemeriksaan inilah, ia akhirnya tahu apa yang sebenarnya sedang dideritanya.

Ashanty menderita penyakit autoimun
Anang dan Ashanty menjalani pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto (Foto: Instagram/@ashanty_ash)

“Tiba2 disuruh juga check up supaya sehat…dan ternyata yg selama ini selalu aku keluhkan ketahuan, kalo ngga karna dokter Terawan.. ngga tau selama ini aku sakit apa!!” tulisnya.

Hasil diagnosa menunjukkan bahwa ia mengalami penyakit autoimun. Ia benar-benar terkejut.

Ashanty menderita penyakit autoimun
(Foto: Instagram/@ashanty_ash)

“Diagnosa awal kaget banget, aku kena ‘auto immune’???????? sesuatu yg ngga pernah saya bayangkan, dengernya aja serem… googling aja tadi ngeri2 banget. Tapi semua dokter disini sangat2 menenangkan, meyakinkan bahwa bisa sembuh dengan terapi.. bahkan ngga nyangka peralatan ya dan metode penyembuhannya terbaik di dunia,” sambungnya.

Seperti dikutip dari alodokter.com, penyakit autoimun adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Normalnya adalah sistem kekebalan tubuh menjaga tubuh dari serangan organisme asing seperti bakteri atau virus. Namun, pada orang yang menderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuhnya melihat sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing, sehingga sistem kekebalan tubuh melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Ashanty menderita penyakit autoimun
Ilustrasi (Foto: hellosehat.com)

Belum diketahui apa yang menyebabkan terjadinya penyakit autoimun. Namun, ada beberapa faktor yang dianggap dapat meningkatkan risiko penyakit ini, antara lain, etnis, gender, lingkungan, dan riwayat keluarga. Etnis, misalnya. Pada umumnya, beberapa penyakit autoimun menyerang etnis tertentu seperti diabetes tipe 1 yang menyerang orang Eropa dan lupus yang menyerang orang orang Afrika-Amerika dan Amerika Latin.

Ada banyak jenis penyakit autoimon. Lebih dari 80 penyakit. Beberapa penyakit autoimun yang sering terjadi adalah lupus, penyakit Graves, psoriasis, multiple sclerosis, tiroiditis Hashimoto, rheumatoid arthritis, sindrom Guillain-Barre, dan diabetes mellitus tipe 1.

Ashanty menderita penyakit autoimun
Ilustrasi (Foto: alodokter)

Beberapa dari penyakit itu memiliki gejala yang sama. Dan ada juga yang memiliki gejala yang spesifik. Gejala-gejala awalnya adalah kelelahan, pegal otot, ruam kulit, demam ringan, rambut rontok, sulit berkonsentrasi, dan kesemutan pada tangan dan kaki.

Gejala-gejala yang hampir sama membuat dokter tidak mudah untuk melakukan diagnosa. Dokter akan menjalankan beberapa tes untuk mengetahui apakah seseorang terserang penyakit autoimun. Di antaranya adalah dengan tes ANA (antinuclear antibody) dan tes untuk mengetahui peradangan yang mungkin ditimbulkan penyakit autoimun.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry