Penting Sekali! Ini 6 Alasan Kenapa Perlu Siapkan Dana Darurat

Penjelasan pentingnya kenapa harus punya dana darurat

Memiliki kondisi keuangan yang stabil tentu sangat menyenangkan. Anda bisa memenuhi setiap kebutuhan dengan mudah hanya mengandalkan penghasilan bulanan. Namun, Anda jangan sampai melupakan dana darurat. Kenapa dana darurat penting? Anda bisa menemukan jawabannya secara lengkap sebagai berikut. 

Apa Itu Dana Darurat?

Sebelum memahami alasan kenapa Anda perlu menyiapkan dana darurat, terlebih dulu pahami definisinya. Dalam pengertiannya, dana darurat adalah sumber dana yang Anda sediakan secara khusus untuk menghadapi situasi darurat. Anda pun tetap bisa memenuhi berbagai kebutuhan meski tengah mengalami gangguan perekonomian.

Ada berbagai situasi yang dapat menimbulkan keadaan darurat dan membuat Anda mengalami kesulitan secara finansial, seperti: 

  • Kehilangan pekerjaan
  • Sakit dan bahkan cacat yang menyebabkan gangguan pekerjaan
  • Mengalami kecelakaan dan butuh biaya perbaikan kendaraan
  • Butuh dana cepat untuk memperbaiki rumah yang sifatnya mendesak
  • Perjalanan jauh yang bersifat mendadak

Mengapa Penting untuk Menyiapkan Dana Darurat

Contoh alasan kenapa harus menyiapkan dana darurat

Berkaitan dengan kenapa dana darurat penting untuk Anda siapkan, ada 6 hal yang menjadi alasan utama, yaitu: 

1. Melindungi dari Risiko Keuangan Tak Terduga

Risiko keuangan yang tak terduga dapat terjadi kapan saja. Tingkat risiko tersebut dapat meningkat kalau Anda hanya mengandalkan satu sumber pemasukan. Situasinya pun kian pelik kalau jenis pekerjaan yang Anda jalankan memiliki penghasilan tak menentu, seperti:

  • Pelaku bisnis
  • Freelancer
  • Pegawai lepas
  • Karyawan kontrak

2. Menghindari Utang

Alasan selanjutnya yang membuat Anda perlu menyadari pentingnya dana darurat adalah sebagai upaya nyata dalam menghindari utang. Fenomena yang kerap terjadi di masyarakat adalah tumpukan utang yang bertambah ketika tiba-tiba mengalami gangguan keuangan. 

Salah satu contoh nyata fenomena utang ketika situasi darurat bisa Anda lihat pada pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu. Banyak pengangguran baru bermunculan akibat COVID yang kemudian mendorong terjadinya peningkatan utang di masyarakat. 

Tidak hanya fenomena utang yang terus meningkat, banyak masyarakat dan pelaku usaha yang mengalami kesulitan dalam melunasi utangnya. Sebagai bukti, permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) di pengadilan mengalami peningkatan secara drastis. 

Baca juga: Biar Ga Terus Diteror DC, Ini 7 Cara Lunasi Pinjaman Online!

3. Menghindari Stres Keuangan

Situasi sulit karena kondisi keuangan yang terganggu dapat menimbulkan tekanan stres tinggi. Stres karena kekhawatiran kondisi keuangan merupakan hal yang normal. Studi Northwestern Mutual memperlihatkan, 44% orang dewasa Amerika menganggap uang merupakan sumber stres paling utama. 

Stres karena khawatir dengan kondisi keuangan sangatlah berbahaya. Rasa stres tersebut dapat berkembang menjadi gangguan mental yang kemudian berpengaruh pada kualitas hidup seseorang. 

4. Menjaga Kestabilan Keuangan

Kepemilikan dana darurat menjadi upaya penting dalam membantu Anda menjaga stabilitas keuangan. Keberadaan dana darurat dapat menjadi bukti kuat bahwa Anda punya kesiapan tinggi dalam menghadapi berbagai situasi, termasuk ketika kondisi keuangan memburuk. 

Dana darurat dapat membantu Anda dalam menangani berbagai permasalahan keuangan dengan lancar. Anda pun tidak perlu mengorbankan anggaran dana lain untuk menghadapi situasi sulit tersebut. 

5. Meningkatkan Kemandirian Finansial

Selanjutnya, Anda perlu menyadari kenapa dana darurat penting sebagai sarana untuk mencapai kemandirian dalam sektor keuangan. Kemandirian finansial dapat membantu Anda dalam melakukan keputusan terkait keuangan tanpa tergantung oleh faktor lain. 

Kemandirian secara finansial membuat Anda dapat melakukan pemenuhan berbagai kebutuhan dengan lancar. Anda pun memiliki tingkat ketergantungan yang sangat rendah terhadap keinginan untuk meminjam dana dari orang lain ataupun lembaga keuangan. 

6. Meningkatkan Kemampuan untuk Merencanakan Keuangan Jangka Panjang

Alasan terakhir yang membuat kenapa dana darurat penting adalah manfaatnya dalam meningkatkan kemampuan Anda menyusun rencana keuangan. Anda pun jadi lebih disiplin dalam melakukan pengaturan keuangan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. 

Kemampuan menyusun rencana keuangan dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan secara lebih mudah, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Beberapa contoh tujuan tersebut di antaranya adalah: 

Berapa Kita Harus Punya Dana Darurat?

Sampai di sini, Anda sudah dapat menyadari pentingnya kepemilikan dana darurat, kan? Lalu, seberapa besar nominal uang yang perlu Anda siapkan untuk kebutuhan dana darurat? Terkait hal yang satu ini, nilainya bisa berbeda-beda sesuai dengan kondisi masing-masing. 

Berikut ini adalah besaran dana darurat ideal yang perlu Anda siapkan: 

  • Belum menikah: Setidaknya adalah 3x besaran pengeluaran bulanan
  • Sudah menikah tanpa anak: Setidaknya Anda perlu menyiapkan dana darurat sebesar 6x pengeluaran bulanan
  • Sudah menikah dengan 1 anak: Minimal Anda perlu punya dana darurat dengan nominal 9x pengeluaran bulanan
  • Sudah menikah dengan 2 anak: Minimal Anda perlu menyediakan dana darurat sebesar 12x pengeluaran bulanan

Nah, itulah pengetahuan penting mengenai kenapa dana darurat penting untuk Anda siapkan. Penyiapan dana darurat tidak hanya berlaku dalam pengelolaan keuangan pribadi. Namun, Anda perlu pula menyiapkan dana serupa ketika Anda menjalankan bisnis. 

Berkaitan dengan aktivitas usaha, Anda perlu pula menjaga agar kondisi keuangan bisnis tetap lancar. Salah satunya adalah dengan memberi kemudahan bagi para pelanggan dalam melakukan pembayaran. Solusinya, Anda dapat menggunakan layanan payment gateway dari YUKK

Layanan payment gateway YUKK memungkinkan Anda untuk menerima segala jenis pembayaran dengan mudah. Sistem integrasi tunggal yang ada di dalamnya membantu Anda untuk memproses berbagai jenis pembayaran cukup menggunakan satu tool. Anda pun bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit, virtual account, e-wallet, maupun QRIS cukup dengan YUKK.  

Baca juga: 9 Alasan Pilih Yukk untuk Bisnis, Bayar Mudah Pelanggan Betah

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry