Apa itu Payment Gateway? Bagaimana Cara Kerja, dan Keamanan yang Digunakan

apa itu payment gateway

Pada saat ini, transaksi menggunakan metode payment gateway semakin banyak dilakukan. Menurut laporan dari Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, nilai transaksi uang elektronik dalam bulan Juli 2023 mencapai Rp 39,21 triliun atau meningkat sekitar 10,50% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bukan hanya itu, transaksi dari QRIS mencapai Rp 18.91 triliun, atau meningkat sebanyak 84,50% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Potensi perkembangan untuk transaksi digital Indonesia kedepannya akan terus bertumbuh ke depan. Menurut proyeksi dari Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), pada tahun 2023, potensi dari transaksi digital Indonesia bisa menyentuh angka USD 390 miliar. Dengan potensi yang besar tersebut membuat AFTECH Indonesia sangat mendukung berbagai inovasi dalam layanan keuangan

Perkembangan ini juga berdampak pada keputusan masyarakat untuk memilih alat pembayaran dalam transaksinya. Hal ini mendorong banyak dari pelaku usaha untuk mulai mengadaptasi teknologi pembayaran digital.

Dalam artikel ini, kita akan membahas salah satu dari penyedia layanan pembayaran digital tersebut, payment gateway. 

payment gateway adalah

Apa itu Payment Gateway?

Layanan Payment Gateway sudah sering digunakan oleh banyak masyarakat, meskipun begitu mungkin kebanyakan dari kamu belum mengetahui apa itu payment gateway. Payment gateway adalah sebuah layanan yang bisa memberikan fasilitas transaksi pembayaran online dengan aman, cepat dan murah antara pemilik bisnis dan pelanggannya. 

Penggunaan payment gateway ini sangat memudahkan proses transaksi digital, karena memberikan infrastruktur terpusat yang mampu mengakomodasi berbagai metode pembayaran yang tidak mungkin disediakan oleh pelaku usaha. Akhirnya payment gateway ini memudahkan pelaku usaha untuk menyediakan berbagai metode pembayaran, seperti bank transfer, e-wallet, internet banking, ATM, retail seperti Indomaret dan Alfamart. 

Bagaimana Cara Kerja Payment Gateway?

Sederhananya, proses dari payment gateway adalah menerima, memproses dan mengirim dana. Ketika pengguna membuat transaksi, payment gateway menjadi portal yang akan mengenkripsi informasi tersebut dan mengirimkan informasi tersebut ke lembaga keuangan. Payment gateway berperan sebagai penghubung antara penjual dan pembeli yang memastikan semua transaksi berjalan dengan simpel, praktis dan aman. Berikut ini beberapa langkah cara kerja dari payment gateway: 

1. Pembeli Mengirimkan Dana

Ketika pengguna sudah mantap dengan proses transaksi dan ingin melakukan transaksi yang diinginkan, penjual akan mengirimkan beberapa metode yang didukung oleh payment gateway. Setelah pembeli mengirimkan data atau melakukan transaksi, payment gateway akan menerima informasi tersebut dan melakukan enkripsi tentang informasi tersebut. 

2. Permintaan Autentikasi Oleh Payment Gateway

Setelah menerima informasi yang terenkripsi tersebut, payment gateway akan mengirimkan permintaan autentikasi ke lembaga finansial untuk melanjutkan atau menolak transaksi. 

3. Konfirmasi dan Penyelesaian Pembayaran

Setelah mendapatkan persetujuan dari lembaga finansial, payment gateway akan melakukan melakukan konfirmasi bahwa transaksi telah berhasil dilakukan. Setelah itu dana akan diberikan kepada penjual untuk diteruskan transaksinya. 

Dengan menggunakan cara kerja tersebut, payment gateway memungkinkan proses transaksi yang praktis dan aman untuk pembeli maupun penjual. 

cara kerja payment gateway

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Payment Gateway?

Setelah mengetahui proses cara kerja dari payment gateway, berikut ini adalah keuntungan menggunakan payment gateway:

1. Tidak perlu menyediakan/membuat banyak rekening usaha

Dengan menggunakan payment gateway, pelaku usaha tidak perlu lagi membuat banyak rekening untuk mengakomodir metode pembayaran dari pembeli. Jika sudah bekerja sama dengan payment gateway, penjual bisa menerima berbagai metode pembayaran seperti kartu debit, kartu kredit, QRIS, e-wallet, toko retail tanpa perlu membuat banyak rekening dari berbagai bank. 

2. Rekap pembayaran otomatis

Sebelum menggunakan payment gateway, transaksi-transaksi yang sudah dilakukan perlu untuk direcap secara manual dan perlu mencocokkan dengan berbagai rekening usaha. Dengan payment gateway, recap pembayaran akan otomatis tersedia di dalam dashboard yang sudah disediakan. 

3. Keamanan transaksi

Keuntungan dari payment gateway akan keamanan yang lebih terjamin, karena informasi sudah dienkripsi oleh payment gateway. Hal ini sangat membantu untuk menghindari ancaman penipuan transaksi seperti penipuan pembelian, penipuan kartu kredit dan lainnya. 

4. Lebih fleksibel

Dengan adanya payment gateway, kamu dapat membuat bisnis kamu lebih fleksibel karena metode pembayarannya kamu menjadi lebih banyak. Walaupun tidak memiliki banyak rekening, kamu tetap dapat menyediakan pembayaran yang diinginkan oleh pembeli. 

5. Transaksi lebih praktis

Sebelum adanya payment gateway, para pelaku usaha toko online menggunakan transfer bank untuk melakukan transaksinya. Sayangnya, metode ini merepotkan penjual karena harus mengecek mutasi transaksi rekening untuk mengetahui transaksi sudah berhasil. Dengan adanya payment gateway, transaksi yang berhasil akan langsung diteruskan kepada penjual melalui notifikasi, sehingga proses jadi lebih praktis.

6. Potensi meningkatkan penjualan

Payment gateway dapat membantu kamu untuk bisa menerima pembayaran dari banyak pelanggan berbagai kalangan. Salah satu faktor mengapa pembeli melakukan pembatalan pembayaran karena penjual tidak memiliki metode pembayaran yang pembeli miliki. 

Ketika pembeli bisa membayar belanjaan dengan metode pembayaran yang pembeli sukai, pembeli cenderung untuk terus melanjutkan proses belanja. 

Apa, Sih, Untungnya Menggunakan Payment Gateway?

Apa yang perlu diperhatikan saat memilih Payment Gateway?

Sekarang kamu sudah mulai tertarik dengan menggunakan payment gateway, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum memilih payment gateway untuk digunakan. 

1. Keamanan

Saat pembeli ingin melakukan transaksi, pembeli akan memberikan informasi finansial yang dia miliki. Untuk itu penting memilih payment gateway yang menyediakan keamanan yang ekstra untuk melindungi data penjual maupun pembeli.

YUKK Payment Gateway sudah tergabung dengan Aftech Indonesia (Asosiasi Fintech Indonesia), ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia) dan diawasi langsung oleh Bank Indonesia, sehingga membuat YUKK Payment Gateway menjadi payment gateway paling aman untuk digunakan. 

2. Kemudahan penggunaan

Dengan menggunakan payment gateway yang terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran, tentunya akan memudahkan pembeli untuk melakukan transaksi secara cepat dan mendapatkan pengalaman yang lebih baik. 

3. Kecepatan transaksi

Kecepatan transaksi adalah kunci utama dalam meningkatkan pengalaman pembeli. Karena itulah, sangat penting untuk memilih payment gateway dengan dukungan transaksi yang cepat dan tepat. Tidak hanya itu, penyediaan API (alat) untuk integrasi dan otomasi. 

4. Biaya yang terjangkau

Payment gateway memberikan berbagai macam pilihan biaya untuk layanannya. Biaya tersebut biasanya meliputi kontrak, berlangganan dan biaya biaya per transaksi. Sebelum kamu menggunakan payment gateway, ada baiknya untuk memastikan biaya yang berikan oleh para penyedia layanan. 

YUKK Payment Gateway memberikan biaya yang transparan untuk layanan yang diberikan. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa mengunjungi laman ini. 

YUKK Payment
Virtual Account (Transfer Bank)Rp 3.750 per transaksi
Kartu Kredit2.70% per transaksi
e-WalletYUKK (1,5%), DANA (2%), OVO (2%) ShopeePay (2,5%), LinkAja (2,5%)
QRIS0,7% per transaksi.

Layanan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway memiliki berbagai layanan seperti: 

YUKK Payment

Dengan sistem integrasi tunggal yang YUKK Payment Gateway siapkan, penjual dapat dengan mudah menerima pembayaran online dalam berbagai metode seperti virtual account, kartu kredit QRIS, dan e-Wallet.

YUKK Checkout

Kami mempermudah pelanggan Anda melakukan pembayaran dengan YUKK Invoice melalui laman checkout yang kami bagikan. Invoice antarmuka yang kami siapkan sangat mudah digunakan untuk menagih pelanggan Anda.

YUKK Payment Links

Beri kemudahan kepada pelanggan Anda ketika melakukan pembayaran dengan YUKK Invoice, sehingga Anda bisa fokus membangun bisnis. Kami menyediakan antarmuka invoice yang mudah dan sederhana untuk menagih pelanggan Anda, sekaligus meningkatkan pembelian dengan memberikan beragam opsi pembayaran yang diinginkan pelanggan.

YUKK Disbursement

Kami membuat proses pengiriman dan pencairan dana (disbursement) ke ribuan penerima sekaligus menjadi lebih mudah dan praktis dengan minimum transfer Rp10.000. Kami sudah terhubung dengan berbagai bank dan e-Wallet di Indonesia.

Setelah mengetahui tentang apa itu payment gateway, cara kerja, keuntungan menggunakannya, mungkin sekarang kamu mulai mempertimbangkan untuk menggunakan layanan ini. Dengan menggunakan YUKK Payment Gateway, kamu untuk bisa menerima pembayaran dari berbagai metode seperti: direct debit, virtual account, kartu kredit, e-wallet. 
Memilih YUKK sebagai payment gateway kamu, dapat memberikan berbagai fleksibilitas dan kendali atas transaksi pembayaran dan memastikan bisnis kamu dapat beroperasi dengan lebih mudah, aman dan praktis. Hubungi kami sekarang atau daftar sekarang.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry