3 Minuman Ini Ampuh untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Minuman untuk menurunkan tekanan darah
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolic lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu 5 menit dalam keadaan cukup istirahat atau tenang. Peningkatan tekanan darah yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan banyak masalah serius. Sebut saja kerusakan pada ginjal (gagal ginjal), penyakit jantung koroner, dan stroke.

Melihat akibat fatal yang ditimbulkannya, tidaklah mengherankan bahwa hipertensi disebut sebagai silent killer. Jumlah penderitanya terus bertambah dari hari ke hari. American Heart Association (AHA), misalnya, mencatat bahwa penduduk Amerika yang berusia di atas 20 tahun yang menderita hipertensi telah mencapai angka hingga 74,5 juta jiwa.

Lalu bagaimana mencegah atau mengatasi masalah hipertensi ini? Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat gizi yang bisa menurunkan tekanan darah. Berikut ini ada 3 jenis minuman yang jika dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan tekanan darah.

Teh Hijau

Minuman untuk menurunkan tekanan darah
(Foto: Freepik)

Pada tahun 2004 lalu, British Journal of Nutrition mempublikasikan hasil sebuah penelitian tentang teh hijau. Para ilmuwan mengatakan bahwa teh hijau dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah orang yang minum teh ini setelah 12 minggu akan menurun sebesar 2.6 mmHg sistolik dan 2.2 mmHg diastolik.

Kombucha

Minuman untuk menurunkan tekanan darah
(Foto: Freepik)

Minuman hasil fermentasi ini kaya akan probotik, yakni bakteri baik yang berperan penting dalam menyehatkan usus. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik selama lebih dari 8 minggu akan menurunkan tekanan darah yang signifikan. Selain kombucha, makanan fermentasi lainnya seperti yogurt, tempe, kimchi, dan miso juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.

Jus buah bit

Minuman untuk menurunkan tekanan darah
(Foto: Freepik)

Sebuah penelitian dilakukan oleh para ilmuwan dari Queen Marry University dan British Heart Foundation (BHF) terhadap 64 sukarelawan yang memiliki tekanan darah tinggi. Mereka diharuskan mengonsumsi segelas jus bit setiap hari selama penelitian berlangsung. Hasilnya adalah tekanan darah mereka yang minum 150 ml jus bit setiap hari kembali normal.

“Efek ini disebabkan oleh tingginya kandungan zat yang disebut nitrat yang ditemukan dengan jumlah banyak dalam buah bit dan sayur hijau lainnya seperti kale dan kol,” kata peneliti dari British Heart Foundation.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengonsumsi buah bit dan sayuran hijau sama efektifnya dengan mengonsumsi obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah.

Minuman untuk menurunkan tekanan darah
Sayuran hijau (Foto: via klcbs.net)

“Penelitian telah membuktikan bahwa dosis nitrat nonorganik harian dapat seefektif intervensi pengobatan dalam mengurangi tekanan darah. Untungnya kita bisa mendapatkannya dari bit dan sayuran hijau lainnya,” kata Profesor Amrita Ahuluwalia dari Queen Marry University.

Kamu ingin mendapatkan asupan nitrat sehari-hari? Jangan merebus sayuran karena kandungan nitratnya akan berkurang. Sebaiknya sayuran itu dikukus, dipanggang, atau dijadikan jus agar efeknya lebih maksimal.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry