Hobi Belanja Online? Pahami Apa itu Cara Bayar Direct Debit, Yuk!

Belanja online saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Hal itu tidak lepas dari ketersediaan barang yang sangat lengkap di internet. Kalau Anda termasuk orang yang sering melakukan transaksi belanja secara online, pemahaman tentang apa itu direct debit bisa membantu dalam memudahkan aktivitas berbelanja. 

Apa Itu Direct Debit?

Direct debit merupakan solusi yang dapat membantu kemudahan dalam bertransaksi secara online. Sebelum booming marketplace seperti sekarang, aktivitas belanja online kerap berlangsung lewat forum jual beli. Salah satunya adalah FJB Kaskus. Di situ, para penjual dan pembeli dapat menemukan berbagai jenis barang dengan mudah. 

Cara pembayaran dalam FJB Kasus biasanya menggunakan sistem transfer bank. Sistem seperti ini tak hanya ribet, tetapi juga rawan penipuan. Namun, situasi tersebut bisa diminimalkan dengan pemanfaatan direct debit. Tak hanya memberi kemudahan dalam bertransaksi, direct debit juga menawarkan keamanan dalam berbelanja. 

Direct debit atau debit langsung merupakan sarana pembayaran yang berlangsung dengan menggunakan kartu debit. Hanya saja, cara pembayarannya tidak perlu menggunakan kartu, tetapi berlangsung secara elektronik. Untuk bisa menggunakan metode pembayaran online ini, Anda perlu menghubungkannya dengan kartu debit sebagai sumber dana. 

Baca juga: 11 Alasan Kenapa Kartu Debit Decline dan Cara Cepat Mengatasinya

Sistem kerjanya beda kalau Anda membandingkannya dengan autodebet. Dalam direct debit, Anda perlu melakukan pendaftaran kartu debit pada platform toko online langganan. Cukup dengan satu kali proses registrasi, Anda dapat melakukan transaksi berulang kali. Belanja online pun jadi praktis dan nyaman. 

Untuk bisa lebih memahami apa itu direct debit, Anda bisa mengetahui beberapa contoh layanan tersebut, di antaranya adalah: 

  • BCA KlikPay
  • BRImo
  • Danamon Online
  • Mandiri Direct Debit

Fungsi Direct Debit

Setelah memahami apa itu direct debit, Anda jadi tahu kalau cara pembayaran ini sangat menarik, kan? Bukan hanya itu, direct debit juga menawarkan kemudahan dalam berbagai jenis transaksi online, termasuk di antaranya adalah: 

  • Cara pembayaran di platform ecommerce
  • Top-up e-wallet
  • Pembayaran tagihan bulanan
  • Sistem pembayaran layanan berlangganan
  • Investasi
  • Asuransi
  • Dan banyak lagi yang lain

Cara Kerja Direct Debit

Cara kerja sistem pembayaran direct debit

Secara umum, ada 2 langkah yang perlu Anda ikuti ketika ingin menggunakan sistem pembayaran direct debit, yaitu: 

Otorisasi

Sistem kerja direct debit sebagai metode pembayaran dapat berlangsung ketika Anda telah mendaftarkan kartu debit ke sebuah website belanja online. Anda pun dapat mengikuti petunjuk pendaftaran di masing-masing website. Saat melakukan registrasi akun, Anda perlu memasukkan berbagai data, termasuk rekening dan kartu debit. 

Selanjutnya, website akan mengirimkan one time password atau OTP yang berfungsi untuk menautkan akun dengan kartu debit. Proses otorisasi ini berlangsung cukup singkat, hanya dalam hitungan menit. 

Pembayaran

Kalau otorisasi sudah selesai, maka Anda sudah bisa mulai menggunakan direct debit sebagai pilihan cara pembayaran. Anda bisa menggunakan direct debit untuk menyelesaikan pembayaran transaksi tanpa perlu pergi ke ATM atau bank. 

Dalam pemakaiannya, Anda pun perlu memastikan bahwa website yang digunakan telah mendukung sistem pembayaran direct debit. Setelah itu, pastikan pula kalau website tersebut menyediakan layanan direct debit yang Anda gunakan. 

Keuntungan Menggunakan Direct Debit

Kalau sudah memahami apa itu direct debit, Anda akan memperoleh banyak keuntungan ketika menggunakannya sebagai sarana pembayaran online, di antaranya: 

Sistem Pembayaran yang Praktis

Kelebihan pertama dari sistem direct debit adalah kemudahan cara penggunaannya. Anda bisa melakukan berbagai jenis pembayaran online secara praktis. Tidak perlu keluar rumah, pergi ke ATM, atau setor ke bank. Semuanya dapat Anda lakukan cukup lewat smartphone atau komputer. 

Transaksi Real Time

Pemanfaatan direct debit juga membantu Anda dalam melakukan pembayaran secara cepat, karena bersifat real time. Ketika pembeli melakukan pembayaran, pihak penjual bisa secara langsung mengecek rekening. 

Tersedia Catatan untuk Setiap Transaksi

Saat memahami apa itu direct debit, Anda jadi tahu kalau sistem pembayaran ini berlangsung secara digital. Sebagaimana sistem pembayaran digital lain, direct debit memungkinkan Anda untuk melakukan pengecekan history transaksi. Jadi, Anda bisa memonitor penggunaan uang dengan mudah.

Cara Pembayaran yang Seamless

Penggunaan sistem pembayaran direct debit menghadirkan pengalaman berbelanja yang seamless. Anda dapat melakukan berbagai jenis pembayaran tanpa perlu berganti aplikasi atau perangkat. Semuanya bisa Anda lakukan cukup dengan satu aplikasi. 

Sistem pembayaran yang seamless memberi kenyamanan dalam berbelanja. Dari sisi penjual, kenyamanan tersebut memberi dampak sangat besar, karena dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong omzet. 

Nah, itulah pengetahuan tentang apa itu direct debit yang perlu Anda ketahui. Dengan berbagai manfaat tersebut, tak heran kalau keberadaannya menjadi hal yang penting bagi para pebisnis online

Terkait kemudahan dalam melakukan pembayaran online, Anda bisa memanfaatkan layanan YUKK Payment Gateway. Lewat layanan payment gateway ini, Anda bisa memberikan pilihan berbagai cara pembayaran online yang praktis dan mudah bagi para pelanggan. 

Bayar mudah, transaksi pun meningkat. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry