Biar Ga Boros & Banyak Cicilan, Bijak Pakai Kartu Kredit, Ya!

Penjelasan cara menggunakan kartu kredit dengan bijak

Kartu kredit memang memberi banyak kenyamanan. Anda bisa beli berbagai jenis barang cukup dengan menggesek kartu kredit. Namun, Anda perlu tahu cara menggunakan kartu kredit dengan bijak. Kalau tidak, Anda bakal terbiasa hidup boros dan punya banyak tanggungan cicilan yang kemudian dapat mengganggu kondisi keuangan. 

Baca juga: Hindari 6 Kebiasaan Ini Biar Uang Kamu Tidak Cepat Habis!

Lalu, bagaimana cara biar Anda tidak kebablasan memakai kartu kredit? Ada beberapa tips yang dapat Anda praktekkan untuk dapat mengetahui cara pemakaian kartu kredit secara bijak, yakni: 

1. Pilih Kartu Kredit Sesuai dengan Kebutuhan

Tahap pertama dalam cara menggunakan kartu kredit dengan bijak adalah dengan mempertimbangkan tingkat kebutuhan. Anda punya berbagai pilihan dalam pemilihan kartu kredit. Apalagi, selain kartu kredit konvensional, ada pula pertimbangan memakai kartu kredit digital. 

Baca juga: Bayar Ini-Itu Makin Mudah, Kamu Wajib Tau Virtual Credit Card!

2. Tentukan Batas Maksimum Penggunaan Kartu Kredit

Ketika menggunakan kartu kredit, Anda akan menemukan banyak pilihan kartu yang masing-masing memiliki limit kredit berbeda-beda. Terdapat 4 tipe kartu kredit yang bisa Anda dapatkan dari bank, yaitu: 

  • Kartu kredit silver. Kartu kredit ini punya batas kredit minimal, berkisar antara Rp4 juta hingga Rp7 juta. Pemakaiannya cocok bagi mereka yang punya penghasilan sekitar Rp3 jutaan per bulan. 
  • Kartu kredit gold. Kalau Anda punya penghasilan rutin mencapai Rp5 juta sampai Rp10 juta tiap bulan, bisa mengajukan kartu kredit gold. Jenis kartu kredit ini punya limit berkisar antara Rp10 juta sampai Rp40 juta. 
  • Kartu kredit platinum. Jika Anda mencari kartu kredit dengan limit antara Rp40 juta sampai Rp1 miliar, jawabannya adalah kartu kredit platinum. Pemakaiannya bisa Anda ajukan kalau memiliki penghasilan setidaknya Rp180 juta per bulan. 
  • Kartu kredit titanium/spesial. Terakhir, ada kartu kredit spesial yang tak bisa dimiliki oleh orang biasa. Bank memberikan kartu kredit ini secara khusus bagi orang yang mereka anggap cocok, terutama para miliuner dan crazy rich

Lalu, jenis kartu mana yang sesuai untuk Anda? Pastinya, Anda perlu memilih kartu kredit dengan limit yang sesuai dengan tingkat penghasilan. 

3. Gunakan Kartu Kredit Hanya sebagai Alat Pembayaran

Kartu kredit memiliki manfaat utama yang bisa membantu Anda sebagai alat pembayaran. Oleh karena itu, gunakan kartu kredit untuk jenis pembayaran yang mampu kamu lunasi secara cash.

Kebiasaan menggunakan kartu kredit untuk transaksi yang mampu kamu bayar secara tunai sangat penting. Dengan begitu, kamu tidak akan memiliki beban utang yang melebihi kemampuan keuangan.

4. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Selanjutnya, cara menggunakan kartu kredit dengan bijak adalah dengan membatasi pemakaiannya. Jangan terbiasa menggunakan kartu kredit untuk belanja berbagai jenis barang yang Anda inginkan. Apalagi, kalau sampai Anda melakukan transaksi pembelian yang sifatnya impulsif. 

Sebaliknya, Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk pembelian barang atau kebutuhan yang bersifat esensial. Selain itu, Anda bisa pula memakai kartu kredit ketika dalam kondisi terdesak. 

Baca juga: Penting Sekali! Ini 6 Alasan Kenapa Perlu Siapkan Dana Darurat

5. Jangan Mencapai Limit Maksimum Kartu Kredit

Ketika memegang kartu kredit, banyak orang tergoda untuk memaksimalkan penggunaannya sampai limit. Namun, kebiasaan seperti itu bukanlah cara menggunakan kartu kredit dengan bijak dan bahkan termasuk sikap yang sembrono. 

Kalau ingin bijak, Anda jangan membiasakan untuk menghabiskan limit kartu kredit. Sebagai gantinya, batasi pemakaian limit kartu kredit sekitar 30% sampai 50%. Tujuannya, biar Anda tidak memiliki terlalu banyak tagihan. 

6. Pantau Penggunaan Kartu Kredit Secara Berkala

Belanja secara nyaman pakai kartu kredit kerap membuat orang lupa kalau pemakaian limit sudah cukup besar. Mereka baru tahu kalau limitnya sudah habis ketika menggunakan kartu kredit untuk belanja. 

Kebiasaan seperti itu perlu Anda hindari. Anda perlu memahami tingkat pemakaian kartu kredit setiap bulannya. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pemantauan terhadap pemakaian kartu kredit. 

Saat ini, Anda dapat dengan mudah mengetahui dan memantau setiap transaksi yang berlangsung menggunakan kartu kredit. Anda dapat memeriksanya dengan menggunakan aplikasi mobile banking ataupun internet banking yang disediakan oleh pihak bank. 

7. Periksa Laporan Tagihan Secara Teratur

Selain melakukan pemantauan terhadap pemakaian kartu kredit, Anda perlu pula mengecek setiap laporan tagihan. Di situ, Anda dapat memeriksa setiap jenis biaya yang perlu Anda bayarkan. 

Terkait biaya pemakaian kartu kredit, Anda perlu tahu ada beberapa jenis biaya yang dapat dibebankan kepada pemilik kartu kredit, di antaranya: 

  • Biaya tahunan
  • Biaya materai
  • Biaya keterlambatan
  • Bunga
  • Biaya over limit
  • Biaya tarik tunai
  • Biaya konversi mata uang
  • Biaya cetak tagihan
  • Biaya ketika mengganti kartu kredit yang hilang atau rusak
  • Biaya saat membatalkan cicilan
  • Biaya pengembalian cek atau giro
  • Biaya untuk fasilitas tagihan auto-payment

Cek tagihan dengan teliti. Jangan sampai Anda dikenai biaya yang tak semestinya perlu Anda bayarkan. 

8. Pertimbangkan untuk Membatalkan Kartu Kredit yang Tidak Lagi Digunakan

Tips terakhir dalam cara menggunakan kartu kredit dengan bijak adalah berhenti ketika sudah tidak lagi membutuhkannya. Alasannya, karena Anda akan memperoleh beban biaya tahunan yang muncul di tagihan meski Anda tak memakai kartu kredit. 

Kalau tahu cara penggunaannya yang bijak, Anda bisa memperoleh manfaat kartu kredit secara maksimal. Bahkan, bisa pula membantu Anda dalam proses pengembangan usaha, termasuk ketika menggunakan layanan pendukung yang modern. 

Salah satu contoh layanan pendukung yang canggih dan modern adalah YUKK Payment Gateway. Pemakaiannya dapat membantu operasional usaha jadi lebih nyaman, terutama dalam menangani setiap transaksi pelanggan. 

Dengan YUKK, Anda bisa memproses berbagai jenis cara pembayaran, mulai dari e-wallet, kartu kredit, virtual account, hingga QRIS. Dengan begitu, Anda pun tak perlu khawatir ketika ingin melakukan pemasaran produk dengan jangkauan yang luas. 

Yuk, kembangkan usaha Anda bersama dengan YUKK Payment Gateway!

Baca juga: Lewat Satu Gateway, YUKK Merchant Bikin Bisnis Jadi Tak Rumit

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry