Adegan Ini yang Bikin Laura Basuki Takut Menjadi Susi Susanti

Adegan yang bikin Laura Takut menjadi Susi Susanti
Laura Basuki berperan sebagai Susi Susanti (Foto: detikcom)

Susi Susanti: Love All akan diputar secara resmi di seluruh bioskop di tanah air pada 24 Oktober mendatang. Itu adalah film biopik tentang perjalanan Susi Susanti. Mulai dari remaja hingga menyabet medali emas dalam Olimpiade Barcelona 1992.

Yang berperan sebagai Susi Susanti adalah Laura Basuki. Sementara itu, Dion Wiyoko bermain sebagai Alan Budikusuma. Ketika itu, Alan dan Budi adalah sepasang kekasih. Mereka disebut-sebut sebagai “pasangan emas” karena masing-masing mereka menyumbangkan medali emas dalam ajang bergengsi itu.

Selasa (22/10) lalu, gala premiere film yang disutradarai Sim F itu digelar di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Laura, Dion, dan para pemain lainnya hadir dalam acara ini. Demikian juga Susi Susanti dan suaminya, Alan Budikusuma.

Adegan yang bikin Laura Takut menjadi Susi Susanti
Alan Budikusuma, Susi Susanti, Laura Basuki dan Dion Wiyoko (Foto: Kompas.com)

Dalam gala preimere ini, Laura berbagi cerita tentang apa saja yang dialaminya ketika menjadi Susi Susanti. Salah satunya adalah tantangan untuk melakukan adegan split seperti yang dilakukan Susi.

“Saya paling takut adegan split. Itu sampai mengulang empat kali untuk bisa pas di titik itu,” katanya.

Split seperti begitu melekat pada Susi. Orang mengenalnya dari, salah satunya, gerakan itu. Dengan demikian, belum lengkap rasanya untuk menjadi Susi Susanti jika Laura Basuki tidak bisa melakukan gerakan itu.

“Waktu pertama ditawarin casting, ya, casting aja. Enggak tahunya keterima. Dan begitu keterima, aku bongkar skenario; cari ada split enggak. Ternyata ada,” ungkapnya sambil tersenyum.

Adegan yang bikin Laura Takut menjadi Susi Susanti
Susi melakukan split (Foto: Istimewa)

Split bukanlah gerakan yang mudah. Tidak semua pemain bulutangkis bisa merentangkan kedua kaki hingga rata dan membentuk satu garis lurus di atas lantai. Hanya sedikit orang. Dan Susi adalah satu dari segelintir orang itu.

“Sebenarnya aksi split itu adalah salah satu usaha untuk mengatasi kelemahan saya, terutama dalam urusan tinggi badan. Kekurangan soal tinggi badan ini membuat saya harus punya trik lain untuk menggapai bola-bola yang jauh dari jangkauan. Sehingga saya pun berlatih keras untuk mampu mengembalikan bola itu dengan aksi split itu,” kata Susi seperti dilansir viva.co.id tiga tahun yang lalu.

Adegan yang bikin Laura Takut menjadi Susi Susanti
Susi Susanti (Foto: ANTARA FOTO)

Untuk bisa melakukan gerakan itu dengan sempurna, pemilik nama lengkap Lucia Francisca Susi Susanti ini melakukan latihan berkali-kali. Termasuk di dalamnya melakukan senam dan berlatih balet.

“Sejak kecil, saya juga sering dibimbing ayah saya berlatih senam dan balet. Hal ini pula yang membuat tubuh saya jadi lentur dan cukup luwes untuk mempraktikkan aksi split seperti itu,” tambahnya.

Adegan yang bikin Laura Takut menjadi Susi Susanti
Laura sebagai Susi (Foto: Time International Film)

Laura Basuki sadar bahwa dia tidak akan bisa sungguh-sungguh menggambarkan bagaimana perjuangan Susi untuk mempersembahkan emas untuk Indonesia jika dia tidak bisa melakukan split itu. Itulah mengapa, sejak hari pertama, dia langsung mendatangi tempat latihan pilates untuk melenturkan kakinya.

“Dari awal, aku sudah takut sama adegan split. Jadi, 4 kali take untuk sampai bisa lepas pada titik itu,” katanya.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry